Comscore Tracker

5 Cara Mengontrol Kembali Hidupmu Ketika Diterpa Banyak Masalah

Yakinkan dirimu bahwa kamu bisa

Hidup memang terkadang terasa berat. Apalagi jika kamu sedang menghadapi masalah yang datang silih berganti. Rasanya seperti hidupmu sudah tidak dapat dikontrol lagi karena banyaknya masalah tersebut. Bahkan sampai ada beberapa kali kamu merasa ingin menyerah saat itu juga. Kamu beranggapan masalahmu sudah tidak dapat terselesaikan lagi.

Jika kamu merasa demikian, kamu tentu salah besar. Karena setiap masalah pasti terdapat jalan keluarnya. Jangan pernah menyerah terhadap keadaan. Lebih baik praktikkan lima cara di untuk kembali mengontrol hidupmu di bawah ini.

1. Katakan pada diri sendiri jika kamu bisa mengatasinya

5 Cara Mengontrol Kembali Hidupmu Ketika Diterpa Banyak Masalahpixabay.com/nastya_gapp

Ketika kamu meragukan diri sendiri, cobalah untuk meyakinkan dirimu bahwa kamu bisa mengatasi masalahmu. Tidak peduli seberat apapun itu karena kamu memang mampu. Meskipun rasanya dunia dan seisinya berusaha untuk menentangmu, namun dengan semangatmu itu kamu dapat menaklukkannya. 

Jadi, jangan pernah berpikir jika kamu tidak mampu mengatasi masalahmu sendiri. Karena jika kamu berpikir demikian, biasanya sensor-sensor di otak cenderung merespon hal tersebut. Sehingga kamu yang awalnya mampu berubah menjadi tidak mampu untuk mengatasinya.

2. Jangan berekspektasi terlalu tinggi

5 Cara Mengontrol Kembali Hidupmu Ketika Diterpa Banyak Masalahpixabay.com/pexels

Untuk meminimalisir tingkat stres yang kamu alami, sebaiknya jangan meninggikan ekspektasimu. Karena apapun rencanamu yang tidak sesuai ekspetasi malah akan membuatmu tambah terbebani. Berusahalah untuk bersikap legowo. Jika mimpimu belum tercapai, anggap saja hal tersebut kesuksesan yang tertunda.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 9 Masalah yang Sering Dihadapi Orang Ekstrovert

3. Selalu ingat bahwa wajar untuk merasa kecewa

5 Cara Mengontrol Kembali Hidupmu Ketika Diterpa Banyak Masalahpixabay.com/pexels

Seringkali kita kecewa terhadap sesuatu. Entah kecewa pada hidup yang kita jalani ataupun kecewa pada pilihan kita. Perasaan kecewa tersebut biasanya dapat memicu stres dan merasa tidak berguna.

Wajar memang untuk merasa kecewa maupun sedih. Asalkan kamu tidak larut-larut dalam perasaan tersebut. Karena hidup masih harus berlanjut. Ending bahagia masih menunggumu di penghujung cerita.

4. Praktikkan self-care setiap hari

5 Cara Mengontrol Kembali Hidupmu Ketika Diterpa Banyak Masalahpixabay.com/rodellmeiling

Self-care dapat membantumu untuk menyeimbangkan hidupmu, apalagi di masa-masa sulit seperti sekarang ini. Memang sudah seharusnya orang yang paling peduli terhadapmu adalah dirimu sendiri. Sehingga kamu tidak akan dikecewakan oleh orang lain.

Cobalah untuk lebih memperhatikan kesehatanmu dan juga kebutuhanmu. Jangan sampai kamu melupakan hal krusial yakni nutrisi untuk tubuhmu dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dan sebaik mungkin hindari alkohol dan kafein yang berlebihan.

5. Hindari sesuatu yang membuatmu merasa stres

5 Cara Mengontrol Kembali Hidupmu Ketika Diterpa Banyak Masalahpixabay.com/jetshoots.com

Stres dapat menyerang siapa saja meskipun mereka terlihat bahagia, karena kamu hanya melihat dari luarnya saja. Banyak sekali pemicu stres yang seharusnya dihindari, yakni orang-orang yang cenderung toxic serta lingkungan yang membuatmu merasa tidak nyaman.

Saat stres melanda, kamu bisa beristirahat sejenak dan me-refreshing otakmu. Jangan sampai perfeksionismu membuatmu menjadi tambah depresi. Jadi, tidak ada salahnya untuk rehat sejenak demi kesehatan mentalmu. 

Nah, itulah lima cara untuk mengontrol kembali hidupmu ketika masalah sedang melanda. Yuk, semangat dan dan jangan pernah menyerah terhadap keadaan.

Baca Juga: Jangan Tertekan, Hadapi Momen Stressmu dengan 5 Tips Ini

Emma Kaes Photo Community Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You