Comscore Tracker

Fokus di Bidang Hidroponik, Petani Milenial Kelola Usaha ‘S3 Farm’ 

S3 Farm hasil binaan Kostratani Ciawi dan P4S Griya Seruni

Bogor, IDN Times – “Tujuan pembangunan pertanian harus menjadi referensi di dalam mencetak para petani milenial yang akan datang. Intinya adalah tujuan pembangunan pertanian untuk menyediakan pangan, meningkatkan kesejahteraan petani, dan meningkatkan ekspor. Oleh karena itu, tujuan tersebut menjadi fokus petani milenial yang akan datang,” jelas Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi.

Begitu pun, menurut Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti yang menyampaikan Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) berkomitmen mencetak generasi milenial (pengusaha pertanian) serta berjuang mewujudkan pertanian maju mandiri dan modern.

1. Petani milenial kelompok PWMP mengembangkan usaha hidroponik

Fokus di Bidang Hidroponik, Petani Milenial Kelola Usaha ‘S3 Farm’ freshwatersystems.com

Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) Ciawi bersama Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Griya Seruni membina Saung Sayur Sehat (S3) Farm yang dikembangkan petani milenial, Azis Abdul Rahman Gunawan dan Andriano. Mereka adalah kelompok Penumbuhan WIrausahawan Muda Pertanian (PWMP) Binaan Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor yang menggeluti usaha di bidang hidroponik.

Harapan mereka ke depannya, usaha hidroponik ini akan menjadi lahan penyedia pangan khusus sayur-sayuran.

2. S3 Farm mengalami perkembangan dan kemajuan

Fokus di Bidang Hidroponik, Petani Milenial Kelola Usaha ‘S3 Farm’ agribisnis.com

Usaha yang dirintis S3 Farm sejak tahun 2019, kini sedikit demi sedikit mengalami perkembangan dan kemajuan. Ketika pandemik melanda, para pegawai S3 Farm menjalani Work From Home (WFH). Seiring berjalannya waktu membuat masyarakat mencari kesibukan tersendiri di rumah. Salah satu contoh kegiatan yang dilakukan adalah berkebun yang memanfaatkan pekarangan rumah sehingga pekarangan rumah dapat dimanfaatkan secara optimal.

“Tidak sedikit dari masyarakat yang berada di rumah saja selama pandemik ini melakukan kegiatan berkebun secara hidroponik. Kami S3 Farm yang juga dinaungi P4S Griya Seruni, melihat bahwa hal ini merupakan peluang besar untuk dikembangkan S3 Farm," kata Andriano.

“Kami S3 Farm sebagai pelaku usaha tidak hanya fokus melakukan kegiatan produksi sayur-sayuran saja, tetapi kami juga menyediakan sarana produksi untuk kegiatan hidroponik, yaitu benih, bibit siap tanam, rockwool, dan bahan penunjang lainnya seperti nutrisi AB Mix dalam bentuk larutan dan granul/butiran,” tambah Azis.

3. S3 Farm menyediakan bibit siap tanam untuk menumbuhkan minat masyarakat berkebun

Fokus di Bidang Hidroponik, Petani Milenial Kelola Usaha ‘S3 Farm’ republika

S3 Farm bersama P4S Griya Seruni mendapat dukungan dari masyarakat melakukan kegiatan hidroponik dengan cara menyediakan sarana produksi sistem hidroponik untuk mempermudah masyarakat melakukan kegiatan berkebun sehingga dapat menumbuhkan minat para masyarakat untuk perlahan mencintai kegiatan pertanian.

“S3 Farm menyediakan bibit siap tanam karena dirasa lebih efektif dan praktis sehingga lebih dibutuhkan oleh masyarakat. Saprodi atau sarana produksi yang disediakan oleh S3 Farm telah banyak dikirim ke luar daerah atau luar kota seperti Bogor, Depok, Jakarta hingga Jawa Timur. Pemasaran yang kami lakukan melalui marketplace yakni Shopee dan Tokopedia. Hal ini sangat efektif untuk mendukung kegiatan usaha yang kami lakukan khususnya dalam penyediaan saprodi hidroponik,” imbuh Azis. 

Topic:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya