Comscore Tracker

Bermakna Dalam, 7 Lagu Korea Ini Mengangkat Isu Kesehatan Mental

Depresi bukan hal yang bisa kamu anggap remeh

Meski terlihat hidup mewah dan bergelimang ketenaran, banyak sekali para selebriti yang ternyata menghadapi isu kesehatan mental. Gak sedikit dari mereka yang mengalami depresi karena tuntutan pekerjaan atau bisa saja karena tidak tahan dengan hujatan para pembenci. Apalagi di dalam industri Korea dimana mereka dituntut untuk selalu tampil sempurna.

Namun, namanya juga manusia yang memiliki hati dan nurani, tentu kata-kata setajam atau sepedas apapun pasti bisa menyakiti hati mereka. Terkadang hal yang terdengar sepele pun bisa membuat mereka depresi.

Seperti yang diungkapkan para musisi Korea ini di dalam lagunya yang mengangkat isu kesehatan mental. Lagu apa saja sih? Yuk simak di bawah ini.

1. I'm OK - iKON

https://www.youtube.com/embed/yqszm7AnX-4

I don't want to hear any hopeful words
I can hardly fall asleep because the reality is to difficult to handle
I tried to find things that can fill me up, which eventually turns out to be drinks

iKON baru saja mengeluarkan comeback album mereka yang berjudul New Kids Repackage: The New Kids di tanggal 7 Januari Kemarin, bersamaan dengan dikeluarkannya MV I'm OK.

Lagu I'm OK sendiri menceritakan tentang depresi yang diderita seseorang, namun orang tersebut mencoba untuk tidak dikasihi. Lirik lagu ini juga sangat emosional, ditambah dengan nuansa kelam MV yang didominasi warna hitam dan merah.

2. The Last - Agust D

https://www.youtube.com/embed/RmAobg73D5g

On the other side of the famous idol rapper
Stands my weak self, it’s a bit dangerous
Depression, OCD
They keep coming back again from time to time

Suga BTS memang dikenal sebagai rapper berbakat. Dalam salah satu proyek solonya, Agust D, Suga kebanyakan bercerita tentang masa lalunya yang gak jauh dari kesehatan mental seperti Depresi, OCD, dan Anxiety. Hal ini menujukkan bahwa menjadi seorang idol bukan berarti kamu hidup bebas di bawah ketenaran.

3. Runaway - Bobby iKON

https://www.youtube.com/embed/_MKJY4vAc5o

I’m tired of everything now
So I get mad at the smallest things
I’m on my way home alone and it’s noisy
But it’s only laughter that has nothing to do with me
So I keep my head low

Bobby mengangkat isu kesehatan mental dalam lagunya yang bertajuk Runaway. Dirilis bulan September 2017 lalu, Runaway menceritakan tentang depresi berat yang dialami oleh seseorang.

Di mana orang itu ingin sekali berlari dari kenyataan. Depresi termasuk hal yang serius lho. Banyak sekali orang yang mengakhiri hidupnya karena depresi.

Baca Juga: 8 Alasan Cewek Pilih Jomblo yang Tersirat di Lagu Jennie ‘SOLO’

4. Loser - BIGBANG

https://www.youtube.com/embed/1CTced9CMMk

At some point
I've gotten scared of people's eyes
I'm sick of crying so I tried smiling
But no one recognizes me. I'm a loser, loner

BIGBANG juga pernah merilis lagu bertema mental ilness dalam album Made pada tahun 2016 lalu. Loser bercerita tentang seseorang yang selalu berpura-pura tegar padahal hidupnya diisi dengan kesepian.

Permasalahan seperti ini sangat biasa kita temui. Banyak orang yang di kesehariannya selalu tersenyum padahal dirinya sedang menyimpan kesedihan.

5. Always - RM BTS

https://www.youtube.com/embed/W__GfGGiNOo

One morning, I opened my eyes
And wished I was dead
I want someone to kill me
In this loud silence
I live to understand the world
But the world has never understood me

RM BTS terkenal dengan kemampuannya menulis lirik lagu yang bermakna dalam. Seperti di lagunya yang berjudul Always. RM menggambarkan bahwa kesehatan mental bisa menyebabkan seseorang berniat untuk bunuh diri. Terlebih lagi jika mereka tidak mendapatkan dukungan yang dibutuhkan dari orang terdekat.

6. Breathe - Lee Hi

https://www.youtube.com/embed/5iSlfF8TQ9k

From other’s eyes, 
it might look like a sigh that lets people down
But I know
that you spent a hard day to let out even a small sigh
Don’t think anything else now
Take a deep breath
and breathe it out

Lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi cantik Lee Hi ini ditulis oleh mendiang Jonghyun SHINee. Breathe bercerita orang yang mengalami depresi namun mereka menemukan kesulitan untuk memberitahu orang lain mengenai apa yang dirasakannya. Sehingga sebisa mungkin ia menyembunyikan rasa sakitnya. Lirik lagu Breathe memang memiliki makna yang sangat dalam.

7. Let Me Out - Jonghyun SHINee

https://www.youtube.com/embed/TFK_T3yhzk0

Someone please hold me, I’m exhausted from this world
Someone please wipe me, I’m drenched with tears
Someone please notice my struggles first
Please acknowledge the poor me
Please help me

Mendiang Jonghyun SHINee dikabarkan meninggal karena depresi akibat tekanan yang ia peroleh. Sebelumnya, Jonghyun juga dikenal seringkali menciptakan lagu yang menangkat isu kesehatan mental. Salah satunya berjudul Let Me Out. Lagu ini sendiri bercerita tentang depresi yang diderita seseorang setelah kehilangan salah satu orang yang ia sayangi.

Nah, itulah 7 Lagu Korea yang mengangkat isu kesehatan mental. Perlu kamu garis bawahi bahwa depresi bisa dialami oleh siapapun, bahkan mereka yang tampak luarnya selalu ceria bisa mengalami depresi. Jadi, sudahkah kamu menanyakan keadaan orang terdekatmu?

Baca Juga: Bikin Baper! Ini 10 Lagu Queen yang Paling Emosional

Emma Kaes Photo Community Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You