Comscore Tracker

6 Desain Interior Ini Buktikan Warna Netral Gak Bikin Bosen

Dengan penataan yang tepat, warna netral bisa jadi menawan!

Artikel ini merupakan kerja sama dengan Dekoruma

Gak bisa dipungkiri, desain interior modern minimalis, Skandinavia, dan Mid-century Modern, masih jadi primadona di rumah-rumah masa kini. Ketiganya juga identik dengan penggunaan warna-warna netral yang sesuai dengan bahasa desain masing-masing genre. Tanpa desain dan penataan ruangan yang tepat, penggunaan warna netral memang berisiko untuk jadi membosankan. 

Banyak elemen desain yang perlu dipikirkan dan diperhatikan sebelum melakukan eksekusi desain interior dengan warna netral. Salah langkah bisa membuat ruangan tampak dingin, mati, dan pastinya membosankan. Untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang menyebabkan kamu tidak menikmati saat-saat di rumah sendiri, Dekoruma punya enam referensi yang nunjukin kalau dengan cara yang tepat, warna netral gak akan bikin bosan. 

1. Dekorasi pendukung warna netral

6 Desain Interior Ini Buktikan Warna Netral Gak Bikin BosenDok. apartmenttheraphy.com

Elemen dekorasi berperan penting untuk meningkatkan suasana ruangan dengan warna-warna netral. Tambahkan ornamen-ornamen atau furnitur yang stand out. Lampu gantung dengan desain abstrak, lukisan-lukisan besar dengan warna-warna yang cerah, karpet motif Maroko sebagai aksen di lantai, atau vas bunga besar yang diisi bunga kesukaanmu di tengah meja makan. Pastinya, aksen-aksen ini akan memberikan sesuatu yang baru dan lebih segar secara visual dan membuat ruangan dengan warna netral tidak membosankan. 

Baca Juga: Bingung Menata Rumah? Simak 5 Inspirasi Desain Interior versi Dekoruma

2. Formula warna netral plus satu warna terang

6 Desain Interior Ini Buktikan Warna Netral Gak Bikin BosenDok. freshome.com

Salah satu langkah paling sederhana untuk menciptakan interior netral yang lebih atraktif adalah dengan memberikan satu warna yang terang dan menarik mata. Mudahnya, gunakan satu warna terang saja yang sangat kontras dengan palet warna netral dalam satu ruangan. 

Misalnya, kursi makan yang berwarna oranye dengan bingkai kursi yang terbuat dari kayu berwarna muda, tirai warna ungu yang disejajarkan dengan bingkai jendela warna putih, dan masih banyak lagi. Jika sudah terbiasa dan tahu gaya yang sesuai, kamu juga bisa menambahkan lebih dari satu warna cerah untuk hunianmu.

3. Maksimalkan pola dan tekstur

6 Desain Interior Ini Buktikan Warna Netral Gak Bikin BosenDok. nonagon.style

Bila kamu benar-benar ingin menggunakan warna-warna netral saja, salah satu cara untuk menghindari desain ruangan yang membosankan adalah penggunaan pola dan tekstur untuk furnitur-furnitur di dalam ruangan. Lantai dengan pola mosaik, lapisan marmer untuk coffee table dan konter dapur, kayu dengan serat-serat yang kompleks untuk furnitur berbahan dasar kayu, atau panel dinding motif kotak-kotak yang seragam. 

4. Berikan sentuhan alami dan etnik

6 Desain Interior Ini Buktikan Warna Netral Gak Bikin BosenDok. idealhome.co.uk

Selain tanaman dan unsur kayu pada furnitur, langkah ini bisa dilakukan dengan menggunakan furnitur berbahan dasar rotan sebagai aksen ruangan. Rotan yang punya tekstur ramai dan warna yang alami bisa menjadi kontras yang apik untuk mendukung warna-warna netral yang ada di sebuah ruangan. Furnitur dari rotan saat ini juga sudah punya desain dan bentuk yang modern, membuatnya jadi perpaduan yang pas antara desain modern dan elemen tradisional. 

5. Membingkai ruangan dengan jendela besar

6 Desain Interior Ini Buktikan Warna Netral Gak Bikin BosenDok. mydomaine.com

Tidak hanya dengan penggunaan furnitur, permainan warna, dan pola, menghadirkan jendela besar dengan bingkai keren juga bisa bikin ruangan dengan tema netral tidak membosankan. Biarkan jendela membingkai ruangan dan membawa cahaya matahari masuk. Pemandangan di luar yang bagus juga bisa menambah sisi menarik ruangan dan membuatnya jadi tidak membosankan. 

Dengan langkah-langkah ini, kamu bisa menikmati estetika dari desain modern dengan warna netral dan tidak perlu takut ruanganmu menjadi membosankan dan tidak menarik untuk dilihat dan ditempati. Tinggal di rumah pun jadi lebih menyenangkan dan melakukan ragam kegiatan bersama keluarga.

Baca Juga: Untuk Kamar yang Sempit, 8 Desain Lemari Ini Bisa Jadi Inspirasi

Topic:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya