Comscore Tracker

5 Cara Menjaga Diri agar Selalu Positif dalam Bereaksi

Mulai dari niat, hati, hingga pikiran harus kamu luruskan

Memberikan reaksi positif terhadap orang lain memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi di saat orang lain berperilaku kurang baik padamu. Rasa kesal, marah dan kecewa kerap membuatmu tak sadar jika telah bereaksi yang kurang positif.

Itu hal yang wajar. Tapi, alangkah lebih baiknya lagi jika kamu mampu mengendalikan diri untuk tetap memberikan reaksi yang positif kepada orang lain. Mulai dari hati hingga pikiran, usahakanlah agar senantiasa jauh dari sesuatu yang negatif. Jika dirasa masih susah, cobalah terapkan beberapa cara berikut ini. Yuk, simak baik-baik tipsnya!

1. Tetaplah mencoba untuk mencari sisi baiknya 

5 Cara Menjaga Diri agar Selalu Positif dalam Bereaksiilustrasi berpikir positif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cara pertama yang perlu kamu lakukan untuk menjaga diri agar selalu bereaksi positif kepada siapa saja yaitu dengan mencoba mencari sisi baiknya.

Permasalahan di dalam kehidupan bisa menimpa siapa saja. Jika ada seseorang yang kurang baik padamu, tetaplah menjaga diri agar mampu mencari dan melihat segala sesuatu dari sisi baiknya.

Fokuslah pada hal-hal yang baik dari apa yang kamu alami saat ini. Meskipun terasa sangat menyakitkan hati, tetaplah mencoba mengambil sisi positifnya. Misalnya, dengan berpikir bahwa perilaku orang lain yang menyakitkanmu itu adalah sebuah sarana untuk melatih kesabaran dan melapangkan hati.

2. Perbanyaklah senyuman 

5 Cara Menjaga Diri agar Selalu Positif dalam Bereaksiilustrasi bersikap ramah dengan tersenyum (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Memperbanyak senyuman tanpa disadari juga dapat menimbulkan reaksi yang positif, lho. Tersenyum dengan tulus dapat membuat hati yang sebelumnya gelisah sekarang menjadi lebih tenang lagi. Pikiran yang dulunya selalu bercabang, dengan tersenyum, maka beban pikiran akan secara perlahan berkurang.

Seseorang yang sedang banyak permasalahan dalam kehidupannya, saat dia mulai membiasakan diri agar tetap bisa tersenyum, maka menjalani kesehariannya pasti akan selalu diiringi oleh reaksi yang positif.

Senyuman mampu mengubah sikap yang sebelumnya negatif menjadi lebih bisa berperilaku positif lagi secara alaminya.

Baca Juga: 5 Tips Berguna agar Kamu Selalu Fokus pada Hal Positif di Hidupmu

3. Berbicara tentang sesuatu yang baik kepada dirimu 

5 Cara Menjaga Diri agar Selalu Positif dalam Bereaksiilustrasi orang bercermin (pexels.com/Johannes Plenio)

Cara berikutnya untuk menjaga dirimu agar mampu memberikan reaksi yang positif kepada orang lain yaitu dengan berbicara tentang sesuatu hal yang baik kepada dirimu sendiri. Hal ini sangat berpengaruh terhadap hati dan pikiranmu sehingga ketika semua yang ada dalam diri sudah positif, maka reaksi yang akan muncul pun akan positif.

Berbicara hal-hal yang baik kepada diri ini perlu karena tanpa disadari saat seseorang berbuat salah, meski tanpa disengaja, biasanya dia akan menjadi hakim untuk dirinya sendiri. Padahal perilaku menghakimi diri dapat memicu timbulnya reaksi negatif yang berasal dari dalam diri yang merasa begitu tertekan.

4. Usahakan untuk selalu bersyukur 

5 Cara Menjaga Diri agar Selalu Positif dalam Bereaksiilustrasi bersyukur (pexels.com/Oleg Magni)

Mendapatkan perlakuan buruk dari orang lain memang bisa membuatmu menjadi memiliki perilaku negatif. Hal tersebut dikarenakan, kamu bisa merasa dendam kepada orang yang telah menyakitimu. Maka, untuk menjaga diri sendiri agar mampu selalu bereaksi positif, biasakanlah mensyukuri segala hal yang terjadi.

Jadikan hal ini sebagai pembelajaran diri. Dengan begitu, meski sikap orang lain menyakitkan, kamu gak akan memendam rasa dendam di hati karena kamu bisa ikhlas dengan cara mengambil pelajaran baiknya. Kondisi ikhlas seperti itu akan membuatmu mensyukuri kejadian yang menimpamu.

5. Teruslah melakukan kebaikan 

5 Cara Menjaga Diri agar Selalu Positif dalam Bereaksiilustrasi membantu orang lain (pexels.com/Allan Mas)

Cara untuk menjaga diri agar kamu bereaksi positif kepada orang lain, terlepas mereka memberikan perilaku baik atau buruk, yaitu teruslah melakukan kebaikan kepada siapa saja, termasuk mereka yang telah sengaja atau tanpa sengaja menyakitimu. Kebaikan yang kamu lakukan dengan tulus akan selalu menjaga sikapmu saat sedang bereaksi.

Saat kamu terbiasa berbuat baik, maka apa pun yang terjadi, kamu akan tetap memberikan perlakuan yang positif dalam bereaksi. Jangan lelah dalam berbuat kebaikan karena kebaikanmu pasti akan kembali lagi padamu.

Tak perlu berharap apa-apa saat berbuat baik. Luruskan niatmu bahwa kebaikan adalah perbuatan yang memang sudah menjadi kebiasaan yang harus dilakukan.

Setiap orang memiliki kebebasan dalam bereaksi, tapi pilihnya reaksi yang positif. Menjaga diri agar senantiasa berbuat baik memang tak mudah. Namun, beberapa cara di atas jika kamu biasakan dalam bersikap di kehidupan sehari-hari, pasti perilakumu akan selalu terjaga kepositifannya.

Singkirkan rasa marah, kesal, dan kecewa ketika orang lain berperilaku kurang menyenangkan.

Jangan pernah membalas dengan sikap yang sama. Tetaplah menjadi pribadi yang selalu bereaksi positif terhadap berbagai jenis situasi dan kondisi, termasuk saat orang lain menyakiti hati.

Baca Juga: 5 Hal Positif yang Didapat jika Kamu Terbiasa Humble dengan Siapa Saja

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya