Comscore Tracker

5 Ciri Sederhana Ini Menandakan Kamu Kurang Memiliki Empati

Jangan sampai kamu jadi orang yang gak bisa berempati ya!

Empati diartikan sebagai respon afektif yang dirasakan seseorang, yang membuat orang tersebut dapat merasakan emosi serta perasaan yang sama seperti yang sedang dirasakan orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, empati sangat berguna untuk menciptakan keinginan untuk menolong orang lain, menumbuhkan kepedulian sosial dan masih banyak lagi.

Namun tak semua orang memiliki empati yang baik. Bahkan ada banyak orang yang samasekali tidak menyadari bahwa dirinya kurang bisa berempati terhadap orang lain. Nah, apabila kamu memiliki 7 ciri seperti di bawah ini, maka kemungkinan kamu juga termasuk orang yang sulit berempati.

1. Senang mengkritik

5 Ciri Sederhana Ini Menandakan Kamu Kurang Memiliki EmpatiPexels/mentatdgt

Orang yang kurang memiliki empati biasanya senang memberi kritik tanpa berusaha mencoba memahami posisi orang lain. Apalagi kritik yang diberikan biasanya bersifat menjelekkan ataupun merendahkan. Biasanya orang yang seperti ini senang melemparkan kritik karena bisa membuat mereka merasa lebih unggul atau lebih baik daripada orang yang dikritiknya.

2. Selalu merasa paling benar

5 Ciri Sederhana Ini Menandakan Kamu Kurang Memiliki Empatilovepanky.com

Sok tahu dan selalu merasa kalau dirinya sendiri lah yang paling benar juga menjadi salah satu ciri dari orang yang kurang bisa berempati. Mereka sangat percaya pada keyakinannya sendiri dan tidak segan merendahkan orang lain yang tidak punya kepercayaan atau pikiran yang sama dengan mereka. 

Baca Juga: 5 Alasan Budaya Kritik Di Belakang Itu Tak Baik Dibiasakan

3. Perkataannya sering menyakiti orang lain

5 Ciri Sederhana Ini Menandakan Kamu Kurang Memiliki Empatiperspectivesoftroy.com

Orang yang kurang memiliki empati sering mengatakan sesuatu yang menyakiti perasaan orang lain. Biasanya mereka melakukan hal ini tanpa sengaja karena orang yang kurang memiliki empati memang tidak bisa memahami perasaan orang lain. Sehingga mereka biasanya sulit untuk menciptakan hubungan emosional dengan orang lain.

4. Sulit merasa bahagia untuk orang lain

5 Ciri Sederhana Ini Menandakan Kamu Kurang Memiliki Empatithoughtcatalog.com

Orang yang kurang memiliki empati juga terdeteksi sulit merasa bahagia untuk orang lain. Mereka tidak bisa merasakan perasaan yang sama saat melihat orang lain bahagia, pun sebaliknya. Ketika tengah berhadapan dengan orang yang sedang bersedih atau mengalami kesulitan, orang yang kurang memiliki empati akan tampak dingin, acuh dan tidak tergerak samasekali untuk membantu atau sekedar kasihan.

5. Egois

5 Ciri Sederhana Ini Menandakan Kamu Kurang Memiliki EmpatiPexels/Pixabay

Rasa empati membantu seseorang untuk lebih memahami perasaan orang lain. Karena itulah orang yang kurang memiliki empati biasanya cenderung lebih egois. Mereka lebih senang berbicara mengenai dirinya sendiri, mementingkan diri sendiri serta tidak peduli pada orang lain.

Itulah 5 ciri sederhana yang bisa menjadi tanda bahwa kamu kurang memiliki empati. Jika kamu memiliki salah satu dari kelima tanda tersebut, kamu perlu berhati-hati dan mulai melakukan introspeksi diri. Karena selain merugikan orang lain, kurang empati juga bisa merugikan diri sendiri.

Baca Juga: 6 Kebiasaan yang Pasti Dimiliki Orang Berempati Tinggi 

Dwi Kurniawati Lestari Photo Community Writer Dwi Kurniawati Lestari

Just a little girl who loves drawing, writing and reading a bit too much. Sometimes spends all day long to think and wondering about 'what should I write today'.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 16:30:04

Progress: 768.193 dari 813.350 TPS (94.44802%)

Just For You