Comscore Tracker

5 Hal Negatif yang Tidak Boleh Kamu Lakukan pada Diri Sendiri

Stop lakukan ini semua biar lebih bahagia

Di dalam hidup akan selalu ada tantangan yang menunggu untuk kamu hadapi. Bukan hanya dari luar, seringkali tantangan dan kesedihan justru datang dari dalam diri sendiri. Disadari atau tidak, terkadang kita melakukan hal-hal negatif pada diri sendiri yang membuat kita sulit mendapatkan kebahagiaan.

Maka dari itu, kamu perlu memberi diri sendiri awal yang baru dan lebih baik dengan menghindari hal-hal yang membawa luka dan rasa sakit. Berikut adalah beberapa hal negatif yang tidak boleh kamu lakukan lagi pada dirimu sendiri.

1. Berbohong pada diri sendiri  

5 Hal Negatif yang Tidak Boleh Kamu Lakukan pada Diri Sendiriilustrasi perempuan sedang bercermin (pexels.com/Ivan Oboleninov)

Sepanjang hidup, akan ada orang di sekitarmu yang berbohong pada dirimu. Jangan menambah tumpukan kebohongan dengan berbohong pada dirrmu sendiri. Di dunia ini, orang pertama yang seharusnya bisa kamu percayai adalah dirimu sendiri.

Jika kamu mengetahui sesuatu yang salah, maka berhentilah meyakinkan diri sendiri bahwa itu benar atau mungkin saja benar. Terus menerus menyuapi diri sendiri dengan kebohongan atau setengah kebenaran akan membuat kamu sulit menerima realitas.

2. Mengandalkan orang lain  

5 Hal Negatif yang Tidak Boleh Kamu Lakukan pada Diri Sendiriilustrasi teman (pexels.com/Kampus Production)

Manusia memanglah makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa manusia lain. Untuk itu, wajar jika manusia saling bergantung satu sama lain. Namun, bukan berarti kita lantas bisa terus bergantung dan mengandalkan orang lain. Pasalnya, tiap orang juga memiliki kehidupan mereka sendiri dan masalah hidupnya masing-masing.

Terus bergantung pada orang lain akan membuat kamu mudah kesepian dan sulit bertindak jika tidak mendapat dukungan dari orang lain. Untuk itu, jadilah mandiri dan jangan selalu mengandalkan orang lain.

Baca Juga: 5 Cara Agar Kamu Mampu Memprioritaskan Diri Sendiri, Love Yourself! 

3. Mengkritik diri sendiri  

5 Hal Negatif yang Tidak Boleh Kamu Lakukan pada Diri Sendiriilustrasi melamun (pexels.com/RF._.studio)

Disadari atau tidak, seringkali kritik paling pedas yang kita terima justru berasal dari diri sendiri. Jika kamu sering mengkritisi diri sendiri, kamu perlu segera mengatasinya.

Sadarlah, tidak ada seorang pun di dunia ini yang sempurna. Berkubang dalam penyesalan dan terus mengkritik diri sendiri juga tidak menyelesaikan apa pun. Sebaliknya, itu hanya akan meredam semangat dan menyebabkan rasa sakit emosional. Jadi, mulailah belajar memaafkan diri sendiri dan mengikhlaskan apa yang sudah terlanjur terjadi.

4. Fokus pada apa yang tidak kamu miliki  

5 Hal Negatif yang Tidak Boleh Kamu Lakukan pada Diri Sendiriilustrasi perempuan membeli sepatu (pexels.com/Alexandra Maria)

Kamu tidak mungkin dapat memiliki semua yang kamu inginkan dalam hidup. Terlalu fokus pada apa yang tidak kamu miliki dapat membuang-buang waktu dan energi. Alih-alih terus mengerjar apa yang tidak kamu miliki, fokuslah mensyukuri apa yang kamu miliki.

Percaya atau tidak, selalu ada hal pada dirimu yang tidak dimiliki oleh orang lain. Jadi, bangunlah setiap hari dengan rasa syukur atas hidupmu dan dapatkan kekuatan dari sumber rasa syukur untuk menjalani hidup.

5. Menghabiskan waktu dengan orang yang salah  

5 Hal Negatif yang Tidak Boleh Kamu Lakukan pada Diri Sendiriilustrasi teman beracun (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu ingin mengetahui seperti apa dirimu, lihatlah seperti apa orang-orang yang paling banyak menghabiskan waktu bersamamu. Jangan sia-siakan hidup dengan membiarkan dirimu berada di sekeliling orang-orang negatif yang selalu ingin menjatuhkan, mencuri kebahagiaan, atau tidak memiliki ambisi apa pun dalam hidup.

Buat hidupmu lebih bermakna dengan mengelilingi dirimu dengan orang-orang yang akan membuat kamu menjadi lebih baik. Misalnya, orang-orang yang cenderung memandang apa pun secara positif, mengapresiasi dirimu, semangat menjalani hidup, dan sebagainya.

Jangan tunggu lebih lama lagi. Segera berhenti melakukan semua hal negatif ini pada dirimu sendiri dan lihatlah hal positif apa yang akan terjadi pada dirimu.

Baca Juga: 5 Kebohongan Berkedok Jargon 'Just Be Yourself', Jangan Begini! 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya