Comscore Tracker

5 Tips agar Lancar Menjalani Kuliah Hybrid, Biar Kamu Gak Keteteran

Sudah terapkan semua tipsnya?

Di masa pandemik ini, berbagai kampus di Indonesia telah melaksanakan perkuliahan secara hybrid. Perkuliahan tersebut dilaksanakan dengan pertemuan tatap muka dan juga online. Dengan sistem perkuliahan seperti ini, mahasiswa perlu menyesuaikan diri agar dapat melaksanakan perkuliahan dengan baik.

Namun, banyak mahasiswa yang merasa keteteran menjalani perkuliahan blanded ini karena dalam sehari bisa melaksanakan lebih dari satu mata kuliah sekaligus. Lima tips ini bisa mulai kamu terapkan agar perkuliahan hybrid-mu lancar.

1. Atur waktu untuk mengerjakan tugas

5 Tips agar Lancar Menjalani Kuliah Hybrid, Biar Kamu Gak Keteteranilustrasi mengerjakan tugas (pexels.com/Christina Morillo)

Banyaknya tugas kuliah yang diberikan menjadikan mahasiswa merasa bingung untuk mengatur waktu antara mengerjakan tugas dengan waktu kuliah. Sebaiknya kerjakan tugas sesaat setelah jam perkuliahan berakhir, ya. Hal ini bertujuan agar tugas-tugas yang ada tidak menumpuk dan terbengkalai.

Namun, jika setelah jam perkuliahan berakhir dan kamu masih ada kegiatan lain, kerjakanlah tugas kuliahmu di jam malam dan jangan ditunda lagi. Dengan melakukan cara ini, kamu dapat mengumpulkan tugas sebelum deadline. Saat perkuliahan keesokan harinya berlangsung kamu sudah tidak bingung akan tugas yang belum selesai.

2. Belajar disiplin

5 Tips agar Lancar Menjalani Kuliah Hybrid, Biar Kamu Gak Keteteranilustrasi mengerjakan tugas (pexels.com/Olia denilevich)

Disiplin menjadi poin penting dalam segala hal dengan menerapkan sikap disiplin, maka kamu dapat melaksanakan semua kegiatan kuliah dan tugas-tugas yang ada dengan baik. Hal yang perlu dilakukan adalah jangan menunda segala pekerjaan dan lakukan tepat waktu. Ketika tahu akan ada jadwal kuliah maka perkirakan kapan harus menyiapkan hal-hal yang perlu disiapkan.

Baca Juga: 5 Tips Kelola Stres Kuliah sambil Bekerja, Resiko Menjalani 2 Pilihan

3. Hindari kegiatan yang kurang bermanfaat

5 Tips agar Lancar Menjalani Kuliah Hybrid, Biar Kamu Gak Keteteranilustrasi rekreasi (pexels.com/Katya Wolf)

Saat tahu jadwal kuliah hybrid-mu padat, kurangilah melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat. Seperti kurangilah nongkrong sampai larut malam ketika besok ada kuliah dan tugas belum kelar.

Lebih baik istirahat disaat ada waktu senggang agar tubuhmu tidak terlalu lelah. Lakukan kegiatan yang kamu senangi seperti nongkrong dan liburan saat weekend sekaligus refreshing, kan?

4. Buat jadwal harian

5 Tips agar Lancar Menjalani Kuliah Hybrid, Biar Kamu Gak Keteteranilustrasi to do list (pexels.com/Breakingpict)

Seringkali para mahasiswa kebingungan untuk mengatur waktu dengan setumpuk tugas yang ada. Buat list harian tugas-tugas apa saja yang mendesak untuk dikumpulkan dan sesuaikan dengan jadwal kuliah kamu.

List dengan rapi daftar tugas-tugas yang harus dikerjakan dan ceklis ketika kamu berhasil menyelesaikannya. Dengan begini, tugas-tugas dapat diselesaikan dengan baik dan kuliahmu tak akan keteteran.

5. Jaga daya tahan tubuh

5 Tips agar Lancar Menjalani Kuliah Hybrid, Biar Kamu Gak Keteteranilustrasi olahraga (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menjaga daya tahan tubuh adalah hal yang wajib dilakukan, terutama bagi mahasiswa. Namun, seringkali banyak di antara mereka yang lalai dan terlalu memforsir tubuh dengan berbagai kegiatan.

Sama halnya saat menjalani kuliah hybrid yang pasti sangat menguras tenaga dan pikiran. Maka dari itu perhatikan dan jaga terus kesehatanmu. Kamu dapat mengkonsumsi suplemen penambah daya tahan tubuh agar tetap fit. Usahakan jangan tidur larut malam agar tidak telat pergi ke kampus keesokan harinya.

Terapkan semua tips diatas agar kuliahmu dapat berjalan dengan lancar. Semangat selalu untuk yang sedang kuliah hybrid dan tetap jaga kesehatan, ya.

Baca Juga: 5 Tantangan Menjelang Tahun Ketiga di Bangku Perkuliahan

Erina Syahda Evelyna Photo Verified Writer Erina Syahda Evelyna

Be yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya