Comscore Tracker

5 Pertanyaan ke Diri Sendiri yang Membuatmu Tahu Passion Kamu, Cobain!

#IDNTimesLife apa ya passion-ku?

Passion adalah sesuatu yang membuatmu bersemangat melakukan suatu hal. Bahkan ketika kamu gagal karenanya, kamu akan menemukan gairah itu lagi esok harinya. Kamu tak ingin berhenti atau menyerah dengan mudah. 

Sayang, tak semua orang berhasil menemukan passion-nya. Akibatnya, kamu mungkin melakukan pekerjaan atau aktivitas dengan kurang maksimal dan hidup tanpa arah. Coba tanyakan 5 pertanyaan ke diri sendiri yang membuatmu tahu passion kamu berikut!

1. Hal apa yang membuatmu lupa waktu karena terlalu senang melakukannya?

5 Pertanyaan ke Diri Sendiri yang Membuatmu Tahu Passion Kamu, Cobain!Ilustrasi passion. (unsplash.com/Hem Poudyal)

Pernahkah kamu melakukan sesuatu hingga lupa makan, tidur, atau melakukan aktivitas lain? Misalnya, kamu suka melukis. Ketika mulai mewarnai kanvas, kamu tak lagi menghiraukan urusan lain. Kamu tenggalam terlalu dalam dengan hal tersebut.

Bisa jadi itu adalah passion kamu. Sebab, dilansir dari lifehack.com, penulis Braden Thompson menjelaskan bahwa passion itu seperti bahan bakar yang membuatmu selalu antusias atau termotivasi untuk melakukan sesuatu. 

2. Jika kamu adalah seorang anak kecil, hal apa yang ingin kamu lakukan?

5 Pertanyaan ke Diri Sendiri yang Membuatmu Tahu Passion Kamu, Cobain!Ilustrasi passion. (unsplash.com/Darya Tryfanava)

Coba pikirkan lagi! Ketika kamu kecil, hal apa yang sangat kamu inginkan? Misalnya, apakah kamu sempat bercita-cita menjadi astronaut atau seorang dokter. 

Anak kecil hanya melakukan apa yang mereka suka dan tidak mempertimbangkan hal-hal rumit seperti orang dewasa. Coba pikirkan, ketika kamu kecil hal apa yang sangat ingin kamu wujudkan jika dewasa kelak. 

Sebab, melansir dari inc.com, penulis dan editor Alyse Kalish menjelaskan bahwa menemukan passion membutuhkan waktu yang lama, bahkan kamu perlu melewati berbagai uji cobaMungkin saja, itu semua terjadi sejak kamu kecil hingga dewasa. 

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Harus Bersyukur Meski Pekerjaanmu Gak Sesuai Passion

3. Jika tak perlu khawatir soal uang, hal apa yang ingin kamu lakukan?

5 Pertanyaan ke Diri Sendiri yang Membuatmu Tahu Passion Kamu, Cobain!Ilustrasi passion. (unsplash.com/ Luke Thornton)

Mungkin, pekerjaan yang saat ini kamu kerjakan tak sejalan dengan passion yang kamu inginkan. Bayangkanlah, apabila finansialmu telah aman, apa yang ingin kamu lakukan? Jalan-jalan keliling dunia? Mengajar di daerah pedalaman?

Mungkin itulah passion-mu. Cari tahu lebih banyak tentang apa yang kamu inginkan. Jangan serta-merta mengajukan resign ketika baru saja menemukan gairah baru dalam hidupmu, ya!

4. Hal apa yang membuatmu tetap ingin mencobanya lagi meskipun kamu gagal berulang-ulang?

5 Pertanyaan ke Diri Sendiri yang Membuatmu Tahu Passion Kamu, Cobain!Ilustrasi passion. (unsplash.com/bruce mars)

Braden Thompson menjelaskan bahwa passion akan mendorongmu untuk melewati berbagai tantangan. Sebab, kamu akan terus mengusahakannya untuk mendapatkan yang terbaik. Meski gagal, kamu akan mencobanya lagi.

5. Hal apa yang membuatmu percaya diri dan bahagia melakukannya?

5 Pertanyaan ke Diri Sendiri yang Membuatmu Tahu Passion Kamu, Cobain!Ilustrasi passion. (unsplash.com/Adrian Dascal)

Tentu saja passion membuatmu percaya diri dan bahagia melakukannya. Kamu bangun dengan bahagia saat mengingat hal itu dan tertidur dengan tenang saat mengingatnya lagi.  

Jika kamu menceritakan hal yang kamu kerjakan pada teman, keluarga, atau orang-orang yang kamu temui dengan semangat, mungkin itulah passion kamu. Sebab, passion akan membuatmu semangat, bergairah, dan bermakna jika melakukannya. 

Itu tadi beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan pada diri sendiri untuk mencari passion. Menemukan passion perlu waktu yang lama, bukan hasil pemikiran satu malam.

Jadi, kalau kamu baru menemukan sesuatu yang membuatmu senang, cari tahu lebih banyak! Apakah itu passion atau kesenangan sesaat?

Baca Juga: 7 Tips Mengubah Passion Menjadi Bisnis, Sudah Siap Sukses?

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya