Comscore Tracker

5 Tanda Orang Jujur dan Dapat Dipercaya, Pahami agar Tak Tertipu

Kamu termasuk gak, nih?

Jika membahas tentang kejujuran, kebanyakan orang berpikir bahwa jujur berarti selalu mengatakan yang sebenarnya. Namun, kejujuran memiliki arti yang lebih luas dari itu. Jujur juga berarti selalu bersikap adil dan tidak mengambil keuntungan dari orang lain.

Sangat menyenangkan tentunya menghabiskan waktu bersama seseorang yang jujur. Sebab, bersama dengannya, kamu bisa mempercayai apa yang kamu dengar dan lihat pada orang tersebut. Sekarang pertanyaannya, seperti apakah orang yang jujur dan bisa dipercaya itu? Di sini, kita akan membahas beberapa ciri orang jujur ​​dan bisa dipercaya.

1. Konsisten dalam bersikap

5 Tanda Orang Jujur dan Dapat Dipercaya, Pahami agar Tak Tertipuilustrasi beberapa orang sedang berbicara (pexels.com/fauxels)

Orang yang dapat dipercaya akan menunjukkan perilaku dan bahasa yang kurang lebih sama dalam situasi apa pun. Ini karena orang jujur memiliki kendali diri untuk mempertahankan karakter. 

Mereka tidak akan berpura-pura dalam berbicara atau bersikap hanya demi membuat orang lain terkesan. Bagi orang yang jujur, lebih baik mengatakan dan melakukan sesuatu yang tidak nyaman, tapi benar apa adanya daripada berpura-pura.

2. Memiliki pertemanan yang dekat

5 Tanda Orang Jujur dan Dapat Dipercaya, Pahami agar Tak Tertipuilustrasi teman (pexels.com/Elly Fairytale)

Orang-orang yang jujur ​​sering memiliki pertemanan yang dekat dan langgeng. Alasannya jelas, mereka terbiasa berbicara dengan jujur ​​dan menjauhi omong kosong. Orang seperti ini juga tidak akan bersenang-senang di atas masalah orang lain.

Dengan demikian, tak mengherankan jika orang terdekatnya merasa aman saat bersamanya. Ini karena mereka tahu bahwa seorang teman yang jujur ​​tidak akan mengkhianati mereka dan berusaha menghadapi masalah secara langsung.

3. Dipercaya oleh orang di sekitarnya

5 Tanda Orang Jujur dan Dapat Dipercaya, Pahami agar Tak Tertipuilustrasi beberapa orang sedang berbicara (pexels.com/ELEVATE)

Di luar sana, banyak orang akan berbohong dan berbicara seperti apa yang ingin kamu dengar. Mereka melakukan ini agar kamu tidak merasa terluka. Padahal, ada banyak momen di mana kita perlu mendengar kebenaran, bukannya dihibur dengan kebohongan.

Orang yang sudah jelas reputasi kejujurannya akan sering dimintai bantuan dan pendapat oleh orang-orang di sekitarnya. Ini karena mereka mengetahui bahwa orang yang jujur dapat diandalkan untuk mendapatkan nasihat yang benar dan objektif.

Orang yang jujur akan mengatakan apa yang benar-benar perlu didengar individu karena mereka tahu bahwa yang seperti ini selalu lebih baik bagi semua orang dalam jangka panjang.

Baca Juga: 5 Alasan Kejujuran adalah Dasar dari Segala Jenis Hubungan

4. Tidak pernah menyalahkan orang lain

5 Tanda Orang Jujur dan Dapat Dipercaya, Pahami agar Tak Tertipuilustrasi dua orang sedang bekerja (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Setiap orang punya kesempatan untuk melakukan hal yang benar, tetapi tidak semua orang melakukannya. Sementara, bagi orang yang jujur, mereka senantiasa bertanggung jawab atas tindakan mereka. Mereka juga tidak pernah mencoba menyalahkan orang lain. 

Mereka yang jujur selalu memperhatikan kepentingan terbaik satu sama lain. Karenanya, mereka dapat dipercaya dan diandalkan dalam segala situasi serta tidak akan menyalahkan siapa pun jika hal-hal tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan.

5. Selalu menepati janji

5 Tanda Orang Jujur dan Dapat Dipercaya, Pahami agar Tak Tertipuilustrasi dua orang sedang berbicara (pexels.com/Keira Burton)

Banyak orang dengan enteng membuat janji kepada orang lain, lalu mengingkarinya tanpa merasa bersalah. Sementara, orang yang jujur selalu melakukan apa yang mereka katakan, tidak peduli betapa sulitnya hal tersebut. Dengan demikian, mereka selalu memegang kata-kata dan menepati janji yang telah mereka buat.

Janji adalah salah satu hal paling suci bagi orang jujur. Ini bukan hanya karena janji dapat menjaga integritas, tetapi juga karena mereka ingin membentuk hubungan yang bermakna dengan orang lain dan tidak ingin mengecewakan orang-orang yang telah diberi janji.

Memang menyenangkan memiliki teman yang jujur dan dapat dipercaya. Namun, sebelum bersusah payah menemukan orang yang jujur di sekitarmu, tanyakan pada diri sendiri, apakah kamu sudah memiliki sifat yang jujur dan dapat dipercaya?

Kejujuran dimulai dari sendiri, jika kamu tidak bisa bersikap apa adanya, lalu bagaimana kamu bisa berharap orang lain selalu jujur ​​kepadamu? Yuk, mulai renungkan hal ini.

Baca Juga: 5 Cara Buktikan Ketulusan ke Pasangan, Kamu Harus Jaga Kejujuran!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya