Comscore Tracker

Ketidaknyamanan atas Perubahan Itu Hanya Sementara, Ini 5 Alasannya

Setelah bisa menyesuaikan, maka kamu akan menikmatinya

Perubahan menjadi salah satu hal yang kerap ditakuti oleh beberapa orang. Wajar saja, sebab perlu ada keberanian diri untuk keluar dari zona nyaman yang telah lama dijalani. Akan tetapi jika ingin bertumbuh lebih baik, tentu harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan.

Percayalah, jika merasa tak nyaman, itu hanya akan berlangsung sementara. Setelah kamu menyesuaikan diri, maka semakin hari akan mudah untuk menikmatinya. Untukmu yang masih ragu, berikut alasan kenapa perubahan bisa menakutkan.

1. Keberhasilan meningkatkan keberanian menjadi langkah awal hadapi perubahan 

Ketidaknyamanan atas Perubahan Itu Hanya Sementara, Ini 5 Alasannyailustrasi orang yang berani menghadapi tantangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dalam segala aspek kehidupan, perubahan tetap saja akan terjadi. Merasakan ketidaknyamanan, itu hanya di awalnya saja. Sebab, kamu memang perlu melawan rasa takut menghadapinya. Namun, jika mau meningkatkan keberanian untuk terus melangkah, ini merupakan awal dari keberhasilan.

Selama hidup belum terhenti, tak ada satu pun yang tidak berubah, kecuali perihal perubahan tersebut. Sehingga, pada intinya selagi kamu masih hidup, maka tak mungkin bisa menghindari perubahan.

Tak nyaman hanya dirasa ketika akan memulainya saja. Nanti setelah berani menghadapinya, seiring berjalannya waktu kamu pasti nyaman karena telah terbiasa.

2. Karena belum terlalu mengetahuinya saja 

Ketidaknyamanan atas Perubahan Itu Hanya Sementara, Ini 5 Alasannyailustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengapa masih banyak orang yang takut akan perubahan? Karena mereka belum terlalu mengetahuinya saja. Cobalah tetap mencoba dan terlibat aktif dalam kebaruan yang ada. Teruslah belajar. Nanti secara perlahan kamu mulai tahu perubahan tersebut membawa apa saja dan harus bagaimana berhadapannya.

Ketika diri tak nyaman, itu karena masih ada ketidaktahuan saja. Perubahan akan tetap terjadi. Maka mau tidak mau, kamu pasti tetap akan menghadapi. Jadi, siapkan diri dengan bail mulai dari fisik, pikiran, mental, hingga sosialmu sehingga saat perubahan datang dan membawa berbagai pengetahuan baru, kamu siap untuk menerima dan memprosesnya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Belum Bisa Menerima Perubahan Hidup

3. Tuntutan baru memang terasa menantang diri 

Ketidaknyamanan atas Perubahan Itu Hanya Sementara, Ini 5 Alasannyailustrasi berpandangan positif terhadap sebuah tantangan (pexels.com/Mearth Technology)

Ketidaknyaman atas sebuah perubahan, memang bisa dirasakan karena di setiap perubahan selalu ada tuntutan yang bersifat baru. Sesuatu yang baru, terlebih lagi menuntutmu untuk mampu ini dan itu, memang terasa menantang diri. Inilah yang memunculkan rasa tidak nyaman.

Namun, yakinlah bahwa rasa tidak nyamanmu hanya akan terjadi saat proses memulai. Tak perlu menolak tuntutan perubahan tersebut. Sebab saat berhasil melakukannya, itu dapat meningkatkan kualitas dirimu. Justru nantinya, bukan hanya rasa nyaman saja yang kamu terima, tapi juga ketagihan untuk mencoba sesuatu yang baru secara terus-menerus.

Tuntutan memang terkadang sebagai tantangan, tapi itu sangatlah mengasyikkan.

4. Perlunya proses dalam belajar dan beradaptasi 

Ketidaknyamanan atas Perubahan Itu Hanya Sementara, Ini 5 Alasannyailustrasi tiga orang sedang belajar bersama (pexels.com/Keira Burton)

Perubahan yang dirasa membuatmu tak nyaman, itu karena perlunya waktu untukmu belajar dan beradaptasi terlebih dulu. Ini juga dirasakan oleh semua orang yang sedang menghadapi perubahan. Maka, jangan khawatir jika ada ketidaknyamanan yang dialami.

Setelah beberapa waktu menjalani aktivitas tersebut, kamu akan belajar banyak hal baru yang bisa dijadikan sarana untuk mengadaptasikan diri. Oleh karena itu, sabar saja dulu. Nyaman itu membutuhkan proses, sekarang nikmati saja apa yang sedang kamu kerjakan.

5. Karena belum adanya keterbukaan diri akan perubahan dalam hidup ini 

Ketidaknyamanan atas Perubahan Itu Hanya Sementara, Ini 5 Alasannyailustrasi orang yang memiliki pola pikir tertutup (pexels.com/Nathan Cowley)

Perubahan tak hanya terjadi di dalam satu aspek kehidupan saja, melainkan berbagai aspeknya tetap ada yang namanya perubahan. Menghindari bukanlah tindakan yang menjadi solusi terbaik. Sebaliknya jika kamu bersedia membuka diri akan perubahan dalam kehidupan ini, secara bertahap rasa ketidaknyamanan akan berubah menjadi kesenangan tersendiri.

Apabila kamu tetap berkeras diri untuk bertahan di zona nyaman yang seperti itu saja, kamu sendiri yang akan rugi di masa depan. Sebab, tak bisa dipungkiri lagi bahwa hidup ini memang akan terus mengalami perubahan, bahkan bisa dalam kecepatan yang tinggi.

Ketidaknyamanan atas perubahan itu tak akan selamanya. Bagi kamu yang mau terlibat dalam perubahan, maka di masa depan kamu akan merasakan dampak positifnya. Namun, untukmu yang enggan menerima perubahan, maka jangan salahkan keadaan, apabila kamu menjadi salah satu korban dari perubahan yang ada.

Tak ada lagi jalan keluar selain memberanikan diri menerima dan menghadapinya. Meskipun berat dan sulit, tapi cobalah untuk menyesuaikan diri terhadap sesuatu yang bersifat baru tersebut. Sehingga, kamu akan bergabung menjadi bagian dari orang-orang yang terpilih, maju, dan berkembang.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Punya Persiapan Hadapi Perubahan Zaman

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya