Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup dari Langit, Penuh Makna Filosofi

Mengajari kita untuk selalu rendah hati

Langit merupakan bagian paling atas dari bumi. Pada umumnya, langit berwarna biru ketika siang hari dan berwarna hitam pekat ketika malam hari. Selain itu, langit juga memunculkan warna indahnya saat fajar ataupun senja. Membuat kita sering takjub dengan keindahan perubahan warna-warnanya.

Tidak hanya it, langit juga mampu memperlihatkan keindahan walau warnanya hitam pekat. Bintang-bintang yang gemerlap maupun bulan sabit hingga bulan purnama dapat kita saksikan menghiasi langit malam. Keindahan langit lainnya dapat kita temukan dari makna filosofi yang terkandung di dalamnya dan dapat kita jadikan pelajaran hidup, lima di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengajarkan tentang keadilan

5 Pelajaran Hidup dari Langit, Penuh Makna Filosofiilustrasi melihat langit (pexels.com/Camargo Anthony)

Langit begitu adil dalam membagi porsi antara siang dan malam. Pembagian waktu antara keduanya terbagi dengan adil dan seimbang. Lama durasi siang adalah 12 jam, begitupun lama durasi malam.

Tidak hanya itu, porsi keindahan antara langit siang dan malam juga sama. Langit siang memiliki warna-warna yang indah, sedangkan langit malam memiliki bintang-bintang yang gemerlap.

Begitupun dalam kehidupan, kita harus menegakkan keadilan untuk mewujudkan perdamaian. Langkah untuk memulai sikap adil ini dapat kita lakukan dengan tidak mendiskrimasi seseorang karena perbedaan yang dimilikinya.

2. Mengajarkan untuk rendah hati

5 Pelajaran Hidup dari Langit, Penuh Makna Filosofiilustrasi melihat langit (pexels.com/Pixabay)

Langit berada jauh menjulang tinggi di atas. Namun, langit tidak pernah menunjukkan bahwa dirinya berada di sana. Dirinya tidak perlu repot-repot menjelaskan, karena tentu semua orang sudah tahu akan kebenaran tersebut.

Begitu halnya dengan diri kita. Kita tidak perlu menjelaskan dan menyombongkan pencapaian-pencapaian apa saja yang telah kita raih kepada orang lain. Orang akan mengerti dengan sendirinya tanpa kita beri tahu. Kita akan lebih disegani karena kerendahan hati tersebut.

3. Mengajarkan untuk lapang dada

5 Pelajaran Hidup dari Langit, Penuh Makna Filosofiilustrasi melihat langit (pexels.com/Alexandro David)

Langit terbentang luas di atas sana. Bahkan kita tidak tahu sampai mana batas dari bentangan cakrawala tersebut karena saking luasnya. Bisa dibilang luas tersebut adalah tak terhingga karena sudah di luar kemampuan menghitung kita.

Andaikan kita memiliki kelapangan hati seluas langit, tentu tidak akan mudah mengeluh dan tetap sabar dalam menerima setiap cobaan yang datang dalam kehidupan. Dengan begitu, kita bisa lebih ikhlas menerima semua kenyataan pahit manis yang kita hadapi.

Baca Juga: 9 Peribahasa dengan Kata 'Langit', Kenali Artinya, yuk! 

4. Mengajarkan kesederhanaan

5 Pelajaran Hidup dari Langit, Penuh Makna Filosofiilustrasi melihat langit (pexels.com/Sassu anas)

Langit bisa terlihat indah bahkan hanya dengan warna yang sederhana. Dengan warna biru cerah, langit sudah dapat terlihat menawan dengan awan-awan yang menghiasinya. Atau bisa juga dengan warna hitam pekat, langit sudah terlihat mengagumkan dengan bintang-bintang yang menaburinya.

Begitu juga dalam menjalani kehidupan, kita harus selalu bersikap sederhana. Tidak usah berlebihan dalam bergaya hidup hingga menghamburkan uang demi sebuah kemewahan. Semua itu hanyalah kesenangan yang akan kita dapat dalam sesaat dan tentunya bukanlah hal yang berguna. 

5. Mengajarkan untuk bermanfaat bagi orang lain

5 Pelajaran Hidup dari Langit, Penuh Makna Filosofiilustrasi melihat langit (pexels.com/Ba Phi)

Langit berperan penting dalam mengubah pancaran sinar matahari yang begitu panas menjadi hangat ketika sampai di bumi. Tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk semua makhluk yang ada di bumi. Kita menjadi tidak terbakar karena panasnya sinar matahari yang terpancar secara langsung tanpa disaring terlebih dahulu.

Begitupun dalam kehidupan sehari-hari, kita harus menjadi pribadi yang bermanfaat untuk orang lain. Misalnya dengan membantu orang-orang di sekitar kita yang sedang membutuhkan pertolongan tanpa pandang bulu.

Itulah lima pelajaran hidup yang berharga dari keagungan langit. Semoga pelajaran penuh filosofi tersebut dapat menyadarkan kita untuk senantiasa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup yang Bisa Didapatkan dari Daun Jatuh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya