Comscore Tracker

5 Cara Berafirmasi Positif untuk Mengurangi Pikiran Negatif

Tenangkan emosi saat kamu mengucapkan afirmasi positif

Pikiran negatif bisa merusak kehidupanmu, karena berpikir negatif akan berdampak pada suasana hati dan kondisi mental seseorang. Apabila gak segera kamu atasi, maka efek buruknya akan semakin terasa dalam hidupmu. Melakukan pekerjaan menjadi gak fokus, hubungan sosial menjadi gak sehat, serta perasaan akan selalu gak tenang.

Lalu, bagaimana cara mengurangi pikiran negatif yang terus-menerus datang ke dalam pikiran? Caranya sederhana, cobalah melakukan afirmasi positif setiap harinya kepada dirimu sendiri. Ketika mengalami hal-hal yang melelahkan atau kurang menyenangkan, katakanlah kalimat positif untuk memberikan semangat kepada diri sendiri. Bagi kamu yang masih bingung, bagaimana cara melakukannya. Yuk, simak lima cara berikut ini.

1. Berkomitmenlah untuk rutin melakukannya 

5 Cara Berafirmasi Positif untuk Mengurangi Pikiran Negatifilustrasi orang yang berkomitmen melakukan suatu hal (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Untuk bisa mendapatkan manfaat baiknya dari berafirmasi positif, maka berkomitmenlah untuk rutin dalam melakukannya. Kuatkan dan tekadkan niat dalam hati. Kemudian, untuk langkah pertama, coba pikirkan kalimat afirmasi positif seperti apa yang ingin kamu katakan kepada dirimu sendiri.

Misalnya, mengucapkan kalimat seperti, aku menyayangi diriku sendiri, aku bersyukur atas hidup ini, setiap upaya yang aku lakukan untuk meraih tujuan pasti akan berhasil, dan sebagainya. Ucapkanlah kalimat tersebut secara rutin, kamu bisa mengucapkannya saat baru bangun tidur, atau malam hari saat akan tidur.

2. Pilih kalimat afirmasi yang sesuai dengan kondisimu saat ini 

5 Cara Berafirmasi Positif untuk Mengurangi Pikiran Negatifilustrasi kecewa (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kalimat positif apa pun, bisa kamu jadikan sebagai afirmasimu setiap harinya. Akan tetapi, agar kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi, maka pilihlah kalimat afirmasi yang benar-benar sesuai dengan kondisi dirimu saat ini. Beban pikiran negatif yang sedang kamu rasakan, pasti akan berkurang.

Ketika kamu sedang merasa stres dan tertekan akibat selalu memikirkan kondisi keuangan yang belum stabil, padahal kebutuhan terus meningkat, kamu bisa menggunakan afirmasi positif seperti, aku bersyukur masih memiliki pekerjaan dan menghasilkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan, dan sebagainya.

3. Tuliskan afirmasi positifmu 

5 Cara Berafirmasi Positif untuk Mengurangi Pikiran Negatifilustrasi menulis (pexels.com/Michael Burrows)

Afirmasi memang sebuah penyataan yang harus diucapkan. Namun, agar lebih ampuh lagi, kamu juga bisa menuliskannya. Gunakan kertas atau buku, maupun gawai untukmu menulis afirmasi positif yang ingin kamu ucapkan. Jika kamu menuliskannya menggunakan kertas, maka tempelkanlah di dinding kamar tidurmu.

Kemudian, setiap pagi saat bangun tidur dan malam hari saat akan tidur, bacalah afirmasi positifmu. Lakukanlah secara rutin setiap harinya. Tujuannya adalah agar pikiranmu yang tadinya negatif dapat berubah menjadi lebih positif. Ketika pikiran sudah positif, maka untuk menjalani aktivitas seharian, kamu akan selalu bersemangat. Dan ketika malam tiba, tidurmu juga akan lebih nyenyak.

Baca Juga: 5 Langkah Awal Memerangi Pikiran Negatif, Cuma Kamu yang Bisa Melawan!

4. Pastikan saat mengucapkannya, hatimu dalam keadaan bahagia 

5 Cara Berafirmasi Positif untuk Mengurangi Pikiran Negatifilustrasi tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Emosi dalam diri manusia itu terbagi menjadi dua, yaitu emosi negatif dan emosi positif. Emosi negatif kerap membuat pikiran juga menjadi negatif, maka untuk menghilangkan kenegatifan dalam pikiran, pastikan saat berafirmasi suasana hatimu dalam keadaan senang dan bahagia, agar yang muncul dalam hati dan pikiran adalah emosi positif.

Tenangkan diri dan lakukan teknik pernapasan, usahakan sampai emosimu dalam keadaan stabil dan positif. Saat hati sudah mulai tenang, damai, bahagia, bersemangat dan lainnya, barulah kamu ucapkan afirmasi positif yang sudah kamu tentukan sendiri kalimatnya, sesuai dengan kondisi diri yang sebenarnya.

5. Ambil aksi nyata dari afirmasi positif yang kamu ucapkan 

5 Cara Berafirmasi Positif untuk Mengurangi Pikiran Negatifilustrasi percaya diri (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Cara selanjutnya dalam berafirmasi positif untuk mengurangi pikiran negatif yaitu, jangan lupa untuk mengambil aksi nyata dari afirmasi yang kamu ucapkan setiap harinya. Hal ini akan semakin membuatmu bersemangat dan termotivasi untuk selalu memiliki pemikiran positif dalam menjalani kehidupan ini.

Lagi pula, sebanyak dan sebagus apa pun afirmasimu, jika itu hanya sebatas perkataan saja, tentu gak akan menghasilkan apa-apa. Pikiran negatif pun akan tetap ada, maka agar terjadi perubahan positif dalam hati, pikiran dan kehidupanmu, jangan lupa untuk bertindak secara nyata sesuai dengan afirmasi positifmu.

Pikiran negatif memang bisa muncul kapan saja dan bagi siapa saja. Namun, jangan merasa tertekan dengan hal tersebut, karena masih ada cara untuk menguranginya. Salah satunya yaitu dengan berafirmasi positif kepada dirimu sendiri setiap harinya.

Setelah mengetahui cara-cara menggunakannya, maka tunggu apalagi? Segeralah ciptakan afirmasi positifmu dan ucapkanlah secara rutin, bila perlu jadikan hal ini sebagai kebiasaan baik. Semakin cepat kamu lakukan, maka akan semakin cepat juga kamu merasakan manfaat positifnya.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana agar Pikiran Tetap Positif, Kenali Area Negatifmu

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya