Comscore Tracker

Kamu Wajib Baca! 6 Tips Atasi Rasa Takut Terbang

Fobia ini jangan dibiarkan berlarut-larut ya

Pesawat terbang sekarang menjadi moda transportasi yang banyak digemari. Waktu tempuhnya jauh lebih singkat dibanding transportasi darat untuk jarak yang sama. Terutama buat perjalanan bisnis, efisiensi waktunya jadi sangat baik.

Diciptakan sebagai manusia yang tinggal di darat dengan kaki selalu memijak ke tanah, banyak orang merasa takut naik pesawat. Terbang di ketinggian, ditambah banyaknya kecelakaan penerbangan bikin parno. Rasa was-was wajar muncul tapi jangan dibiarkan berlarut.

Mau tahu gimana caranya meminimalisir rasa takut terbang? Simak enam tips jitu berikut.

Baca Juga: Kisah Cinta Penumpang Lion Air JT610 yang Baru Menikah Dua Minggu

1. Pelajari peralatan keamanan di dalam pesawat

Kamu Wajib Baca! 6 Tips Atasi Rasa Takut TerbangPixabay/Free Photos

Sebelum pesawat lepas landas, pramugari pasti memberikan pengantar soal tata tertib selama penerbangan dan letak peralatan keamanan darurat seperti jaket pelampung.
Jika penjelasan pramugari dirasa kurang, coba bekali dulu dirimu sendiri sebelum melakukan perjalanan. Cari tahu tindakan keselamatan darurat apa saja yang harus dilakukan saat pesawat mengalami gangguan di tengah penerbangan.

2. Pelajari kondisi darurat apa saja yang mungkin terjadi saat penerbangan

Kamu Wajib Baca! 6 Tips Atasi Rasa Takut TerbangPixabay/Public Domain Picture

Gak cuma mencari tahu solusi, kamu juga harus tahu penyebab penerbangan terganggu. Ada beberapa istilah dalam penerbangan yang bisa dengan mudah kamu cari tahu di internet.

Turbulensi misalnya, istilah yang paling sering kita dengar soal gangguan penerbangan. Cari tahu apa penyebab turbulensi dan seperti apa dampak yang mungkin ditimbulkan. Semakin banyak tahu, kamu jadi lebih mudah mempersiapkan diri.

3. Pilih tempat duduk yang nyaman

Kamu Wajib Baca! 6 Tips Atasi Rasa Takut TerbangPixabay/Free Photos

Kini memilih kursi di pesawat bisa dilakukan dengan mudah asal kamu memesan tiket lebih awal. Kamu yang fobia ketinggian, sebaiknya gak memilih duduk di tepi jendela. Akses melihat ke luar yang sangat mudah bisa membuatmu panik. Jika kamu gak nyaman berada dalam kondisi sesak atau terhimpit, hindari kursi bagian tengah.

Baca Juga: Ini Spesifikasi Lion Air Boeing 737 MAX 8 yang Jatuh

4. Hindari hal-hal yang menjadi pemicu ketakutanmu

Kamu Wajib Baca! 6 Tips Atasi Rasa Takut TerbangPixabay/JESHOOTScom

Proses mengedukasi diri sendiri untuk bisa nyaman menempuh penerbangan harus dilakukan perlahan. Semakin sering berlatih akan membuatmu terbiasa.

Agar hasilnya lebih maksimal, menjauhlah dari hal-hal yang memicu rasa takutmu. Seperti menonton film atau video tentang kecelakaan pesawat. Buat dirimu berpikir positif tentang proses penerbangan.

5. Siapkan kegiatan menyenangkan selama penerbangan

Kamu Wajib Baca! 6 Tips Atasi Rasa Takut TerbangPixabay/Ryan Mc Guire

Jika perasaan takut itu muncul kembali di tengah perjalanan, kamu harus bisa mengalihkannya dengan melakukan hal lain. Siapkan kegiatan menyenangkan sebelum berangkat, bawa novel favorit atau buat playlist lagu kesukaanmu.

Munculnya rasa takut secara tiba-tiba sangat wajar terjadi. Apalagi bagi kamu yang baru beberapa kali menaiki pesawat.

6. Beri sugesti positif ke diri sendiri

Kamu Wajib Baca! 6 Tips Atasi Rasa Takut TerbangPixabay/Free Photos

Agar semua tips di atas berhasil, lengkapi dengan sugesti positif dari dirimu sendiri. Yakinkan dirimu bahwa bahaya memang mengintai di mana-mana. 

Manusia hanya bisa berencana dan menyiapkan diri sebaik-baiknya. Tapi seperti apa takdir yang terjadi nanti adalah ketetapan Sang Maha Pencipta.

Ada yang masih merasa takut terbang? Coba terapkan enam tips di atas yuk!

Baca Juga: Inilah 5 Teknologi yang Bisa Jaga Keselamatanmu dalam Tiap Penerbangan

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Edwin Fajerial
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya