Comscore Tracker

7 Kelebihan Orang INTJ yang Harus Kamu Tahu

Mereka terkenal cerdas dan unik

Dari 16 kepribadian yang dikembangkan oleh Myers-Briggs, INTJ adalah salah satu kepribadian terlangka dengan populasi sekitar 1 sampai 2 persen dari penduduk dunia. Nggak heran jika orang berkepribadian INTJ seringkali merasa seperti seorang alien di bumi. Tipe INTJ sendiri juga seringkali digunakan sebagai tokoh antagonis dalam cerita karena paham pragmatis yang dianutnya.

Dari kejauhan, INTJ mungkin terlihat dingin dan tidak ramah. Namun dari dalam, mereka sendiri kesulitan memahami kepribadian mereka dibandingkan dengan yang lain. Jika kamu dalam situasi seperti ini, berikut adalah beberapa kelebihan yang kamu miliki sebagai seorang INTJ.

1. Pekerja keras dan bersungguh-sungguh dengan komitmen

7 Kelebihan Orang INTJ yang Harus Kamu Tahupexels/Bruce Mars

INTJ memang terkenal dengan nama 'Perancang' tapi tapi mereka juga bisa disebut 'Si Pemikir'. INTJ akan berusaha memperbaiki sesuatu yang menurut mereka tidak sesuai. Mereka juga senang mengerjakan proyek mereka sendiri tanpa bantuan orang lain.

Begitupula dengan komiten, INTJ akan bersungguh-sungguh dalam melakukan komitmen baik itu hubungan ataupun pekerjaan. INTJ jarang sekali mengerjakan sesuatu secara setengah-setengah.

2. Sangat nyaman dengan keheningan malam

7 Kelebihan Orang INTJ yang Harus Kamu Tahupexels/Dzenina Lukac

Seperti introvert pada umumnya, INTJ merasa senang bersantai di rumah di malam hari daripada pergi ke tempat lain. Mereka sangat menghargai privasi dan keheningan. Kebanyakan menghabiskan waktu malam dengan membaca ataupun menulis untuk mengisi energi mereka. INTJ sangat tidak suka apabila kegiatan mereka diganggu orang lain, jadi mereka lebih senang mengunci diri di kamar dalam keheningan malam.

3. Terkenal cerdas

7 Kelebihan Orang INTJ yang Harus Kamu Tahupexels/Igor Mark

INTJ terkenal pintar, inovatif dan sangat haus dengan ilmu pengetahuan. Mereka juga tipe orang yang bijaksana. Mereka juga sering menggunakan pengetahuan mereka untuk menolong sesama. INTJ terkenal cerdas dalam bidang matematika, sains dan komputer yang memang membutuhkan ilmu pengetahuan yang tinggi. Namun, INTJ juga sering dianggap sombong dengan kecerdasan yang mereka miliki.

Baca Juga: Gak Ribet, Ini 5 Hal yang Membuat INFJ Bahagia Dalam Hidupnya

4. Sangat kritis terhadap sesuatu

7 Kelebihan Orang INTJ yang Harus Kamu Tahupexels/Dana Tentis

INTJ terkenal sering melanggar peraturan, tapi bukan berarti mereka pemberontak. Mereka hanya sukar menerima norma dan aturan yang tidak sesuai dengan perspektif mereka. INTJ juga sangat kritis dengan peraturan di sekitar mereka. 

Sering pula INTJ mempertanyakan senioritas dan kekuasaan. Mereka tidak akan begitu saja hormat pada orang yang memiliki kekuasaaan di atas mereka, INTJ harus memastikan apakah mereka layak untuk dihormati.

5. Terkenal loyal

7 Kelebihan Orang INTJ yang Harus Kamu Tahupexels/Daniel Xavier

Jika kamu memperoleh kepercayaan dari seorang INTJ, kamu telah menciptakan pertemanan jangka panjang. INTJ akan sangat loyal padamu, mereka nggak akan segan untuk menolongmu. Terkadang juga loyalitas mereka terlalu berlebihan, dikarenakan mereka takut kehilanganmu.

Tetapi sekali saja kamu mengecewakan INTJ, sulit bagi mereka untuk menerima dan mempercayai kamu kembali.

6. Berpikiran terbuka

7 Kelebihan Orang INTJ yang Harus Kamu Tahupexels/pixabay

Kebanyakan orang INTJ sulit goyah jika sudah memutuskan sesuatu, tetapi kemungkinan mereka juga akan mudah menerima pemikiran baru. Mereka adalah pribadi yang sangat open minded. Selagi pemikiran tersebut bertujuan positif, mereka cenderung akan menerima dan mengembangkan pemikiran tersebut. INTJ juga tidak mudah menghakimi seseorang. Karena mereka percaya setiap manusia pasti berbeda.

7. Memiliki kemampuan untuk memimpin

7 Kelebihan Orang INTJ yang Harus Kamu Tahupexels/Royal Anwar

INTJ yang berpaham pragmatis akan memiliki strategi rasional yang jarang terpikirkan oleh orang lain. Hal ini membuat mereka secara alamiah memiliki kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin. Tapi INTJ tidak lantas mengajukan diri untuk menjadi pemimpin, mereka cenderung menunggu sampai tidak ada lagi orang yang cocok untuk memimpin. Sebagai sosok pemimpin, INTJ akan berpikiran luas dan keluar dari zona nyaman mereka. Sehingga nggak salah jika kamu menunjuk seorang INTJ menjadi pemimpin.

Menjadi tipe orang yang memiliki kepribadian terlangka memang nggak mudah, tetapi ternyata banyak sekali keuntungan yang kamu miliki. Jadi mulai sekarang, jangan pernah minder menjadi seorang INTJ. Jadilah sosok INTJ sejati yang berguna bagi masyarakat sekitarmu.

Baca Juga: Dikenal Cerdas, 6 Sisi Lain dari Orang INTJ Ini Wajib Kamu Tahu

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang
  • Novaya

Berita Terkini Lainnya