Comscore Tracker

6 Hal untuk Anak Rantau yang Sedang Persiapkan Dana Pernikahan

Tetap semangat, ya!

Bagi kamu yang telah memiliki pasangan dan sama-sama merantau untuk bekerja, pastinya hal ini kerap terlintas di pikiran. Jauh dari keluarga saja rasanya sudah jadi beban menahan rindu dengan orang terkasih di rumah. Apalagi sekarang kamu di posisi menjadi tulang punggung yang juga memiliki keinginan pribadi yang tak kalah penting, yaitu menikah. Yuk baca 6 hal yang bisa membuatmu lebih bersemangat mencari uang untuk keluarga dan si pasangan!

1. Saling memahami tujuan awal

6 Hal untuk Anak Rantau yang Sedang Persiapkan Dana Pernikahanstwerburgh.com

Secara normal, pasangan yang telah memiliki niat untuk melanjutkan hubungannya ke tahap yang lebih serius akan mempunyai tekad yang besar untuk mewujudkannya. Jika kamu dan pasangan sama-sama yakin untuk mempersiapkan pernikahan di masa depan, maka segala usaha yang kalian lakukan untuk mencapainya tidak akan terlalu berat untuk dijalani. Hal utama yang harus sering dilakukan adalah selalu mengingat tujuan dan juga mengingatkan pasangan apabila di suatu saat kalian sedang mengalami kesulitan. Itu akan sangat membantu untuk melangkahkan kaki ke jenjang hubungan yang diimpikan.

2. Menyusun rencana dan tips menabung

6 Hal untuk Anak Rantau yang Sedang Persiapkan Dana Pernikahanthemoneypages.com

Dengan posisi kalian sudah saling bekerja dan memiliki penghasilan setiap bulan, seharusnya bisa lebih bijak dalam mengalokasikan penggunaan uang. “Besar pasak daripada tiang”, bukan hanya sebagai peribahasa Indonesia yang cukup untuk diketahui saja. Seharusnya bisa menjadi pengingat kita saat mengelola keuangan. Berbagai macam tips menabung yang dapat dilakukan, referensinya pun kini sudah sangat mudah ditemukan di banyak sumber. Jumlah dan cara menabung bisa ditentukan dari keadaan keuangan dan karakter masing-masing orang.

3. Tak usah melulu hangout ke tempat mahal!

6 Hal untuk Anak Rantau yang Sedang Persiapkan Dana Pernikahanoutfitideashq.com

Hanya untuk mempersolek feeds di Instagram dengan postingan bersama pasangan di tempat yang bagus dan elegan, kamu sering mengajaknya ke tempat yang bisa dibilang lumayan mahal. Boleh jika sekali-kali, ya. Bukankah menciptakan quality time dengan pasangan tak hanya ditentukan dengan di mana tempatnya? Yuk mulai cari tempat yang ramah di kantong tapi tetap tidak mengurangi kebahagiaanmu saat bersamanya :)

Baca Juga: 5 Alasan Pernikahan yang Kandas Tetap Layak Dikenang

4. Tapi jangan lupakan dana darurat, ya

6 Hal untuk Anak Rantau yang Sedang Persiapkan Dana Pernikahanportalinvestasi.com

Fokus untuk menabung tidak boleh menjadikanmu terlalu irit dan melupakan salah satu hal utama dalam alokasi keuanganmu. Dana darurat dianggap penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari, apalagi anak rantau yang punya kebutuhan tidak terduga. Penggunaan dana darurat memang tak ada yang tahu kapan waktunya, tapi tak ada salahnya bila mulai dari sekarang kamu selalu siap sedia untuk keperluan mendadak atau mendesak. Jumlah dana darurat tiap orang akan berbeda, namun beberapa ahli keuangan mengungkapkan untuk seseorang yang masih lajang seharusnya menyisihkan 5-6 kali lipat pengeluaran bulanan sebagai dana darurat.

5. Perhatikan juga kebutuhan utama lainnya

6 Hal untuk Anak Rantau yang Sedang Persiapkan Dana Pernikahanaginginplace.org

Hampir sama dengan poin dana darurat, kebutuhan lain pun diusahakan bisa terpenuhi. Misalnya saat ini kamu menjadi anak rantau dan memiliki tanggung jawab memberikan beberapa penghasilan yang diterima setiap bulan ke orang tua atau keluarga lain. Bukan berarti keinginan kuat untuk menabung menjadikanmu mengabaikan keperluan orang rumah yang seluruhnya atau beberapa bagiannya harus kamu penuhi. Jadi perlu diperhatikan pula berapa porsi dari penghasilan setiap bulan untuk kemudian dikirim ke orang-orang tersayang di rumah.

6. Tak ragu untuk bersikap terbuka

6 Hal untuk Anak Rantau yang Sedang Persiapkan Dana Pernikahanvictoriabuzz.com

Menjalani hubungan dengan pasangan adalah antara dua orang, maka keterbukaan juga hal penting selain urusan hati. Bercerita dan mempersilakan pasangan untuk berbagi cerita tentang kehidupannya juga bisa membuat hubungan kalian makin harmonis. Bagaimana mengelola keuangan dan target apa saja yang harus dicapai pun sangat dianjurkan untuk dibicarakan dengannya. Dengan begitu kalian akan lebih kompak untuk mencari solusi saat ada masalah, lebih konsisten dalam menabung, dan tentunya lebih yakin bahwa dengannya lah kamu bisa menaruh hati sepenuhnya.

Semoga harapanmu dan pasangan bisa segera diwujudkan, ya :)

Baca Juga: 5 Kelebihan Resepsi Pernikahan Sederhana, Tinggalkan Gengsi!

Dyah Eka Pratiwi Photo Writer Dyah Eka Pratiwi

Menumpahkan isi pikir lewat jejeran kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya