Comscore Tracker

5 Masjid Bergaya Tiongkok, Mampir Yuk!

Unik banget...

Bangunan masjid gak selalu bergaya Timur Tengah, tapi beberapa masjid di Indonesia justru bergaya Tiongkok. Hal ini dipengaruhi karena adanya akulturasi antara Tiongkok dan Islam. Kamu bisa menemukannya di beberapa kota di Indonesia. Berikut contohnya:

1. Masjid Cheng Ho, Surabaya, Jawa Timur.

5 Masjid Bergaya Tiongkok, Mampir Yuk!wego.co.id

Masjid Cheng Ho berlokasi di Jalan Gading No. 2, Ketabang, Genteng. Masjid ini memakan waktu pembangunan selama satu tahun dan selesai sepenuhnya pada Oktober 2002. Selain arsitektur Tiongkok, masjid ini juga memadukan arsitektur Arab dan Jawa. Berdirinya Masjid Cheng Ho tidak lepas dari sejarah perjalanan Laksamana Cheng Ho ke nusantara. Selain di Surabaya, Masjid Cheng Ho juga berdiri di beberapa kota di Indonesia, seperti Jember, Palembang, dan Makassar.

2. Masjid Al-Imtizaj, Bandung, Jawa Barat.

5 Masjid Bergaya Tiongkok, Mampir Yuk!Liputan6.com

Bila melihat sepintas, bangunan Masjid Al-Imtizaj lebih terlihat seperti kelenteng dibandingkan masjid. Masjid yang berlokasi di Jalan ABC No. 8, Banceuy, Bandung, ini resmi dibuka untuk umum pada 6 Agustus 2010. Arsitektur bangunan masjid ini sangat kental dengan nuansa Tiongkok, salah satunya terlihat dari penggunaan warna kuning, emas, dan merah yang dianggap sebagai warna kemakmuran dalam budaya Tiongkok.

3. Masjid Jami Angke, Jakarta Barat.

5 Masjid Bergaya Tiongkok, Mampir Yuk!jakarta-tourism.go.id

Masjid Angke dibangun pada 2 April 1761 Masehi oleh seorang wanita keturunan Tionghoa Muslim dari Tartar bernama Ny. Tan Nio yang memiliki suami orang Banten. Sejarah masjid ini ada kaitannya dengan Gubernur Jenderal Adrian Valckenier (1737-1741). Terletak di Gang Masjid No. 1, Kampung Rawa Bebek, Angke, masjid ini mendapat sentuhan gaya oriental pada bagian atapnya. 

Baca juga: 7 Masjid di Yogya Ini Bikin Salat Tarawih Kamu Lebih Khidmat

4. Masjid Tan Kok Liong, Bogor, Jawa Barat.

5 Masjid Bergaya Tiongkok, Mampir Yuk!viva.co.id

Masjid Tan Kok Liong didirikan pada tahun 2005 oleh Anton Medan. Berlokasi di kawasan Cibinong, Bogor, arsitektur Tiongkok pada bangunan masjid begitu kental terasa. Atapnya yang berbentuk pagoda ditambah lampion-lampion di sisi kiri dan kanan masjid sangat mencirikan gaya bangunan Tiongkok.

5. Masjid Al-Mahdi, Magelang, Jawa Tengah.

5 Masjid Bergaya Tiongkok, Mampir Yuk!analisadaily.com

Satu lagi masjid bernuansa Tiongkok di Indonesia, yakni Masjid Al-Mahdi. Masjid yang terletak di dalam kompleks perumahan Armada Estate, Magelang Utara, ini baru diresmikan pada April 2017. Selain menarik perhatian karena arsitekturnya yang unik, masjid ini juga menarik minat warga sekitar dengan kegiatan-kegiatan yang diadakan, seperti kajian ilmu fiqih dan kegiatan belajar Al-Qur'an bagi anak-anak.

Baca juga: 7 Masjid Paling Indah di Indonesia

Emilia Kurniasari Photo Community Writer Emilia Kurniasari

Always love writing ~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dewi Suci

Just For You