Comscore Tracker

Bukan Uang, Lakukan 7 Hal Sederhana Ini untuk Membalas Jasa Orang Tua

#GoodLife simple tapi bermakna

Kita tahu bahwa jasa orang tua mungkin memang takkan pernah bisa terbalaskan. Namun, bukan berarti kita tak bisa melakukan sesuatu untuk orang tua kita. Menunjukkan bakti kita kepada orang tua merupakan salah satu cara untuk membalas jasa mereka yang tak terhitung jumlahnya. Bagaimana caranya? Ini dia!

1. Belajar yang rajin dan sungguh-sungguh

Bukan Uang, Lakukan 7 Hal Sederhana Ini untuk Membalas Jasa Orang Tuaindiamart.com

Buat kamu yang masih duduk di bangku sekolah, kamu tetap bisa membalas jasa orang tuamu dengan belajar yang rajin serta bersungguh-sungguh. Dengan melakukan ini berarti kamu menghargai setiap titik peluh keringat orang tuamu yang membanting tulang demi kelancaran pendidikanmu.

2. Membantu meringankan pekerjaan rumah

Bukan Uang, Lakukan 7 Hal Sederhana Ini untuk Membalas Jasa Orang Tuababyradio.es

Tak hanya dengan belajar yang rajin, membantu pekerjaan rumah juga bisa kamu lakukan. Hal ini setidaknya mampu meringankan beban orang tuamu yang telah lelah seharian bekerja mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya.

3. Jaga tutur kata dan sikapmu dimanapun kamu berada

Bukan Uang, Lakukan 7 Hal Sederhana Ini untuk Membalas Jasa Orang Tuasweetyhigh.com

Melakukan hal ini memang tak semudah mengucapkannya. Kadang kala ada hal-hal yang justru memancing diri kita untuk bertindak atau berucap di luar kebiasaan kita. Namun, setidaknya kita bisa berupaya menahan diri untuk melakukan hal-hal yang nantinya justru akan merugikan diri kita sendiri dan berakhir menjadi beban pikiran orang tua kita. Menjaga tutur kata dan sikap ini tak hanya ditujukan pada orang lain, tapi juga terhadap orang tuamu.

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Sudah Bisa Hidup Mandiri Tanpa Bergantung Orang Tua

4. Menjaga nama baik keluarga

Bukan Uang, Lakukan 7 Hal Sederhana Ini untuk Membalas Jasa Orang Tuaacireland.ie

Hal ini berkaitan dengan poin ke 3. Jika kamu berhasil melakukannya, kamu bisa menghindari hal-hal buruk yang akan merugikan dirimu serta juga menjaga nama baik keluargamu, khususnya orang tuamu. Ingat, meskipun bukan dari keluarga terpandang, menjaga nama baik keluarga tetap harus kamu lakukan.

5. Tunjukkan kasih sayang pada orang tuamu

Bukan Uang, Lakukan 7 Hal Sederhana Ini untuk Membalas Jasa Orang Tuabarnesandnoble.com

Ini penting guys. Jangan hanya menunjukkan kasih sayangmu pada pacarmu lantas mengabaikan orang tuamu. Ingat! Orang tuamu lah yang melahirkanmu, membesarkanmu, memberikanmu pendidikan hingga kamu seperti saat sekarang ini, bukan pacarmu. Jadi, sudah sewajarnya kamu memberikan lebih kasih sayangmu pada orang tuamu. Meskipun mereka tak pernah menyatakan dengan gamblang, mereka tetap butuh kasih sayang dan perhatianmu. Caranya? Kamu bisa menunjukkannya dengan pertanyaan yang kamu anggap sepele dan remeh namun memiliki arti yang dalam bagi mereka.

"Lagi ngapain Ma/Pa?"

"Mama/Papa sudah makan?"

"Mama/Papa kenapa? Ada yang sakit?"

"Kalau Mama/Papa capek, istirahat saja, nanti Aku yang lanjutin kerjanya"

Deretan pertanyaan sepele seperti itu tidaklah sepele bagi mereka. Pertanyaan-pertanyaan yang remeh menurutmu, namun bagi mereka menunjukkan kalau kamu masih perhatian pada mereka. Buat kamu yang tak ahli dalam kata-kata kamu bisa melakukannya dengan sikapmu atau dengan sebuah pelukan untuk mereka.

6. Jangan lupa beribadah

Bukan Uang, Lakukan 7 Hal Sederhana Ini untuk Membalas Jasa Orang Tuahumairoh.com

Diantara kamu pasti sadar kalau orang tuamu seringkali mengingatkanmu untuk rajin beribadah dan tidak meninggalkan sholat. Bahkan mungkin diantara kamu ada yang sudah bosan mendengarkannya. Namun, hal itu merupakan kewajiban mereka untuk mendidikmu sehingga nantinya kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Kamu takkan rugi hanya karena kamu rajin beribadah. Justru kelalaianmu dalam hal ini akan membuat mereka merasa gagal menjadi orang tuamu.

7. Doa tulus dari seorang anak

Bukan Uang, Lakukan 7 Hal Sederhana Ini untuk Membalas Jasa Orang Tuaoerban.com

Jika orang tuamu telah tiada, kamu tetap bisa menjalankan baktimu sebagai seorang anak, yaitu dengan mendoakan mereka. Tak ada yang lebih membahagiakan orang tua selain doa tulus yang dipanjatkan anaknya untuk mereka.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membalas jasa orang tuamu. Simple bukan? Namun faktanya, hal simple seperti inilah yang seringkali terlupakan oleh kita. Jadi, mulai sekarang yuk tunjukkan bakti kita pada orangtua kita!

Baca Juga: 5 Gangguan Kesehatan Khas Orang Tua yang Banyak Dialami Millennials

Efrita Sari Photo Verified Writer Efrita Sari

Maybe someday.....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya