Comscore Tracker

5 Penyebab Kamu Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Sering Gini? 

Bisa jadi kamu terlalu baik nih

Sedih rasanya jika menyadari bahwa orang yang selama ini kita anggap sebagai teman ternyata justru hanya memanfaatkan diri kita dan tidak benar-benar tulus ingin menjadi teman sejati. Saat sadar bahwa selama ini kamu hanya dimanfaatkan, pastinya kamu ingin tahu apa yang membuat kamu mudah dimanfaatkan orang-orang dan berusaha agar tidak menjadi individu yang mudah dimanfaatkan.

Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa jadi membuat kamu mudah dimanfaatkan oleh orang-orang di sekitarmu.

1. Kamu adalah pendengar yang baik

5 Penyebab Kamu Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Sering Gini? Unsplash.com/Andrea Tummons

Disadari atau tidak, terkadang menemukan orang yang mampu mendengar keluh kesah orang lain dengan tulus adalah hal yang sulit. Nah, jika kamu adalah tipikal orang yang senang mendengarkan secara aktif dan mudah berempati, kamu mungkin tanpa sadar kerap menjadi sasaran orang-orang beracun yang suka memanfaatkan orang lain.

Orang-orang tersebut akan selalu mencarimu ketika mereka ingin curhat karena paham bahwa kamu adalah pendengar yang baik. Sayangnya, saat kamu butuh didengar, belum tentu orang-orang ini ada untukmu.

2. Kamu terlalu murah hati

5 Penyebab Kamu Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Sering Gini? Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Murah hati adalah karakter yang akan membuatmu disukai banyak orang. Tapi waspadalah, orang-orang beracun juga bisa tertarik padamu karena terlalu murah hati.

Mereka akan terus mendekatimu karena kamu rela memberikan apa pun pada orang lain, mulai dari waktu, bantuan, perhatian, hingga materi. Bahkan mungkin mereka akan secara terang-terangan menuntut kamu melakukan ini dan itu hingga kamu merasa terganggu.

Baca Juga: 5 Cara Menjadi Pribadi yang Gak Mudah Dimanfaatkan Orang Lain 

3. Kamu adalah orang yang easygoing

5 Penyebab Kamu Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Sering Gini? glamour.co.za

Mayoritas orang suka berada di sekitar orang yang easygoing atau mudah bergaul. Sebab, orang yang mudah bergaul umumnya mampu beradaptasi di situasi apa pun dan membuat orang lain nyaman bahkan terhibur. Orang yang easygoing juga cenderung tidak agresif, sabar, dan baik hati.

Sayangnya, sifat-sifat tersebut tidak hanya membuat kamu dikelilingi banyak sahabat tapi juga orang-orang yang ingin memanfaatkanmu. Mereka mungkin akan menjadikanmu sasaran empuk untuk dikendalikan dan selalu membantu mereka.

4. Kamu tetap mempertahankan persahabatan dengan orang-orang beracun

5 Penyebab Kamu Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Sering Gini? Unsplash.com/Mimi Thian

Toleransi adalah karakter yang baik karena dapat membuatmu berteman dengan orang-orang dari berbagai kalangan dan selalu memandang positif orang lain. Saking positifnya, terkadang saat kamu mendapati sisi negatif dari orang lain kamu tetap berusaha untuk menganggap wajar sikap tersebut dan menerimanya. Bahkan kamu tetap mempertahankan persahabatan dengan orang-orang tersebut.

Kalau seperti itu, jangan heran jika kamu terus didekati orang yang ingin memanfaatkanmu. Sebab mereka tahu, tak peduli seperti apa sikap mereka padamu, kamu tetap akan berbuat baik pada mereka.

5. Kamu selalu meminta maaf untuk setiap hal 

5 Penyebab Kamu Mudah Dimanfaatkan Orang Lain, Sering Gini? thedistilledman.com

Mengakui kesalahan dan meminta maaf adalah perbuatan yang mulia, akan tetapi tidak demikian jika kamu terus menerus meminta maaf. Sebab, melansir dari laman The Ladders, terlalu banyak meminta maaf justru menunjukkan kegelisahan atau kecemasanmu akan suatu hal. Jadi, jika kamu selalu meminta maaf hanya untuk 'menjaga kedamaian', maka hal ini hanya akan membuat orang-orang tidak menghormatimu. Untuk itu, berhentilah meminta maaf, kecuali memang diperlukan.

Tidak masalah jika kamu ingin menjadi individu yang bisa memberikan manfaat sebanyak-banyaknya bagi orang lain. Akan tetapi, jauh lebih baik jika kebaikanmu tersebut membuatmu dikelilingi orang-orang yang menyayangimu, bukannya orang-orang yang ingin memanfaatkan kamu saja. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu hati-hati dan bersikap tegas terhadap orang-orang yang ingin memanfaatkanmu.

Baca Juga: Yakin Kamu Gak Mudah Dimanfaatkan oleh Teman-temanmu?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya