Comscore Tracker

5 Cara Hadapi Orang yang Selalu Bawa Masalah dalam Hidupmu

Memberinya kasih sayang bisa mengubah keadaan

Orang-orang yang selalu membawa masalah dalam kehidupan kita itu memang sangat menyebalkan. Ada saja perbuatannya yang membuat hari gak tenang dan gak nyaman. Mereka adalah orang-orang yang gak pernah bertanggung jawab dengan perbuatannya dan suka memanipulasi keadaan. Jika berbuat salah, mereka gak mau meminta maaf dan memperbaiki kesalahannya, suka ikut campur urusan orang lain, dan sebagainya.

Hidup berdampingan dengan orang seperti itu, jika gak pandai menghadapinya, yang terjadi nanti memang hanya masalah yang akan datang dalam kehidupan kita. Namun, jangan terburu emosi, apalagi hingga melakukan kekerasan fisik, ya. Tetaplah tenang meskipun rasanya sudah geram. Kamu juga bisa coba lima cara berikut untuk menghadapi mereka.

1. Jangan memendam rasa benci pada orang tersebut 

5 Cara Hadapi Orang yang Selalu Bawa Masalah dalam Hidupmuilustrasi memendam rasa benci terhadap orang lain (pexels.com/Liza Summer)

Menghadapi perilaku orang-orang yang sering membawa masalah dalam hidupmu memang harus dengan bersabar. Nah, supaya kamu gak emosi dan kesal padanya, cobalah untuk lapang dada menghadapinya. Meskipun mereka sangat menyebalkan, namun sebaiknya kamu jangan memendam rasa benci pada orang tersebut.

Apabila kamu merasa terganggu dengan perilaku orang tersebut, tetaplah berpikir jernih dan ajaklah dia berbicara secara baik-baik. Berbicaralah dengan sopan dan pilih juga kata-kata yang gak menyinggung perasaannya.

Kamu juga bisa menjelaskan kepada dia, tentang perilaku apa saja darinya, yang membuatmu gak nyaman. Ketulusanmu dalam berbicara dengannya, akan membuat dia tersadar dengan perilaku buruknya selama ini padamu.

2. Batasi waktu kebersamaan kalian 

5 Cara Hadapi Orang yang Selalu Bawa Masalah dalam Hidupmuilustrasi percakapan (pexels.com/Polina Zimmerman)

Apabila dia adalah rekan kerja di kantor yang sama denganmu, tentu akan sulit untuk menghindarinya. Oleh karena itu, supaya kamu gak terus menerus terganggu dengan perilakunya yang kerap membawa masalah dalam hidupmu. Berikan saja batasan waktu saat bersama orang tersebut.

Gak masalah jika kamu membatasi waktu, daripada terus menerus merasa stres dan tertekan dengan tingkahnya yang menyebalkan itu. Membatasi interaksi dengan dia adalah cara halus yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi jumlah waktu bersamanya. Ketika ada hal penting yang harus dilakukan bersama, barulah kamu berinteraksi dengan dia. Selain itu, biarkan kamu dan dia menjalani hari secara masing-masing.

3. Prioritaskan dirimu sendiri terlebih dulu 

5 Cara Hadapi Orang yang Selalu Bawa Masalah dalam Hidupmuilustrasi menyayangi diri sendiri (pexels.com/Pixabay)

Apabila kamu sudah tahu bahwa orang itu selalu membawa masalah dalam hidupmu, namun kamu masih tetap saja mau memberikan bantuan secara terus menerus. Kalau sudah begini, nantinya kamu sendiri yang akan semakin merasa repot. Bukan mengajarkanmu untuk menjadi orang egois. Namun, sayangilah diri dan kehidupanmu juga.

Membantu orang lain itu sangat dianjurkan. Akan tetapi, dalam kasus ini yaitu menghadapi orang yang selalu membawa masalah dalam hidupmu. Kamu perlu memprioritaskan dirimu sendiri terlebih dulu.

Hubungan sosial yang sehat di dalamnya terjadi dua proses yaitu saling memberi dan saling menerima hal positif. Nah, jika selama ini kamu selalu memberikan bantuan padanya, dan dia malah memberikan masalah dalam hidupmu. Kamu sendiri yang akan rugi dan lelah dengan kehidupan ini.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Menunjukkan Kamu Termasuk Drama Queen, Suka Bikin Heboh!

4. Bertindaklah jika dia sudah sangat keterlaluan 

5 Cara Hadapi Orang yang Selalu Bawa Masalah dalam Hidupmuilustrasi orang bersikap tegas (pexels.com/Kindel Media)

Namanya saja masalah, pasti merupakan hal negatif. Dan hal ini, bukanlah berasal dari dirimu saja, melainkan orang lain yang membawanya kepadamu. Apabila terasa sudah sangat merugikanmu, maka jangan hanya diam saja. Bertindaklah dengan tegas atas perilaku buruk orang tersebut.

Dengan bertindak tegas kepadanya, dia gak akan seenaknya lagi membawa masalah ke dalam kehidupan orang lain. Jangan pernah takut untuk mengambil sikap, supaya dia juga benar-benar menyadari sikap buruknya, dan gak lagi mengulangi perbuatannya kembali padamu. Segera hentikan perilaku buruknya, ya.

5. Berikan rasa empati dan kasih sayang kepadanya 

5 Cara Hadapi Orang yang Selalu Bawa Masalah dalam Hidupmuilustrasi orang memberikan kasih sayang kepada temannya (pexels.com/Zen Chung)

Cara berikutnya adalah memberikan rasa empati dan kasih sayang padanya. Mungkin kamu akan merasa kesal karena dia telah mengganggu kehidupanmu dengan cara selalu membawa masalah. Namun, tetaplah menjadi orang yang baik hati, ya. Tetap memprioritaskan dirimu dan bersikap tegas padanya, namun jangan lupa juga untuk memberikan dia rasa empati dan kasih sayang.

Seburuk apapun dia tetaplah manusia biasa yang bisa saja berubah. Tetaplah waspada, namun bukan berarti harus selalu mencurigainya, ya. Memberikan rasa empati dan kasih sayang kepada mereka yang menyebalkan, itu bisa saja akan mengubah keadaan menjadi sebaliknya.

Dia yang awalnya selalu membawa masalah bisa saja menjadi membawa berkah dalam kehidupanmu. Gak ada satu orang pun yang tahu pasti tentang apa yang akan terjadi. Tetaplah berbuat baik kepada siapa saja, karena hal baik tersebut pasti akan kembali padamu.

Itulah kelima tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi orang yang selalu membawa masalah dalam hidupmu. Masalah akan selalu ada, selama kamu masih hidup dan itu juga bermacam-macam jenisnya. Bisa masalah yang datang dari diri sendiri, maupun yang dibawa oleh orang lain. Apapun masalahnya, jadikan saja sebagai sarana untuk kamu naik ke tingkat kehidupan yang lebih tinggi.

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya