Comscore Tracker

5 Cara Mengatur Perasaan agar Gak Kesal dengan Sikap Buruk Orang Lain

Tenangkan pikiranmu dulu, nanti perasaanmu akan mengikutinya

Memendam perasaan kesal dan marah itu memang gak dianjurkan. Lebih baik, kamu ekspresikan saja dengan cara yang tepat. Oleh karena itu, kamu perlu belajar mengatur perasaanmu sendiri, agar gak kesal dan marah dengan sikap buruk orang lain terhadapmu. Berikut lima cara yang bisa lakukan untuk mengatur perasaan diri sendiri.

1. Tenangkan pikiranmu terlebih dulu 

5 Cara Mengatur Perasaan agar Gak Kesal dengan Sikap Buruk Orang Lainilustrasi menenangkan diri (pexels.com/Thiều Hoàng Phước)

Kesal dan marah merupakan emosi yang dimiliki oleh setiap manusia. Ada orang yang pandai mengatur emosi atau perasaannya, namun ada pula orang yang gak mampu mengendalikannya dengan baik. Terdapat banyak faktor mengapa seseorang bisa merasakan kesal dan marah, salah satunya adalah saat mendapatkan perlakuan buruk dari orang lain.

Ketika mendapatkan perlakuan buruk dari orang lain, padahal kamu gak melakukan kesalahan padanya, itu memang sangat membuatmu merasa kesal pada orang tersebut. Namun, jangan sampai rasa kesalmu berlebihan hingga menjadi rasa marah yang meledak-ledak. Cobalah tenangkan dulu pikiranmu dengan cara mengatur pola napasmu.

Tarik napas dalam-dalam, kemudian embuskan secara perlahan. Lakukan terus secara berulang hingga kamu mulai merasa tenang. Menenangkan pikiran ketika mulai merasa kesal pada seseorang, akan membuat perasaanmu lebih stabil dan bisa menjadi tenang. Sehingga, nantinya kamu dapat berpikir jernih dan gak akan terpancing emosi negatif lainnya.

2. Carilah alasan mengapa kamu merasa kesal padanya 

5 Cara Mengatur Perasaan agar Gak Kesal dengan Sikap Buruk Orang Lainilustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Rasa kesal seperti halnya marah dan sedih, serta perasaan lainnya itu gak muncul dengan sendirinya. Pasti selalu ada hal-hal yang memicu kamu untuk kesal dan marah. Untuk mengatur perasaan agar gak kesal terhadap sikap buruk orang lain, cobalah kamu cari tahu terlebih dulu mengenai alasan pastinya mengapa kamu merasa kesal padanya?

Apakah benar karena sikap buruknya padamu, atau ada hal lain dalam dirimu sendiri yang membuatmu kesal, namun karena saat itu orang lain menunjukkan sikap buruknya, kamu menjadi tambah kesal dan marah padanya? Nah, kenali dulu alasan yang sebenarnya, ya. Sehingga, nanti untuk mengatur perasaanmu agar gak merasa kesal lagi, kamu bisa menemukan cara yang tepat dalam mengatasinya.

Baca Juga: Tenangkan Diri, 7 Hal di Luar Kendali Ini Hanya Bisa Kamu Terima 

3. Selalu berpikir sebelum kamu berbicara 

5 Cara Mengatur Perasaan agar Gak Kesal dengan Sikap Buruk Orang Lainilustrasi percakapan (pexels.com/Liza Summer)

Meskipun mendapatkan perlakuan buruk dari orang lain, baik berupa sikap, tindakan maupun perkataan. Ada baiknya, untuk kamu gak membalasnya dengan berkata-kata kasar dan menyakitkan padanya. Jika kamu melakukannya, itu gak akan menyelesaikan masalah, justru akan memperbesar konflik yang terjadi.

Oleh karena itu, mengatur perasaan diri sendiri saat kamu sedang dalam kondisi seperti ini, memang perlu dilakukan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan selalu berpikir terlebih dulu sebelum kamu mulai berbicara. Dengan begitu, kamu bisa memilih kata-kata apa yang pantas dan gak pantas untuk diucapkan, dalam rangka agar gak semakin memperkeruh suasana. Cara ini efektif untuk mengatur perasaan agar gak menjadi emosi negatif, seperti membuat dirimu kesal dan marah. Jadi, selalu menjaga setiap ucapan yang akan kamu sampaikan, ya.

4. Biasakan diri untuk rutin berolahraga 

5 Cara Mengatur Perasaan agar Gak Kesal dengan Sikap Buruk Orang Lainilustrasi kebiasaan berolahraga (pexels.com/Nathan Cowley)

Apakah kamu tahu bahwa melakukan aktivitas fisik seperti, berolahraga itu ampuh banget untuk mengendalikan emosi diri. Mendapatkan perlakuan buruk dari orang lain, memang sangat menyebalkan dan kerap membuatmu memendam rasa kesal dalam hati. Hal ini tentu dapat membuatmu merasa stres dan tertekan.

Oleh karena itu, biasakan dirimu untuk rutin berolahraga. Gak harus yang berat, olahraga ringan seperti berlari kecil atau bersepeda saja, itu sudah sangat membantumu dalam mengatur perasaan, agar lebih stabil dan gak mudah memendam rasa kesal pada seseorang. Yuk, meluangkan waktu untuk bisa berolahraga secara rutin.

5. Ekspresikan rasa kesalmu dengan baik 

5 Cara Mengatur Perasaan agar Gak Kesal dengan Sikap Buruk Orang Lainilustrasi menyampaikan rasa kesal dengan baik kepada orang lain (pexels.com/Mikhail Nilov)

Saat seseorang memperlakukanmu dengan buruk, sebaiknya jangan memendam rasa kesal dan marah padanya. Memendam emosi negatif hanya akan memberikan dampak buruk bagi diri dan kesehatanmu. Lebih baik, ekspresikan saja rasa kesalmu, namun dengan cara yang baik dan tepat. Sehingga, gak ada pihak yang tersinggung dan tersakiti.

Ketika ingin mengekspresikannya, pastikan kamu sudah mengatur perasaanmu sampai mulai merasa tenang. Nah, ketika kondisi sudah stabil, kamu bisa mengungkapkan rasa kesalmu pada orang tersebut, dengan cara yang tegas, namun jangan terkesan seperti menyalahkannya. Sampaikanlah semuanya dengan jelas dan gunakan juga kata-kata yang gak membuat orang lain merasa tersakiti.

Itulah kelima cara mengatur perasaan diri sendiri, agar gak kesal dengan sikap buruk orang lain terhadapmu. Reaksi setiap orang ketika mendapatkan perlakuan buruk memang berbeda-beda. Ada yang diam dan cuek saja, ada yang langsung marah dan membalasnya, dan ada juga yang memendamnya. Namun, pastikan perasaan apa pun yang muncul dalam dirimu, itu jangan sampai merugikan diri sendiri dan orang lain.

Inilah mengapa mengatur perasaan diri sendiri memang perlu kamu lakukan, karena bisa membawa dampak baik bagimu dan orang sekitar. Tenangkan dulu pikiranmu, nanti secara perlahan dan pasti perasaanmu pun akan mengikutinya.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Membantumu Terlepas dari Tekanan Batin. Tenangkan Diri!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya