Comscore Tracker

5 Cara Tepat Memperbaiki Kesan Pertama yang Buruk, Perhatikan!

Tenang, ada kesempatan kedua untuk memperbaiki semuanya 

Apa yang diamati orang lain saat pertama kali bertemu kamu akan memberikan kesan yang cepat, kuat, dan tahan lama. Karena alasan ini, penting untuk melakukan yang terbaik demi memberikan kesan pertama yang baik.

Namun terkadang, tanpa sengaja kita melakukan kesalahan sehingga memberikan kesan pertama yang tidak baik. Ini tentu saja membuat kita merasa resah, apalagi orang yang ingin kita buat terkesan adalah orang yang memberikan pengaruh besar bagi hidup kita, seperti klien, atasan, guru, calon mertua, dan sebagainya.

Jika kamu baru saja membuat kesan pertama yang buruk, kamu pasti bertanya-tanya, adakah cara untuk bangkit dan memperbaiki kesan pertama yang buruk? Jawabannya, ada.

Berikut adalah beberapa cara utama yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kesan pertama yang tidak berlangsung baik.

1. Segera meminta maaf  

5 Cara Tepat Memperbaiki Kesan Pertama yang Buruk, Perhatikan!ilustrasi meminta maaf (pexels.com/Liza Summer)

Hal pertama dan paling jelas yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kesan pertama yang buruk adalah dengan segera mengungkapkan penyesalan.

Tidak segera mengambil aksi setelah memberikan kesan pertama yang buruk akan memberikan kesan seperti tidak ada penyesalan atas apa yang terjadi. Jadi, meminta maaf sesegera mungkin dapat menjauhkan diri dari masalah ini.

Kalau kamu kesulitan meminta maaf secara langsung karena malu atau tidak dapat bertemu dengan yang bersangkutan dalam waktu dekat, kamu bisa meminta maaf lewat email, aplikasi obrolan, atau media sosial. Yang terpenting, kamu cepat menunjukkan penyesalan atas kesalahan yang kamu lakukan. Dengan begitu, yang bersangkutan akan tahu bahwa kamu tidak bermaksud demikian dan ini akan langsung mengubah pendapat orang lain tentang kamu.

2. Jangan bersikap berlebihan  

5 Cara Tepat Memperbaiki Kesan Pertama yang Buruk, Perhatikan!ilustrasi laki-laki sedang meminta maaf (pexels.com/Alex Green)

Kita semua manusia sehingga wajar bagi kita untuk membuat kesalahan. Dengan sadar mengakui kesalahan adalah langkah pertama untuk memperbaikinya. Hanya saja, kamu tidak boleh bersikap berlebihan.

Meminta maaf terlalu banyak justru dapat membuat keadaan menjadi lebih buruk daripada sebelumnya. Pasalnya, ini dapat menimbulkan ketidaknyaman bagi orang yang kamu minta maafnya atau memberikan kesan seperti kamu memaksa yang bersangkutan untuk segera memaafkan kamu.

Baca Juga: 5 Hal Ini Mesti Kamu Benahi agar Kesan Pertamamu Memberi Arti

3. Bangun interaksi dengan meminta saran  

5 Cara Tepat Memperbaiki Kesan Pertama yang Buruk, Perhatikan!ilustrasi dua orang sedang berbicara (pexels.com/Polina Zimmerman)

Jika kamu memberikan kesan pertama yang membuat seseorang tidak menyukai kamu, salah satu cara untuk memperbaiki keadaan adalah berusaha menjalin koneksi sesegera mungkin.

Cara terbaik untuk mendapatkan koneksi adalah dengan meminta saran dari orang tersebut. Ini akan membuat orang yang dimintai saran menjadi tersanjung dan membuka peluang untuk interaksi yang luar biasa.

Misalnya, kamu ingin memperbaiki kesan pertama dengan rekan kerja di kantor yang baru, kamu bisa mendekatinya dengan meminta rekomendasi buku atau aplikasi. Ini akan membuka peluang interaksi berkelanjutan yang membuat mereka tahu bahwa kamu tidak seperti apa yang mereka pikiran pada awalnya.

4. Jangan terburu-buru dan tunjukkan konsistensi  

5 Cara Tepat Memperbaiki Kesan Pertama yang Buruk, Perhatikan!ilustrasi membantu orang lain (pexels.com/Christina Morillo)

Kesan pertama yang buruk bisa membekas lama di hati dan pikiran. Jadi, ingatlah bahwa untuk memperbaiki semuanya, kamu butuh waktu dan konsistensi.

Jangan putus asa jika awalnya apa yang kamu lakukan seakan tidak mampu mengubah sikap orang lain padamu. Tetap tunjukkan sikap baik secara konsisten agar orang-orang tahu bahwa kamu tulus.

5. Puji sikap orang tersebut  

5 Cara Tepat Memperbaiki Kesan Pertama yang Buruk, Perhatikan!ilustrasi memuji orang lain (pexels.com/Laura Stanley)

Penelitian dalam Harvard Business Review menunjukkan bahwa ketika kamu mengingatkan seseorang tentang sikap baik mereka, mereka akan bekerja lebih hati-hati untuk memenuhi penilaian itu. Artinya, jika kamu terlanjur memberikan kesan pertama yang buruk, kamu dapat memuji seseorang atas sikap baiknya untuk membuat sikap mereka padamu benar-benar berubah.

Memuji orang lain tentang betapa terbuka dan adilnya pikiran dan sikap mereka akan membantu mereka mengingat untuk lebih berpikiran terbuka dalam persepsi mereka tentang kamu. Sebagai hasilnya, mereka akan memberi kamu kesempatan lain untuk menunjukkan sikap baik dan memperbaiki pandangan tentang kamu.

Jadi, jika tanpa sengaja kamu memberikan kesan pertama yang buruk, jangan putus asa dan terpuruk dalam keadaan. Masih ada banyak waktu untuk memperbaiki semuanya asal kamu bertindak cepat.

Baca Juga: 5 Tips Membangun Kesan Pertama yang Baik di Tempat Kerja, Patut Dicoba

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya