Comscore Tracker

6 Hal Kecil yang Dapat Kamu Lakukan untuk Membuat Orang Lain Bahagia

Gak selalu dengan materi

Salah satu cara terbaik untuk menciptakan hidup yang lebih bahagia untuk diri sendiri adalah dengan membuat orang lain lebih bahagia. Mengapa? Karena saat kamu melihat mereka bahagia, kamu juga akan merasa lebih baik. Ini juga akan memperbaiki hubunganmu dengan orang-orang di sekitarmu. Dalam jangka panjang, bukan tidak mungkin kamu juga cenderung diperlakukan oleh orang lain seperti kamu memperlakukan mereka.

Ditambah, untuk membahagiakan orang lain sebenarnya cukup mudah. Cukup lakukan hal-hal kecil berikut ini pada orang-orang di sekitarmu.

1. Menghubungi teman tanpa tujuan tertentu

6 Hal Kecil yang Dapat Kamu Lakukan untuk Membuat Orang Lain Bahagiaunsplash.com/Rafael Leão

Banyak dari kita yang selama ini menghubungi teman hanya saat ada kepentingan tertentu. Alasannya, kebanyakan merasa tidak enak hati jika mengirimkan menghubungi teman tanpa alasan apapun karena takut mengganggu kesibukan.

Padahal, terkadang yang kita butuhkan untuk kebahagiaan hanyalah obrolan yang menyenangkan. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi teman dan ajak untuk mengobrol atau mendengarkan uneg-unegnya.

2. Dengarkan orang lain dengan tulus

6 Hal Kecil yang Dapat Kamu Lakukan untuk Membuat Orang Lain BahagiaUnsplash.com/Trung Thanh

Apakah kamu mengetahui orang yang kamu kenal sedang mengalami masa-masa sulit? Jika iya, tawarkan padanya jika ia ingin membicarakan masalah ini denganmu dan dengarkan ia tanpa menghakimi atau menyela sama sekali. Terkadang, hal sesederhana diam dan pengertian bisa menjadi hadiah besar bagi orang lain.

3. Lebih banyak tersenyum

6 Hal Kecil yang Dapat Kamu Lakukan untuk Membuat Orang Lain BahagiaUnsplash.com/@steales

Kamu tidak akan bisa menyebarkan kebahagiaan dan hal-hal positif jika kamu sendiri tidak menunjukkan hal-hal positif dalam dirimu. Jadi, biasakan untuk lebih banyak tersenyum. Tersenyumlah untuk semua orang.

Percaya atau tidak, selain memperbaiki mood diri sendiri, tersenyum dapat mempengaruhi suasana hati orang lain. Jadi tersenyumlah dan biarkan orang-orang tahu bahwa kamu bahagia, dan kamu pun ingin mereka juga bahagia.

Baca Juga: 5 Etika saat Memberi Saran pada Orang Lain, Pikir Dulu Baik-Baik 

4. Ucapkan terima kasih

6 Hal Kecil yang Dapat Kamu Lakukan untuk Membuat Orang Lain Bahagiaunsplash.com/Mimi Thian

Banyak dari kita merasa kelelahan dan lebih emosi di penghujung hari. Bukan hanya mereka yang bekerja di kantor, tapi juga yang menghabiskan waktu untuk mengurus rumah dan keluarga.

Untuk mengembalikan suasana hati, ucapkan terima kasih kepada pasangan atas apa pun yang dia lakukan. Jika pasanganmu banyak menghabiskan waktu di luar bahkan bepergian ke luar kota, berterimakasihlah atas kerja keras yang ia lakukan. Jika pasanganmu cenderung mengabaikanmu karena sibuk mengurus anak, berterimakasihlah karena ia telah sepenuh hati merawat anak-anakmu.

Intinya, fokuslah pada hal-hal positif untuk kamu beri ucapan terima kasih. Juga untuk hal-hal sesederhana membuatkan makan malam, mencuci baju, atau membersihkan rumah. Bukan hanya pada pasangan, tapi ucapkan juga terima kasih pada orang lain yang telah berbuat baik padamu.

5. Berikan sumbangan semampumu

6 Hal Kecil yang Dapat Kamu Lakukan untuk Membuat Orang Lain BahagiaUnsplash.com/Kira auf der heide

Memberi sumbangan adalah salah satu cara mudah untuk membahagiakan diri sendiri dan orang lain. Kamu tidak harus selalu memberikan sumbangan dalam bentuk uang kok. Kamu bisa memberikan sumbangan dalam bentuk pakaian, mainan, buku-buku, atau apapun yang tidak kamu pakai.

Tapi ingat, pastikan kamu hanya memberikan barang-barang yang kualitasnya masih bagus dan layak pakai, walaupun kondisinya tidak baru.

6. Berikan pujian

6 Hal Kecil yang Dapat Kamu Lakukan untuk Membuat Orang Lain BahagiaUnsplas.com/Beakoof.com Official

Banyak orang yang membangun kepercayaan diri lewat Instagram, Twitter, atau akun media sosial lainnya. Silakan sukai dan berikan komentar yang bagus pada foto atau postingan mereka. Hanya perlu beberapa detik untuk mengeklik tombol suka dan mengetik komentar yang memuji, tetapi ini bisa membuat orang yang melihatnya merasa sangat bahagia.

Bukan hanya lewat media sosial, kamu juga bisa menyampaikan pujian secara langsung kepada orang yang kamu temui. Sering kali, memberikan pujian dapat membuat orang lain merasa berbunga-bunga sepanjang hari.

Gimana? Semuanya mudah dilakukan bukan? Membahagiakan orang lain memang hal yang sangat mulia, tapi jangan lupa juga untuk melakukan hal-hal baik dan membahagiakan diri sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Belajar Etika, Cara Kita Menghargai Sesama

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya