Comscore Tracker

5 Manfaat Siwak Bagi Gigi dan Mulut, Pantas Diacungi Jempol Lho!

Siwak sangat efektif bersihkan gigi dan mulut

Kamu harus tahu nih guys, bahwa pada zaman dahulu orang-orang membersihkan gigi dan mulut dengan menggunakan siwak. Buat kamu yang belum tahu, siwak adalah bagian dari batang atau ranting dari pohon arak (Salvadora persica) yang digunakan untuk menggabungkan fungsi sikat dan pasta gigi. Ternyata siwak ini memiliki banyak manfaatnya lho, apa saja ya? Simak yuk!

1. Siwak bisa mencegah gigi berlubang lho

5 Manfaat Siwak Bagi Gigi dan Mulut, Pantas Diacungi Jempol Lho!Shutterstock.com/Zurijeta

Pakar kesehatan gigi dan mulut Ratu Mirah Afifah mengatakan salah satu manfaat siwak bisa mencegah gigi berlubang lho guys. Kandungan fluoride yang tinggi pada siwak sangat penting untuk mengembalikan mineral di gigi yang hilang akibat asam di rongga mulut.

Selain itu, penggunaan siwak yang harus dikunyah terlebih dahulu bisa memicu keluarnya air liur yang akan membantu menjaga keseimbangan asam di rongga mulut. Kondisi asam di rongga mulut dari bakteri penyebab gigi berlubang dan keluarnya air liur dari penggunaan siwak, akan membantu menyeimbangkan pH di rongga mulut sehingga kamu terbebas dari gigi berlubang deh.

2. Gigi kamu bisa semakin kuat

5 Manfaat Siwak Bagi Gigi dan Mulut, Pantas Diacungi Jempol Lho!Shutterstock.com/Studio KIWI

Pasti bikin gak percaya diri kalau gigi kita ada yang rusak. Iya kan? Perlu kamu tahu juga nih, kerusakan gigi bisa terjadi ketika enamel gigi mengalami kerusakan. Enamel gigi yang rusak disebabkan bakteri yang ada di rongga mulut menggunakan pati dan gula yang ada pada makanan untuk menghasilkan asam yang menghilangkan enamel.

Nah, siwak hadir untuk menjawab persoalan tersebut. Kandungan fluorida yang ada pada siwak juga mampu memerangi kerusakan gigi. Siwak juga bisa memperkuat enamel gigi berkat kandungan natrium klorida, natrium bikarbonat, dan kalsium oksida sehingga gigi kamu bisa semakin kuat.

3. Mencegah bau mulut dan bisa menyegarkan napas, jadi pede deh

5 Manfaat Siwak Bagi Gigi dan Mulut, Pantas Diacungi Jempol Lho!Shutterstock.com/Rachata Teyparsit

Ayo ngaku! Bau mulut pasti bisa jadi salah satu penyebab kamu gak percaya diri (pede) kan? Tapi kamu gak perlu khawatirkan soal itu kalau kamu menggunakan siwak guys

Siwak memiliki sifat anti bakteri alami yang mampu menghilangkan bau mulut karena kayu siwak mengandung antibakteri alami yang sifatnya meningkatkan produksi air liur sehingga efektif untuk mencegah bau mulut. Menggunakan siwak secara teratur juga bisa menghasilkan banyak air liur yang mampu melawan bau mulut dan nafasmu bisa jadi lebih segar.

Makanya nih guys, Pepsodent meluncurkan produk Pepsodent Siwak untuk menjawab kebutuhan konsumen di Indonesia yang menginginkan produk berkualitas dan mengandung bahan bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Dengan kandungan ekstrak siwak yang dilengkapi mint alami, inovasi tersebut mampu merawat kekuatan gigi sekaligus menjaga kesegaran nafas yang lebih tahan lama. Apalagi Pepsodent Siwak sudah mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM MUI dan telah dianugerahi Halal Award karena konsistensinya menjaga kualitas dan ke-halalan produk-produknya.

5 Manfaat Siwak Bagi Gigi dan Mulut, Pantas Diacungi Jempol Lho!youtube.com/tanyapepsodent

Yuk jaga kesehatan gigi dan kesegaran napasmu dengan Pepsodent Siwak.

4. Bisa melindungi gusi kamu juga nih

5 Manfaat Siwak Bagi Gigi dan Mulut, Pantas Diacungi Jempol Lho!Shutterstock/Krakenimages.com

Kalau keluarga yang sehat adalah pondasi rumah tangga yang kuat, sama halnya dengan gusi yang sehat adalah pondasi gigi yang kuat guys. Hanya dengan menyikat gigi menggunakan siwak, sudah bisa mencegah pembentukan plak dan mengurangi kemungkinan radang gusi (penyakit yang disebabkan penumpukan plak pada gusi), sehingga gusi kamu selalu sehat dan terlindungi.

5. Dapat mencegah terbentuknya plak gigi lho

5 Manfaat Siwak Bagi Gigi dan Mulut, Pantas Diacungi Jempol Lho!Shutterstock/Sharaf Maksumov

Kamu pernah lihat orang lain atau teman kamu sendiri yang giginya berwarna kuning? Nah, itu bisa terjadi karena plak gigi guys. Plak pada gigi bisa terjadi saat bakteri tumbuh dan berkembang biak di gigi dan gusi. Ketika plak sudah menumpuk, akan membentuk karang gigi yang biasanya berwarna kuning dan menempel di gigi dan gusi.

Tapi kamu gak perlu khawatir lagi karena di sinilah manfaat hadirnya siwak. Gigi dan gusi kamu bisa dibersihkan dengan siwak karena kandungan antibakterinya bisa mencegah bakteri tumbuh dan berkembang biak di gigi dan gusi.

Berbagai penelitian modern membuktikan bahwa siwak juga dapat menjaga kesehatan gusi dan jaringan penyangga gigi, menghentikan pendarahan, peradangan gusi dan menstimulasi peningkatan produksi air liur yang berfungsi menetralkan kondisi asam dalam mulut. Dengan begitu banyaknya manfaat, kini penggunaan siwak semakin mendunia. Bahkan sejak 1984, World Health Organization (WHO) merekomendasikan menggunakan siwak untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Wah, ternyata banyak sekali manfaat siwak. Jadi, mulai sekarang, jaga kesehatan gigi dan gusimu dengan menggunakan siwak ya.

Topic:

  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti
  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya