Comscore Tracker

5 Strategi Jitu Meningkatkan Kesabaran, biar Hati Lebih Tenang

Harus dilatih secara konsisten!

Saat ini, kita banyak ditawari dengan segala sesuatu yang instan, seperti makanan cepat saji, pesan antar makanan, komunikasi dengan teknologi, dan masih banyak lagi yang seolah memaksa kita untuk bergerak lebih cepat.

Akibatnya, banyak dari kita yang semakin jauh dari bersabar. Padahal, kesabaran adalah pondasi penting dari banyak hal baik dalam hidup, seperti kurangnya stres, pikiran yang lebih jernih, hati yang lebih tenang, dan meningkatnya kebahagiaan.

Kabar baiknya, kesabaran adalah hal yang bisa didapatkan dengan berlatih. Berikut adalah beberapa strategi untuk meningkatkan kesabaran yang dirangkum dari laman Inc dan Cleveland Clinic.

1. Terapkan mindfulness dalam setiap aktivitas

5 Strategi Jitu Meningkatkan Kesabaran, biar Hati Lebih Tenangilustrasi laki-laki sedang bekerja (pexels.com/Ivan Samkov)

Kebanyakan orang memikirkan beberapa tugas yang harus mereka kerjakan di kepala mereka, dan pikiran mereka sering melompat dari satu tugas ke tugas lain tanpa meluangkan waktu untuk benar-benar fokus menyelesaikan satu tugas terlebih dahulu. Aktivitas dan pikiran kita sering terinterupsi saat kita mencoba melakukan banyak tugas dan membuat frustrasi ketika kita merasa tidak membuat kemajuan.

Kita perlu melatih pikiran, salah satunya dengan menuliskan apa yang membuat kita tidak sabar. Ini akan membantu kamu terbiasa pelan-pelan dan fokus pada satu tugas pada satu waktu dan menghilangkan hal-hal yang membuat kamu stres.

2. Jadilah pendengar yang baik

5 Strategi Jitu Meningkatkan Kesabaran, biar Hati Lebih Tenangilustrasi dua orang sedang berdiskusi (pexels.com/Tirachard Kumtanom

Sulit untuk mendengarkan orang lain ketika kamu tidak memiliki kesabaran. Ketika kamu terbiasa berpindah dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya, maka diam dan mendengarkan orang lain akan menjadi sangat sulit.

Ketika kita tidak sabar saat orang lain sedang berbicara, kita akan sering memotong apa yang ia katakan. Jadi, mendengarkan orang lain bisa menjadi latihan untuk meningkatkan kesabaran. Selain itu, berikan jeda setelah seseorang berhenti berbicara dan luangkan waktu untuk menginternalisasi apa yang ia katakan. Ini akan membantu memperlambat seluruh percakapan.

Baca Juga: 5 Tanda Kesabaran Kamu Memang sedang Diuji, Jangan Mengeluh?

3. Berlatih mengurangi stres

5 Strategi Jitu Meningkatkan Kesabaran, biar Hati Lebih Tenangilustrasi perempuan sedang meditasi (pexels.com/cottonbro)

Stres dan ketidaksabaran berjalan beriringan. Jadi, apabila kamu ingin menjadi pribadi yang lebih sabar, kamu harus belajar mengelola stres. Artinya, kamu perlu mengadopsi teknik manajemen stres secara teratur yang mengurangi tingkat stres secara keseluruhan.

Perhatikan kembali hal-hal seperti, aktivitas fisik, tidur cukup, dan menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan. Kamu juga harus mengembangkan strategi untuk mengelola stres dalam waktu tertentu. Teknik pernapasan, latihan relaksasi mental, dan kemampuan untuk menjauh dari situasi stres adalah semua praktik yang bermanfaat.

4. Ambil pandangan panjang saat mengambil keputusan

5 Strategi Jitu Meningkatkan Kesabaran, biar Hati Lebih Tenangilustrasi seseorang sedang berpikir (pexels.com/Athena)

Di dalam hidup, kita dihadapkan dengan keharusan untuk membuat keputusan, entah itu besar ataupun kecil. Keseharian yang begitu dinamis sering kali membuat kita terobsesi dengan pandangan jangka pendek dan selalu merasa harus bisa membuat keputusan yang cepat. Padahal, itu memaksa kita membuat keputusan yang buruk.

Mulai saat ini, selalu luangkan waktu untuk memikirkan dampak jangka panjang dari keputusanmu. Ajukan pertanyaan kepada diri sendiri seputar apa dampak dari keputusan yang kamu ambil. Tidak ada orang yang memiliki perkiraan yang akurat, tetapi mengambil pandangan jangka panjang membantu kita menjadi lebih sabar.

5. Buat dirimu menunggu

5 Strategi Jitu Meningkatkan Kesabaran, biar Hati Lebih Tenangilustrasi menunggu (pexels.com/Quốc Bảo)

Cara terbaik untuk melatih kesabaran adalah dengan membuat dirimu sendiri terbiasa menunggu. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Science menunjukkan bahwa menunggu sesuatu sebenarnya membuat kita lebih bahagia dalam jangka panjang.

Mulailah dengan sesuatu yang kecil, seperti me-recharge smartphone kamu sampai benar-benar penuh sebelum menggunakannya, mengunyah makanan sampai selesai sebelum kembali menyendok makanan lagi. Teruslah beralih ke sesuatu yang lebih besar. Dengan demikian, kamu akan mulai mendapatkan lebih banyak kesabaran karena terbiasa berlatih.

 

Sudah saatnya kita semua menjadi lebih santai dan terus meningkatkan kesabaran. Ini akan mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan. Jadi, selamat mencoba tips di atas!

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Menunjukkan bahwa Kamu Punya Kesabaran Ekstra

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya