Comscore Tracker

7 Fakta Rambut Ini Jarang Diketahui Orang, Ada Warna yang Langka

Zaman dulu rambut jadi simbol kekayaan

Rambut merupakan cerminan kepribadian yang dimiliki oleh seseorang. Ahli Membaca Wajah dan Penulis The Wisdom of Your Face, Jean Harner, mengatakan bahwa tidak hanya bentuk wajah saja yang dapat memberi tahu, satu atau dua hal yang ada pada diri seseorang, namun juga gaya rambutnya.

Bahkan sejak zaman dahulu, rambut memainkan peran penting dalam kepercayaan diri dan citra diri seseorang lho. Seperti di zaman kekaisaran Yunani dan Romawi, yang menganggap wig rinci sebagai simbol kekayaan dan status di masyarakat.

Jika di zaman kekaisaran Yunani dan Romawi, rambut dianggap sebagai simbol kekayaan dan status di masyarakat, maka di zaman sekarang ini, rambut dianggap sebagai cerminan kepribadian seseorang, dan penampilan yang harus dijaga agar selalu terlihat menarik.

Di balik peranannya yang sangat penting dalam hal penampilan, ternyata rambut memiliki beberapa fakta unik yang masih jarang diketahui orang lho hingga sampai saat ini. Penasaran fakta unik apa saja yang dimiliki oleh rambut? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Rambut tumbuh sedikit lebih cepat di iklim hangat

7 Fakta Rambut Ini Jarang Diketahui Orang, Ada Warna yang Langkanewsnation.in

Fakta unik pertama dari rambut, adalah bahwa rambut dapat tumbuh lebih cepat di iklim hangat. Hal tersebut dapat terjadi karena panas merangsang sirkulasi darah dalam tubuh, termasuk sirkulasi darah di kulit kepala, sehingga mendorong pertumbuhan rambut.

2. Rambut tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi jenis kelamin seseorang

7 Fakta Rambut Ini Jarang Diketahui Orang, Ada Warna yang Langkalearnopencv.com

Meski rambut dikenal mampu untuk dijadikan bukti tes forensik, namun ternyata rambut tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi jenis kelamin seseorang. Hal tersebut terjadi karena rambut pria dan wanita memiliki struktur dan pertumbuhan rambut yang identik, sehingga sangat sulit untuk dibedakan.

3. Rambut berwarna merah merupakan warna rambut yang paling langka di dunia

7 Fakta Rambut Ini Jarang Diketahui Orang, Ada Warna yang Langkasadekadinlar.com

Warna rambut berwarna hitam, merupakan warna rambut yang paling banyak dimiliki oleh populasi manusia di dunia. Nah, untuk warna rambut yang paling langka, yaitu rambut berwarna merah. Populasi manusia yang memiliki rambut berwarna merah hanya ada 1% saja lho. Wah, sedikit sekali ya?

4. Memotong rambut tidak akan mempengaruhi kecepatan pertumbuhannya

7 Fakta Rambut Ini Jarang Diketahui Orang, Ada Warna yang Langkadayhoccattoc.edu.vn

Meski banyak orang mengatakan jika memotong rambut akan membuat rambut lebih cepat panjang, sebenarnya hanyalah mitos saja. Faktanya, memotong rambut tidak akan mempengaruhi kecepatan pertumbuhan rambut. Namun, jika rambutmu bercabang, sebaiknya kamu memotongnya, karena rambut bercabang dapat menghentikan pertumbuhan rambut.

Baca Juga: 10 Transformasi Gaya Rambut Awkarin, Selalu Curi Perhatian 

5. Rambut yang kamu lihat adalah rambut yang sudah mati

7 Fakta Rambut Ini Jarang Diketahui Orang, Ada Warna yang Langkafirstforwomen.com

Nah, ini dia fakta paling unik dari rambut yaitu rambut yang kamu lihat adalah rambut yang sudah mati. Padahal yang sering kamu perhatikan adalah rambut yang ada di luar, yang selalu berusaha dijaga dengan baik. Satu-satunya rambut yang masih hidup adalah rambut yang berada di dalam epidermis kulit kepala kamu.

6. Sebagian besar rambut terbuat dari keratin

7 Fakta Rambut Ini Jarang Diketahui Orang, Ada Warna yang Langkamaneimagehair.com

Ternyata, rambut yang kamu miliki sebagian besar terbuat dari keratin lho. Yakni protein yang ada pada lapisan luar kulit dan kuku kamu. Lebih mengejutkan lagi, ternyata keratin juga membentuk kuku, cakar, dan bulu hewan.

7. Helai rambut yang basah dapat meregang hingga 30 cm dari panjang aslinya

7 Fakta Rambut Ini Jarang Diketahui Orang, Ada Warna yang Langkaprose.com

Pernah kah kamu berpikiran, mengapa rambut yang masih basah akan terlihat panjang dari aslinya, dan akan kembali menyusut setelah dikeringkan? Ternyata hal tersebut terjadi, karena rambut dalam kondisi basah bisa meregang hingga 30 cm dari panjang aslinya, namun setelah kering, maka panjang rambut tersebut akan kembali seperti aslinya.

Nah, itulah 7 fakta unik dari rambut yang jarang diketahui orang. Wah, ternyata rambut memiliki banyak fakta unik yang sangat mengejutkan.

Baca Juga: 8 Inspirasi Gaya Rambut Kai Masterchef, Kece dan Kekinian Banget!

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You