Comscore Tracker

Simak, Ini 5 Etika dalam Meminjam Uang yang Perlu Dipahami

#IDNTimesLife Agar hubungan tidak rusak

Saat berada di situasi mendesak yang membutuhkan uang, tetapi tidak memiliki simpanan uang, solusi yang dipilih oleh banyak orang adalah berutang kepada teman atau kerabat. Sah-sah saja jika kamu ingin meminjam uang. Bahkan, praktik pinjam dan meminjamkan uang ini bisa menolong sesama.

Meskipun demikian, tentu saja terdapat etika yang perlu dipahami agar kegiatan pinjam dan meminjamkan uang ini tidak sampai merusak hubungan. Nah, jika saat ini kamu berniat meminjam uang, jangan lupa praktikkan etika berikut ini.

1. Hanya berutang saat keadaan mendesak

Simak, Ini 5 Etika dalam Meminjam Uang yang Perlu Dipahamiilustrasi uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ingatlah untuk meminjam uang hanya pada keadaan darurat saja. Sebagai contoh, kamu baru saja kehilangan pekerjaan dan membutuhkan modal untuk membuka usaha sendiri, atau membutuhkan uang untuk berobat anggota keluarga yang sakit.

Sebaliknya, jangan terlalu mudah meminjam uang untuk bersenang-bersenang atau memenuhi gaya hidup. Jadikan berutang sebagai pilihan terakhir setelah kamu mengusahakan yang lain, bukan cara instan untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan.

2. Miliki komitmen untuk melunasinya

Simak, Ini 5 Etika dalam Meminjam Uang yang Perlu Dipahamiilustrasi uang (unsplash.com/JP Valery)

Sebelum berutang, tanamkan komitmen dalam dirimu untuk melunasi uang yang kamu pinjam bagaimana pun caranya dan sesegera mungkin. Ingatlah bahwa sebagai pihak yang berutang, kamu memiliki kewajiban untuk mengembalikan uang yang kamu pinjam dan sebaliknya, pemberi utang memiliki hak untuk mendapatkan uangnya kembali.

Jika kamu ingin meminjam uang dalam jumlah cukup banyak dan pemberi utang ingin membuat kesepakatan tertulis, jangan tersinggung dan setujui saja syarat yang diberikan pemberi utang. Oleh sebab itu, sebelum meminjam uang, kamu juga harus memiliki rencana untuk mengembalikan uang tersebut tepat waktu.

Baca Juga: 5 Cara Menyikapi Teman yang Suka Meminjam Uang, Wajib Catat

3. Gunakan bahasa yang baik

Simak, Ini 5 Etika dalam Meminjam Uang yang Perlu Dipahamiilustrasi dua orang sedang berbicara (pexels.com/Christina Morillo)

Kegiatan meminjam uang sebaiknya dilakukan dengan cara yang baik. Misalnya, dengan menggunakan bahasa dan perilaku yang sopan.

Saat akan meminjam uang, pastikan kamu memakai bahasa yang sopan dan tidak mengancam. Lalu, saat temanmu bersedia meminjamkan uang dan saat kamu mengembalikan uang, jangan lupa ucapkan terima kasih atas kebaikannya.

4. Jangan meminjam lebih dari jumlah yang bisa kamu kembalikan

Simak, Ini 5 Etika dalam Meminjam Uang yang Perlu Dipahamiilustrasi uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sebelum meminjam uang, pastikan kamu sudah memiliki rencana ke depan untuk melunasi uang tersebut. Jadi, sebaiknya tidak meminjam dalam jumlah yang terlalu banyak agar tidak memberatkanmu dalam proses pengembaliannya.

Hitung pemasukan dan pengeluaranmu setiap bulannya. Kemudian, pastikan kamu masih bisa melunasi utang tepat waktu sambil memiliki pegangan untuk keperluan sehari-hari.

5. Tetap lunasi meskipun orang yang meminjamkan sudah lupa

Simak, Ini 5 Etika dalam Meminjam Uang yang Perlu Dipahamiilustrasi meminjam uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ada orang yang ketika meminjamkan uangnya, ia tidak akan menagih karena berbagai alasan. Misalnya, lupa karena kejadiannya sudah terlalu lama, uang yang dipinjam tidak seberapa, atau tidak enak hati jika harus menagih.

Ingatlah untuk tidak memanfaatkan kondisi ini. Pastikan kamu memiliki komitmen untuk mengembalikan uang tersebut, berapapun nominalnya dan meskipun kejadian tersebut sudah lama. Ini bukan hanya tentang nominal, tetapi juga kepercayaan dan etika. Jika kamu tidak mengembalikan pinjamanmu, bukan tidak mungkin jika suatu saat kamu membutuhkan pinjaman lagi, tidak ada lagi yang bersedia meminjamkan uangnya padamu karena tidak mempercayai kamu.

Demikianlah beberapa etika yang harus kamu pahami sebelum meminjam uang. Untuk ke depannya, pastikan kamu memiliki rencana pengelolaan keuangan yang baik agar bisa mengandalkan tabungan dan tidak perlu mencari pinjaman jika membutuhkan dana cepat.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Memprioritaskan Kesehatan ketimbang Sekadar Uang

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya