Comscore Tracker

Dove dan TRESemme AS Ditarik karena Picu Kanker, Ini Penjelasan BPOM

Begini penjelasan BPOM terkait produk tersebut di Indonesia

Unilever Amerika Serikat menarik peredaran beberapa produk perawatan rambut merek Dove hingga TRESemme karena mengandung bahan berbahaya yang dapat memicu kanker. Produk yang terkontaminasi zat berbahaya tersebut telah diproduksi sebelum Oktober 2021. 

Terkait hal tersebut, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah melakukan pengecekan dan audit mengenai produk-produk tersebut. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai produk yang ditarik dari pasar Amerika hingga penjelasan BPOM. 

1. Produk sampo yang ditarik oleh Unilever di Amerika

Dove dan TRESemme AS Ditarik karena Picu Kanker, Ini Penjelasan BPOMProduk sampo yang ditarik dari pasaran. (FDA.gov)
Dove dan TRESemme AS Ditarik karena Picu Kanker, Ini Penjelasan BPOMProduk sampo yang ditarik dari pasaran. (FDA.gov)

Unilever telah melakukan penarikan terhadap produk-produk perawatan rambut yang beredar di Amerika. Badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) menemukan kandungan benzena yang dapat memicu kanker pada produk sampo kering Dove, Nexxus, Suave, TIGI dan TRESemme.

Produk-prduk dengan kandungan bahan berbahaya tersebut di antaranya:

  1. Dove Dry Shampoo Volume and Fullness
  2. Dove Dry Shampoo Fresh Coconut
  3. Dove Dry Shampoo Fresh and Floral
  4. Dove Dry Shampoo Ultra Clean
  5. Dove Dry Shampoo Invisible
  6. Dove Dry Shampoo Detox and Purify
  7. Dove Dry Shampoo Clarifying Charcoal
  8. Dove Dry Shampoo Go Active
  9. Nexxus Dry Shampoo Refreshing Mist
  10. Nexxus Inergy Foam Shampoo
  11. Suave Dry Shampoo Hair Refresher
  12. Suave Professionals Dry Shampoo Refresh and Revive
  13. Tresemme Dry Shampoo Volumizing
  14. Tresemme Dry Shampoo Fresh and Clean
  15. Tresemme Pro Pure Dry Shampoo
  16. Bed Head Oh Bee Hive Dry Shampoo
  17. Bed Head Oh Bee Hive Volumizing Dry Shampoo
  18. Bed Head Dirty Secret Dry Shampoo
  19. Bed Head Rockaholic Dirty Secret Dry Shampoo

Baca Juga: 5 Referensi Sampo Charcoal yang Cocok untuk Berbagai Masalah Rambut

2. BPOM: Produk sampo tersebut tidak terdaftar dan diproduksi di Indonesia

Dove dan TRESemme AS Ditarik karena Picu Kanker, Ini Penjelasan BPOMKonferensi pers 'Pembukaan Indonesia Cosmetics Ingredients (ICI) Expo dan Seminar 2022' Selasa (25/10/22). (IDNTimes/Dina Fadillah Salma)

Terkait hal tersebut, Reri Indirani selaku Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI mengaku pihaknya telah melakukan penyelidikan. Hasil investigasi BPOM, produk tersebut tidak diproduksi di Indonesia.

"Sampo tersebut tidak terdaftar dan tidak diproduksi di Indonesia," kata Reri, disampaikan dalam konferensi pers 'Pembukaan Indonesia Cosmetics Ingredients (ICI) Expo dan Seminar 2022' Selasa (25/10/22) lalu di Jakarta Expo Kemayoran, Jakarta. 

Reri turut menegaskan BPOM akan terus melakukan pemantauan terkait peredaran produk dengan kandungan berbahaya. Hal ini demi meningkatkan keamanan dan keselamatan masyarakat Indonesia.

"Tentu selain kami cek terdapat atau tidaknya di Indonesia, kami juga melakukan pemantauan terhadap peredaran produk tersebut di pasaran dan melakukan audit secara komperhensif," tegas Reri.

3. Mengenal kandungan benzena yang terdapat dalam sampo dan bahayanya bagi tubuh manusia

Dove dan TRESemme AS Ditarik karena Picu Kanker, Ini Penjelasan BPOMilustrasi mengecek kandungan sampo (pexels.com/Sam Lion)

Melansir dari laman Food and Drug Administration Amerika Serikat, paparan benzena dapat terjadi melalui inhalasi (pernapasan), oral, dan kulit. Terkena paparan zat kimia tersebut dapat memicu kanker darah atau leukimia, hingga gangguan darah yang dapat mengancam keselamatan jiwa. 

Meski dilakukan penarikan, pihak Unilever mengonfirmasi bahwa tidak ditemukan laporan terhadap efek samping terkait produk-produknya. Namun, konsumen tetap harus meningkatkan kewaspadaannya terhadap produk dengan kandungan berbahaya. 

Setelah mengetahui pemaparan di atas, kamu diharapkan lebih waspada dan berhati-hati dengan produk yang belum terdaftar di BPOM. Demi menjaga kesehatan dan keamanan, yuk, jadi konsumen yang bijak dan cerdas!

Baca Juga: Begini Penjelasan BPOM Terkait Bahan Kosmetik yang Aman dan Bermutu

Topic:

  • Dina Fadillah Salma
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya