Comscore Tracker

15 Ide Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami dan Makna Yaumul Milad

Inspirasi ucapan selamat ulang tahun Islami

Memperingati hari kelahiran atau pertambahan usia adalah momen yang berkesan bagi kebanyakan orang. Di hari bahagia ini, biasanya banyak ucapan dari keluarga, pasangan, teman, dan orang-orang terdekat lainnya.

Dalam ajaran agama Islam, ada anjuran untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada orang lain, yaitu menggunakan ucapan "yaumul milad". Berikut ini makna ucapan "yaumul milad" dan inspirasi penggunaannya dalam kalimat. Yuk, simak!

Baca Juga: 20 Ucapan Ulang Tahun Termanis untuk Ibu, Ayah, Sobat, & Pasangan

1. Yaumul milad bermakna hari kelahiran

15 Ide Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami dan Makna Yaumul MiladIlustrasi pesta ulang tahun. (Pexels.com/Ami Suhzu)

Apakah kamu pernah membaca atau mendengar ucapan yaumul milad saat momen ulang tahun seseorang? Yaumul milad adalah istilah untuk hari ulang tahun dalam konteks islami.

Yaumul milad berasal dari dua kata yaitu "yaum" dan "milad". Dalam bahasa Arab, "yaum" bermakna hari, sedangkan "milad" memiliki arti kelahiran. Jadi, makna dari yaumul milad adalah hari kelahiran atau kerap digunakan untuk memberi ucapan pada orang yang memperingati hari kelahirannya.

2. Ucapan yaumul milad singkat, namun mendalam maknanya

15 Ide Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami dan Makna Yaumul MiladIlustrasi kado ulang tahun. (Pexels.com/George Dolgikh)

Ucapan yaumul milad bisa digabungkan dengan doa-doa baik atau kalimat manis lainnya. Berikut contoh ucapan yaumul milad yang singkat namun terkandung doa mulia di dalamnya:

"Yaumul milad, saudaraku. Barakallah fii umrik." (Artinya: selamat ulang tahun, semoga Allah SWT memberkahimu.)

"Yaumul milad, barakallah fii umrik. Semoga bertambah kuat iman Islam dalam dirimu."

"Yaumul milad, berkurang setahun usiamu di dunia, semoga bertambah dekat hatimu dengan Sang Pencipta."

3. Ide ucapan yaumul milad untuk orang tua, doa terbaik untuk sosok istimewa di usia senja

15 Ide Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami dan Makna Yaumul MiladIlustrasi ulang tahun. (Pexels.com/Kampus Production)

"Yaumul milad, ayah/bunda. Semoga Allah SWT senantiasa menuntun langkah ayah/bunda di jalan yang diridai-Nya, baik di dunia maupun di akhirat kelak."

"Yaumul milad, papa/mama. Di usia yang makin senja, semoga papa/mama selalu diberkahi kesehatan dan keselamatan. Bertambah pula keimanan dan kekhusyukan dalam beribadah."

"Yaumul milad, malaikat dalam hidupku. Rasanya gak akan pernah cukup aku membalas kebaikan yang telah bapak/ibu berikan kepadaku. Aku berdoa semoga Allah SWT selalu melindungi bapak/ibu dari keburukan dan melimpahkan kebahagiaan."

"Yaumul milad, ayah/ibu. Bertambahnya usia ayah/ibu berarti makin berkurang kesempatan kita bersama di dunia. Semoga Allah SWT memberi sisa umur yang berkah buat ayah/ibu agar kita bisa menjemput berkah dan hikmah dari-Nya."

Baca Juga: 25 Inspirasi Ucapan Natal Romantis untuk Pacar, Penuh Untaian Doa

4. Yaumul milad, pasangan hidupku. Berikut ide ucapan selamat ulang tahun islami untuk suami atau istri

15 Ide Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami dan Makna Yaumul MiladIlustrasi ulang tahun. (Pexels.com/cottonbro)

"Yaumul milad, suamiku. Semoga dengan bertambahnya umurmu, makin baik pula akhlakmu. Selalu jadilah penuntun dan pembimbingku di dunia agar kita bisa terus bersama hingga di akhirat kelak."

"Yaumul milad, sayangku. Bahagiamu adalah bahagiaku, maka kudoakan kamu selalu dilimpahi rezeki yang berkah dan ditunjukkan jalan yang mudah."

"Yaumul milad, istriku. Aku mengucap syukur kepada Allah SWT, terima kasih telah mengirim wanita terbaik sebagai pendamping hidupku. Semoga di sisa usiamu, aku pun selalu bisa menjadi suami terbaik untukmu."

"Yaumul milad, sayang. Semoga bertambah kebaikan dalam dirimu, dimudahkan jalanmu mewujudkan apa yang kamu impikan. Kudoakan juga kamu selalu dilindungi Allah SWT, dilimpahi nikmat sehat, serta dijauhkan dari malapetaka dan bahaya."

5. Di hari bahagia teman dan sahabat, ucapan yaumul milad berikut pasti membuat harinya makin berkesan

15 Ide Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami dan Makna Yaumul Miladilustrasi hadiah (pixabay.com/Bob_Dymt)

"Yaumul milad, sahabatku! Semoga dilancarkan rezekimu, bertambah keberkahan dalam hidupmu, dan kebahagiaan terus menyertaimu."

"Yaumul milad, teman. Semoga seiring bertambahnya usia, kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Semoga kamu selalu mendapat kemudahan, baik di dunia maupun di akhirat kelak."

"Yaumul milad barakallah fii umrik, sahabat. Doaku agar kamu selalu dilimpahi nikmat kesehatan, keimanan, dan keberkahan. Semoga apa yang kamu cita-citakan bisa tercapai."

"Yaumul milad, di hari istimewa ini, ingatlah bahwa setiap manusia yang lahir ke dunia pasti punya tujuan mulia. Semoga dengan bertambahnya usia, makin besar pula manfaat yang bisa kamu berikan untuk sesama."

Tadi arti yaumul milad dan beberapa inspirasi ucapan selamat ulang tahun islami. Jangan lupa beri ucapan berkesan di peringatan hari kelahiran orang-orang terdekatmu. Mereka akan sangat senang menerima doa baik darimu.

Baca Juga: 25 Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Anak Laki-Laki

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya