Comscore Tracker

5 Indikasi Nyata Kamu Meremehkan Diri Sendiri & Harus Segera Diakhiri

Padahal orang lain sering mengakui potensimu

Adalah hal yang wajar ketika kamu merasa cemas atau ragu-ragu, terutama ketika kamu dituntut melakukan sesuatu untuk pertama kalinya. Akan tetapi, jangan sampai hal tersebut menjadi kebiasaan dan membuatmu jatuh ke dalam perangkap meremehkan diri sendiri, karena itu dengan segera akan menghentikanmu dari mencapai yang terbaik, bahkan menjadi indikasi bahwa kamu tidak mencintai dirimu sendiri.

Berikut beberapa perilaku yang menjadi tanda bahwa kamu sebenarnya sedang meremehkan diri sendiri dan perlu segera mengakhirinya.

1. Kamu selalu menunggu orang lain merekomendasikan dirimu

5 Indikasi Nyata Kamu Meremehkan Diri Sendiri & Harus Segera DiakhiriUnsplash/Yuvraj Singh

Kendati kamu selalu berusaha melakukan yang terbaik dan memaksimalkan potensi yang kamu miliki. Kamu sendiri sering bersikap kurang yakin akan hasil pekerjaanmu. Bahkan orang-orang di sekitarmu justru lebih dapat melihat kinerjamu daripada dirimu sendiri. Sehingga ketika ada peluang yang terbuka, kamu tidak berani langsung mencobanya, tetapi justru menunggu orang lain merekomendasikanmu.

2. Kamu sering tidak bisa melihat kemampuanmu sendiri

5 Indikasi Nyata Kamu Meremehkan Diri Sendiri & Harus Segera DiakhiriUnsplash.com/Austin Distel

Bahkan walaupun kamu selalu melakukan setiap pekerjaanmu dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik pula, kamu tetap saja suka membandingkan keterampilan dan kemampuanmu. Setelahnya kamu akan merasa khawatir jika kamu tidak dapat konsisten mempertahankan prestasimu atau merasa kamu tidak akan bisa melakukan seperti apa yang orang lain lakukan.

Baca Juga: Jangan Diterusin, ini 5 Konsekuensi Kalau Kamu Sering Meremehkan Diri

3. Kamu merasa iri ketika melihat orang lain sukses

5 Indikasi Nyata Kamu Meremehkan Diri Sendiri & Harus Segera Diakhiriunsplash.com/Kev Costello

Tiap kali melihat orang lain, bahkan orang yang paling dekat denganmu sedang berbahagia atau sukses, hal tersebut dapat membuatmu merasa iri. Kamu mungkin menunjukkan perasaan bahagia, akan tetapi sebenarnya di dalam hatimu kamu merasa sudah ketinggalan beberapa langkah darinya dan itu membuat kamu menjadi iri.

4. Kamu selalu mengutamakan orang lain daripada dirimu sendiri

5 Indikasi Nyata Kamu Meremehkan Diri Sendiri & Harus Segera DiakhiriUnsplash.com/Trung Thanh

Meskipun mengutamakan orang lain bisa menjadi pertanda kerendahan hati, tapi itu juga bisa berarti kamu tidak melihat dirimu berada pada level yang sama dengan orang lain. Kamu mendukung mereka atau membiarkan mereka maju karena meragukan nilai dan kemampuanmu sendiri.

5. Berada di tengah-tengah orang lain membuatmu merasa gugup dan tidak nyaman

5 Indikasi Nyata Kamu Meremehkan Diri Sendiri & Harus Segera Diakhiriunsplash.com/Antenna

Masalahnya adalah, kamu khawatir apakah kamu akan dapat memenuhi apa yang diharapkan orang lain darimu. Oleh karena itu, kamu sering kali tidak menyukai dan bahkan ingin menghindari acara-acara kantor atau kegiatan sosial yang membahas hal seperti ini.

Gimana? Apa kamu sering melakukan hal tersebut? Kalau iya, yuk segera berubah dan buka mata lebar-lebar agar kamu bisa melihat kelebihan dirimu sendiri.

Baca Juga: Lakukan 5 Sikap Bijak Ini Saat Orang Meremehkan Pencapaianmu

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya