Comscore Tracker

5 Cara Gak Simpan Dendam, meski Kamu Banyak Dikecewakan

Menghilangkan dendam mampu membuat langkahmu ringan

Ketika terjadi sesuatu yang mengecewakan hati, entah itu berasal dari diri sendiri maupun yang melibatkan orang lain, kamu perlu mengikhlaskan hatimu untuk menerima semua yang terjadi, lalu memperbaikinya kembali. Sebab, berharap segala sesuatu bisa terjadi sesuai keinginan justru akan menyiksa diri sendiri.

Dengan mencoba mengikhlaskan, perlahan akan membantu kamu bisa menghilangkan rasa dendam yang menyelimuti hati. Meskipun banyak dikecewakan oleh orang lain, kamu harus bisa menghapus rasa dendammu. Berikut lima cara gak simpan dendam, meski telah banyak dikecewakan yang perlu kamu lakukan. Simak sampai akhir, ya.

1. Menerima segala hal yang sudah terjadi 

5 Cara Gak Simpan Dendam, meski Kamu Banyak Dikecewakanilustrasi menerima kenyataan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Apa pun permasalahan yang kamu hadapi, jika itu sudah berlalu, terimalah dengan hati yang ikhlas. Segala sesuatu yang sudah terjadi, tentu gak mungkin bisa kamu ulangi. Inilah mengapa kamu harus mau menerima kenyataan yang terjadi. Meskipun banyak sekali rasa kecewa yang kamu alami, tetaplah berusaha menerimanya dengan baik dan bijak.

Kekecewaan memang dapat menimbulkan dampak negatif dalam diri. Nah, agar kamu gak menyimpan rasa dendam kepada orang lain, cobalah terima semua yang sudah berlalu. Anggap itu semua sebagai sesuatu yang bisa menjadi pembelajaran hidup, bukan malah menjadi belenggu dalam hidup.

2. Memaafkan mereka yang membuatmu merasa kecewa

5 Cara Gak Simpan Dendam, meski Kamu Banyak Dikecewakanilustrasi orang saling memaafkan (pexels.com/William Fortunato)

Cara berikutnya agar hatimu gak memendam rasa dendam dan semakin membuatmu terluka, yaitu dengan memaafkan siapa saja orang-orang yang membuatmu kecewa. Memaafkan mereka akan lebih baik dan dapat membuatmu semakin lega, serta ringan untuk menjalani kehidupan di masa kini dan yang akan datang.

Memaafkan itu juga berbeda dengan memberikan toleransi padanya. Perbuatan menyakitkan yang dilakukan oleh orang lain padamu, itu tetaplah hal yang salah. Namun memaafkan kesalahan yang dilakukannya, akan mengurangi perasaan kesal dan marah di dalam dirimu. Ini penting, karena perasaan tersebut dapat memengaruhi kesehatan mentalmu, jika kamu gak segera mengatasinya dengan baik. Maka dari itu, maafkanlah mereka yang mengecewakanmu selama ini.

3. Ambil sisi positifnya 

5 Cara Gak Simpan Dendam, meski Kamu Banyak Dikecewakanilustrasi merenung (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Dikecewakan oleh orang lain, memang dapat membuat siapa saja menjadi menyimpan rasa kesal, marah, bahkan hingga menjadi dendam. Percayalah bahwa akan selalu ada hal baik di balik setiap kejadian buruk yang kamu alami. Belajarlah untuk mengambil sisi positif dari segala hal yang kurang menyenangkan tersebut.

Misalnya, apabila kamu pernah dikhianati oleh sahabatmu sendiri, maka kamu bisa bersyukur bahwa kamu menjadi tahu jika selama ini sahabatmu itu kurang tulus dalam menjalin pertemanan. Dengan begitu, kamu bisa menjadi lebih berhati-hati lagi ketika akan bercerita tentang kehidupan pribadi. Kamu pun bisa menjadi orang yang lebih mawas diri lagi nantinya.

Baca Juga: 5 Tips Berhadapan dengan Rasa Kecewa dalam Hubungan Pertemanan 

4. Utarakan apa yang ada dalam perasaan 

5 Cara Gak Simpan Dendam, meski Kamu Banyak Dikecewakanilustrasi menyampaikan rasa kesal dengan baik kepada orang lain (pexels.com/Mikhail Nilov)

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan agar gak menyimpan rasa dendam saat dikecewakan, yaitu dengan mengutarakan apa yang ada dalam perasaan. Hal ini cukup terbukti efektif untuk meredakan rasa dendam yang menggebu di dalam dirimu. Ungkapkan saja tentang perasaanmu kepada orang tersebut, tapi pastikan bahwa kondisimu sudah lebih tenang dulu.

Perasaan dendam kepada seseorang sering muncul ketika kamu gak menyelesaikan sebuah permasalahan secara tuntas. Semakin kamu menunda menyelesaikannya, perasaan dendammu akan semakin tertanam kuat di dalam hatimu. Tenangkanlah hati dan pikiranmu, lalu utarakanlah tentang apa yang ingin kamu sampaikan dengan baik.

5. Belajar memahami pola pikir mereka 

5 Cara Gak Simpan Dendam, meski Kamu Banyak Dikecewakanilustrasi memahami orang lain (pexels.com/Laura Tancredi)

Sering kali terjadi, seseorang yang gagal dalam memahami pola pikir orang lain dapat menimbulkan rasa kecewa yang dalam. Jika semakin dibiarkan, perasaan sakit hati karena dikecewakannya dapat menumpuk hingga menjadi dendam yang begitu besar dan membara.

Cobalah belajar memahami pola pikir mereka dengan cara menempatkan dirimu di posisi mereka. Bisa saja orang lain menyakiti dan mengecewakanmu, karena mereka sedang mengalami sakit hati juga, lalu tanpa sadar mereka jadi membuatmu ikut terluka karena sikapnya. Tentu saja alasan tersebut juga gak bisa menjadi sebuah pembelaan untuk mereka. Dengan belajar memahami orang yang membuatmu kecewa, kamu pun akan terbantu agar gak menyimpan dendam padanya.

Janganlah terlalu lama menyimpan rasa dendam karena dikecewakan oleh seseorang. Hal tersebut dapat mengganggu kesehatan fisik dan mentalmu di masa kini dan masa depan. Coba terapkan kelima cara di atas agar kamu bisa ikhlas atas segala hal yang membuatmu kecewa tersebut. Merelakan kekecewaan tanpa menyimpan rasa dendam, dapat membuat langkahmu lebih ringan dan pastinya mampu menghadirkan kebahagiaan.

Baca Juga: 5 Kebaikan yang akan Kamu Terima Saat Sepenuhnya Move On dan Ikhlas

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya