Comscore Tracker

Bawa Koleksi Kain Ikat ke London, Didiet Maulana Harumkan Indonesia

Berbahan dasar kain ikat dari empat daerah lho!

Didiet Maulana kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Arsitek yang beralih profesi menjadi perancang busana ini membawa Ikat Indonesia ke London di acara Indonesian Cultural Late pada Jumat (15/2) lalu.

Event ini adalah hasil kolaborasi Bekraf dan Komite Buku Nasional untuk mempromosikan Indonesia di London Book Fair 2019 sebagai Market Focus Country. Didiet membawa 12 koleksi busana bertajuk ‘Senandung Nusantara’ dengan rancangan memukau seperti karya-karyanya terdahulu.

Intip yuk koleksi kece terbaru Didiet Maulana dan keseruan acaranya!

1. Senandung Nusantara mengusung keberagaman kekayaan tekstil nusantara

Bawa Koleksi Kain Ikat ke London, Didiet Maulana Harumkan IndonesiaDok. Didiet Maulana

Konsep rancangan Senandung Nusantara berangkat dari keberagaman kekayaan tekstil nusantara. Perpaduan ragam corak dan siluet yang berbeda-beda nampak harmoni seperti alunan senandung yang merdu.

2. Didiet mendatangkan bahan baku kain ikat dari empat wilayah berbeda

Bawa Koleksi Kain Ikat ke London, Didiet Maulana Harumkan IndonesiaDok. Didiet Maulana

Didiet menyulap kain ikat dari empat wilayah berbeda di Indonesia yaitu Klaten, Sumba, Kediri dan Denpasar menjadi busana bergaya urban dan segar. Pameran busana ini juga didukung oleh tim yang luar biasa.

Yudith Kindangen dari Indonesia dipercaya sebagai fashion stylist. Sementara makeup artist dan penata rambut diserahkan pada Asuka Fukuda dan Moe Mukai dari Jepang.

3. Ikat Indonesia disulap menjadi busana bertema urban yang segar

Bawa Koleksi Kain Ikat ke London, Didiet Maulana Harumkan IndonesiaDok. Didiet Maulana

Seri busana Senandung Nusantara merepresentasikan kebebasan dan gaya hidup urban. Terlihat dari model jacket dan blazer dipadu dengan bralette, flare pants, serta aksesoris choker corsage.

Kesemuanya berbahan tenun Ikat, termasuk kaos kaki jumputan yang dibuat sendiri. Tampilan kuat ini di perhalus dengan hadirnya dalaman dari bahan tulle.

Baca Juga: 10 Referensi Paling Kece Kebaya Hijab ala Selebgram Saritiw

4. Acara ini dimeriahkan juga oleh Wiwied Muljana dan modifikasi hidangan nusantara

Bawa Koleksi Kain Ikat ke London, Didiet Maulana Harumkan IndonesiaDok. Didiet Maulana

Pagelaran busana ini juga dimeriahkan oleh kehadiran Wiwied Muljana, kawan lama Didiet yang juga berprofesi sebagai muses designer. Gak ketinggalan penampilan trio Ubiet Raseuki bikin event ini berlangsung makin meriah.

Tamu undangan yang hadir juga dimanjakan dengan hidangan kuliner yang menggugah selera. Chef Petty Elliott dan Chef Santhi Serad menyajikan canapes lezat ala Indonesia.

5. Didiet sekaligus memperkenalkan buku 'Kisah Kebaya' karangannya yang akan segera rilis

Bawa Koleksi Kain Ikat ke London, Didiet Maulana Harumkan IndonesiaDok. Didiet Maulana

Enam tahun mempelajari asal-usul kebaya dan modifikasinya, Didiet Maulana menutup acara ini dengan memperkenalkan buku yang dikarangnya sendiri. Buku bertajuk Kisah Kebaya ini akan dirilis untuk pertama kalinya pada London Book Fair 2019 di bulan Maret mendatang.

Buku ini juga memuat foto para muses, kumpulan puisi karya Didiet Maulana, serta tata cara mix and match kebaya. Pasti gak sabar kan pengin segera memiliki buku mahakarya Didiet ini? Tunggu jadwal rilisnya di Indonesia ya!

Baca Juga: 8 Ide Outfit Kebaya dengan Pasangan, Referensi Kondangan Nih!

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya