Comscore Tracker

7 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Merasa Kesepian

Merasa kesepian, bukan berarti kamu lemah

Walau berada di keramaian, jiwamu tetap merasa sepi. Di mana pun kamu berada, kamu tetap merasa sendiri dan merasa gak bisa berbaur sama mereka. Kamu pengin, tapi pikiranmu menolak. Gak masalah, karena itu adalah fase yang bisa kamu lewati.

Yuk, daripada membuang waktu, kamu dapat melakukan tujuh hal bermanfaat di bawah ini untuk mengusir rasa kesepianmu.

1. Menjalin komunikasi dengan kawan dekatmu

7 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Merasa KesepianPexels.com/Ramil Ugot

Bertemu dengan kawan bisa jadi menyembuhkan rasa kesepianmu. Apalagi kalau kawan dekat yang lebih mengenal dirimu. Mereka tahu bagaimana cara supaya bisa nyambung kalau mau komunikasi atau menjalin hubungan dengan dirimu. Dan kawan dekat akan sebisa mungkin selalu ada untukmu menyemangatimu kembali.

2. Membaca buku

7 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Merasa KesepianPexels.com/Cristian Benavides

Buku mampu menjadi jembatan antara dirimu dengan pikiran orang lain. Kamu akan lebih mudah memahami apa yang orang lain rasakan. Sehingga, dirimu mampu secara perlahan terkoneksi dengan dunia luar. Selain itu, melalui buku, sudut pandangmu akan lebih luas sehingga kamu tidak melulu terpaku pada satu hal yang tak segera berlalu. Apabila kamu membutuhkan pertolongan lebih, buku pengembangan diri sekiranya bisa membantumu untuk bangkit kembali.

3. Mempelajari hal baru

7 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Merasa KesepianPexels.com/energepic.com

Bisa jadi, kesepian yang kamu rasakan muncul karena kamu bingung terus-terusan buat membuang waktu. Bingung mau ngapain, dan capek sama aktivitas yang monoton itu-itu aja. Akhirnya, lama-kelamaan timbul rasa males dan kosong. Daripada buang-buang waktu yuk lakuin kegiatan seru. Boleh banget cobain resep makanan yang belum pernah kamu buat, atau belajar gimana caranya menjahit pakaian. Kan nanti waktu kosongmu bisa jadi lebih bernilai, iya gak?

Baca Juga: Hatimu Jangan Salto Dulu! 5 Tanda Dia Mendekatimu Cuma karena Kesepian

4. Melakukan kebaikan terhadap sesama

7 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Merasa KesepianPexels.com/tugay aydın

Boleh banget nih, yang awalnya cuma belajar masak dan ternyata masakannya enak, bisa kamu coba bagikan ke orang sekitarmu yang membutuhkan. Atau waktu kamu punya lauk ikan di rumah dan ternyata bersisa, bisa juga kamu berikan ke kucing liar di jalanan. Melakukan kebaikan itu indah loh, selain meningkatkan empatimu terhadap sesama, kebaikan bisa membuatmu merasa lebih bahagia terhadap kondisimu sekarang. 

5. Menuangkan perasaanmu dalam tulisan

7 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Merasa KesepianPexels.com/Ketut Subiyanto

Bila kamu belum bisa mengungkapkan apa yang kamu rasakan kepada orang lain sekarang, mungkin pena dan buku mampu membantumu. Tulis apa yang kamu pikirkan sekarang, entah kegundahan dan kegalauan yang ada juga bisa. Biasanya dengan menulis apa yang kamu rasakan, bisa membuatmu lebih tenang. Karena seolah perasaan yang kamu rasakan sudah berpindah ke dalam rangkaian kata yang kamu buat. 

6. Olahraga 

7 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Merasa KesepianPexels.com/Kate Trifo

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sehat dan murah. Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, berolahraga juga baik untuk kesehatan mentalmu loh. Dengan berolahraga stres berlebih dan depresi dapat berkurang. Tubuh juga makin bugar dan ringan saat menjalani hari.

7. Menekuni hobi

7 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Merasa KesepianPexels.com/Marta Wave

Apa kegiatan seru yang biasanya kamu lakukan dan bikin kamu enjoy?  Coba deh, tinggalkan masalahmu sejenak untuk ngeluangin waktu buat ngelakuin hobimu. Entah itu traveling, baca buku, memasak, main musik atau apa pun itu. Hobi yang kamu lakuin bisa mengisi ulang energi positifmu lhoh. Mungkin kamu butuh waktu beberapa saat untuk kembali ke dirimu yang biasanya.

Gimana, semoga dengan membaca ini rasa kesepianmu mampu berkurang. Habis ini bisa nentuin mau ngapain kan? Yuk, lakuin kegiatan positif lain daripada terus merasa kesepian. Semangat!

Baca Juga: Berteman dengan Kesendirian dan Kesepian

Dika Puspita Photo Writer Dika Puspita

Mahasiswa biasa yang suka baca-baca.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya