Tanpa Disadari, 7 Hal Ini Jadi Indikasi Kamu Alami Kelelahan Psikis

Tak hanya fisik, psikis juga bisa lelah

Pernah gak kamu merasa fisikmu dalam keadaan sehat dan kamu sudah istirahat dengan cukup, tapi kamu tetap merasa lelah sepanjang hari? Itu bisa jadi salah satu tanda bahwa sebenarnya kamu mengalami kelelahan psikis.

Kesehatan tidak hanya diukur dari kesehatan fisik saja, tapi juga kesehatan psikis. Jadi, walaupun secara fisik kamu baik-baik saja, tapi kalau psikismu tidak sehat, kamu tetap harus mengobati masalah psikis yang sedang kamu alami.

Banyak sekali orang yang tidak sadar bahwa mereka mengalami kelelahan psikis sehingga mereka tidak tahu apa yang harus mereka lakukan.

Nah, kenali yuk tanda-tandanya ketika kamu mengalami kelelahan mental supaya kamu bisa mendapat pegangan yang tepat sesegera mungkin.

1. Kamu tetap merasa lelah dan mengantuk walaupun sebenarnya sudah tidur cukup

Tanpa Disadari, 7 Hal Ini Jadi Indikasi Kamu Alami Kelelahan PsikisUnsplash.com/Vladislav Muslakov

Walaupun telah tidur malam selama 8 jam, kamu tetap bangun dalam keadaan capek, mengantuk, hingga sulit bangun. Ini artinya kamu hanya istirahat secara fisik saja tapi psikismu belum istirahat. Sehingga, kamu bangun dengan keadaan lelah dan menjalani hari dengan tidak semangat.

2. Kamu mengalami emosi yang tidak stabil

Tanpa Disadari, 7 Hal Ini Jadi Indikasi Kamu Alami Kelelahan PsikisUnsplash.com/Jeshoots.com

Kamu jadi sangat sensitif dan mudah marah untuk hal- hal kecil, alasan dari kemarahanmu pun seringkali tidak masuk akal. Bahkan terkadang setelah tertawa lepas, kamu langsung merasa sedih, marah, dan bad mood secara cepat. Kelelahan secara psikis dapat menyebabkan kamu mengalami mood swing yang luar biasa drastis.

3. Rasanya kamu ingin menyendiri dan menghilang saja

Tanpa Disadari, 7 Hal Ini Jadi Indikasi Kamu Alami Kelelahan Psikiswallpapercave.com

Kelelahan secara psikis membuat kamu malas bertemu dengan orang lain dan berkomunikasi dengan mereka. Rasanya kamu ingin bersembunyi dan menghindar dari orang-orang yang biasa kamu temui.

Baca Juga: 5 Cara Ini Bisa Melindungi Kesehatan Mentalmu dari Medsos!

4. Kamu merasa orang-orang tidak menghargai kamu

Tanpa Disadari, 7 Hal Ini Jadi Indikasi Kamu Alami Kelelahan Psikispixabay.com/tortugadatacorp

Terkadang dalam hidup kamu merasa apa pun yang sudah kamu lakukan tidak pernah mendapatkan apresiasi dari orang lain. Misalnya kamu sudah bekerja dengan sangat baik, tapi bosmu tidak memberikan apresiasi. Atau kamu menunjukkan peningkatan prestasi di kampus tapi orangtuamu tidak memberikan pujian. Akhirnya, kamu merasa kecewa karena bagimu apa yang kamu lakukan tidak akan ada artinya bagi orang lain.

5. Kamu selalu pura-pura bahagia dan bersikap seolah tidak terjadi apa-apa

Tanpa Disadari, 7 Hal Ini Jadi Indikasi Kamu Alami Kelelahan PsikisUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Menyembunyikan perasaan yang sebenarnya kamu rasakan dan selalu bersikap seolah semuanya baik-baik saja malah membuat mentalmu jadi semakin lelah. Karena dengan begitu orang-orang tidak akan tahu bagaimana keadaanmu sebenarnya dan bisa saja mereka melakukan hal-hal yang membuat kamu semakin lelah. Mulai sekarang, kamu gak perlu jaim dan biasakan diri bersikap terbuka.

6. Kamu merasa punya beban hidup yang sangat berat

Tanpa Disadari, 7 Hal Ini Jadi Indikasi Kamu Alami Kelelahan PsikisUnsplash/Steven Spassov

Kalau kamu merasa hidup yang kamu jalani sangatlah berat hingga merasa ingin keluar dari rutinitas tersebut itu bisa jadi kamu sebenarnya sedang mengalami kelelahan mental atau psikis. Misalnya, kamu merasa perlu keluar dari pekerjaan yang kamu jalani agar hidupmu kembali normal.

Atau kamu merasa keluargamu tidak menyayangi kamu sehingga dirimu ingin menjauh dari keluarga. Kalau seperti ini, kamu sebaiknya konsultasi pada ahlinya agar mendapatkan solusi.

7. Kamu merasa kesepian dan sering tiba-tiba menangis

Tanpa Disadari, 7 Hal Ini Jadi Indikasi Kamu Alami Kelelahan PsikisUnsplash/Claudia

Salah satu tanda bahwa kamu mengalami kelelahan psikis adalah selalu merasa kesepian dan sering menangis secara tiba-tiba. Kamu merasa tidak punya siapa-siapa untuk berbagi perasaan dan hidupmu terasa hambar. Terkadang hal ini juga disertai dengan perasaan nyeri dan sesak di bagian dada.

Kalau kamu mengalami hal-hal di atas, jangan disepelekan. Segeralah konsultasi dengan psikolog dan perbanyak ibadah agar kamu merasa lebih baik.

Baca Juga: 6 Perilaku Ini Bisa Jadi Indikasi Temanmu Mengalami Mental Disorder

Eka Photo Community Writer Eka

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You