Comscore Tracker

5 Cara Mengatur Waktu setelah Punya Bayi, Jangan Kewalahan!

Ajak suami berbagi tanggung jawab

Memiliki bayi sangat mengubah kehidupan seorang perempuan. Bayi sangat menuntut perhatian dan waktu, sehingga terkadang membuat ibu merasa kewalahan dan bingung.

Mempraktikkan manajemen waktu yang efektif dapat membantu ibu memastikan kebutuhan setiap anggota keluarga terpenuhi. Selain itu juga dapat mencegah ibu merasa kewalahan oleh tanggung jawab dan pengalaman memiliki bayi.

Di sini, ada beberapa tips untuk membantu orangtua mengatur waktu setelah memiliki bayi. Dengan begitu, ibu tak lagi merasa kewalahan.

1. Buat jadwal menu makanan yang akan kamu masak  

5 Cara Mengatur Waktu setelah Punya Bayi, Jangan Kewalahan!ilustrasi perempuan memasak di dapur (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Memasak adalah salah satu aktivitas yang memakan waktu. Mulai dari mencari ide, berbelanja, memasak, hingga menyiapkan makanan, semuanya butuh waktu lama. Merencanakan menu dapat meringkas banyak waktu bagi ibu yang baru memiliki bayi.

Kumpulkan resep makanan, bila perlu buat jadwal masakan dalam satu bulan. Buat daftar belanja terlebih dahulu untuk merampingkan perjalanan belanja dan mengurangi waktu persiapan makanan.

Jika memungkinkan, kamu bisa menyetok bahan makanan dan buatlah beberapa hidangan utama sekaligus yang dapat dipanaskan kembali dengan cepat sepanjang minggu. Kamu juga bisa mengisi kulkas dengan beberapa makanan siap saji, makanan beku, dan buah kering untuk berjaga-jaga jika suatu saat kamu tidak sempat memasak.

2. Cari bantuan  

5 Cara Mengatur Waktu setelah Punya Bayi, Jangan Kewalahan!ilustrasi mengepel lantai (pexels.com/SHVETS production)

Kamu tidak harus menjadi super mom dengan melakukan semuanya sendiri. Anggota keluarga dan teman biasanya secara sukarela membantu mengerjakan tugas-tugas rumah, seperti membersihkan rumah, memasak, dan melakukan tugas selama beberapa minggu pertama. Jadi, jangan sungkan menerima bantuan dari mereka.

Jika kamu tidak memiliki anggota keluarga atau teman yang bisa membantu kamu, pertimbangkan untuk mempekerjakan asisten rumah tangga. Tidak harus untuk waktu yang lama, kamu hanya perlu bantuan untuk menangani pekerjaan rumah tangga sampai kamu bisa menyesuaikan diri dengan peran barumu.

3. Letakkan semuanya pada tempatnya  

5 Cara Mengatur Waktu setelah Punya Bayi, Jangan Kewalahan!ilustrasi lemari pakaian (pexels.com/Pixabay)

Salah satu hal yang membuang waktu adalah mencari barang hilang. Jadi, pastikan agar kamu menyimpan semua barang pada tempatnya. Simpan semua perlengkapan mandi bayi dalam satu tempat atau simpan perlengkapan hujan seluruh keluarga di satu tempat.

Di beberapa kesempatan, kamu mungkin perlu mengambil beberapa barang dan menaruhnya di satu tempat. Namun setelahnya, pastikan kamu atau anggota keluargamu yang lain segera mengembalikannya ke tempat yang semestinya sebelum lupa.

Baca Juga: 9 Perlengkapan Bayi yang Aneh Banget, Ada Empeng Bayi Bikin Kaget!

4. Gunakan internet untuk berbelanja dan membayar tagihan  

5 Cara Mengatur Waktu setelah Punya Bayi, Jangan Kewalahan!ilustrasi belanja online (pexels.com/Negative Space)

Kemungkinan kamu akan perlu membeli beberapa keperluan tambahan tak lama setelah bayi lahir. Pergi ke toko perlengkapan bayi bukan hanya memakan waktu, tapi juga terasa merepotkan bagi ibu baru. Ada baiknya kamu memanfaatkan internet untuk tugas ini.

Beli keperluan bayi dari ecommerce alih-alih di toko yang ramai. Bayar tagihan secara online dan otomatis dipotong dari rekening bank. Bila perlu, kamu juga bisa berbelanja keperluan sehari-hari dan memesan makanan secara online. Dengan cara ini, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menghabiskan waktu di jalan dan berbelanja.

5. Buat skala prioritas  

5 Cara Mengatur Waktu setelah Punya Bayi, Jangan Kewalahan!ilustrasi menulis catatan (unsplash.com/Luke Southern)

Kunci penting agar tetap berjalan sesuai rencana adalah mengetahui prioritas. Secara umum, kamu bisa membagi daftar tugas menjadi tiga bagian, seperti hal yang perlu segera dikerjakan, hal yang dapat ditunda, dan proyek jangka panjang. Jika kamu merasa terlalu banyak hal yang perlu dilakukan, kamu bisa mengerjakannya sesuai prioritas.

Kamu juga perlu mencari cara untuk mengurangi langkah dari tugas atau memotong jumlah waktu yang kamu habiskan untuk suatu pekerjaan. Kamu juga bisa memberikan semua anggota keluarga tugas rumah sesuai dengan kemampuan. Selain meringankan pekerjaanmu, cara ini juga dapat membiasakan anak-anak dan suami membantu mengerjakan tugas-tugas rumah tangga.

Dengan mempraktikkan tips ini, harapannya kamu tidak akan merasa kebingungan dengan tugas barumu. Namun, penting diingat untuk tetap bersikap fleksibel dan tidak merasa bersalah jika ada satu dua tugas yang tidak bisa kamu selesaikan. Paling utama, kamu punya waktu untuk mengurus bayi dan diri sendiri serta cukup istirahat.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk Mengatur Hidupmu, Rapi dan Terorganisir! 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya