Comscore Tracker

5 Cara Ajaib Menaklukkan Rasa Rendah Diri, Bukan Mau Sombong! 

Jangan menyalahartikan rendah diri dengan rendah hati 

Apakah kamu pernah merasa hidup orang lain lebih menyenangkan daripada hidupmu? Apakah kamu juga pernah merasa bahwa orang lain lebih pintar darimu? Lalu, hal ini menjadikanmu berpikir, bahwa orang lain selalu berada di atasmu.

Sebagai makhluk sosial, manusia memang seharusnya rendah hati kepada siapa saja. Namun, jangan menyalahartikan rendah hati dengan rendah diri, ya.

Hampir setiap orang pernah mengalami rendah diri atau banyak orang juga menyebutnya dengan minder. Nah, untuk kamu yang sering merasa rendah diri, yuk lakukan 5 cara ajaib berikut supaya kamu bisa lebih percaya diri.

1. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain 

5 Cara Ajaib Menaklukkan Rasa Rendah Diri, Bukan Mau Sombong! ilustrasi mengobrol (pexels.com/Thirdman)

Setiap orang mempunyai kehidupannya masing-masing. Semua ada plus dan minus-nya. Jangan terus-menerus membandingkan diri dengan hidup orang lain. Percayalah, itu gak akan ada habisnya.

Cobalah lebih mengenali dirimu lagi. Cari hal-hal yang menjadi kelebihanmu. Dengan begitu, kamu akan lebih percaya pada diri sendiri.

2. Jadilah diri sendiri 

5 Cara Ajaib Menaklukkan Rasa Rendah Diri, Bukan Mau Sombong! ilustrasi bahagia menjadi diri sendiri (pexels.com/Kelly Lacy)

Setiap orang mempunyai nilainya masing-masing. Jadi, buatlah nilai dalam diri sebagai landasan dari kepercayaan diri. Dengan begitu, kepercayaan dirimu akan meningkat.

Ketika kamu melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Itu sungguh akan membahagiakan, lho. Kamu gak akan lagi memusingkan diri dengan standar orang lain dalam hidup.

Baca Juga: 5 Prinsip Hebat yang Hanya Dimiliki Orang Percaya Diri, Panutan!

3. Hargai dirimu sendiri 

5 Cara Ajaib Menaklukkan Rasa Rendah Diri, Bukan Mau Sombong! ilustrasi pertemanan (pexels.com/William Fortunato)

Sebaiknya, kamu jangan memaksakan diri untuk bisa diterima oleh setiap orang. Kalau ada orang yang kurang cocok denganmu.

Kemudian, kamu berusaha tetap memaksakan diri agar diterima dan disukai olehnya. Justru, itu akan membuatmu menjadi rendah diri. Lebih baik habiskan waktumu bersama orang-orang yang mau menerima dan menghargai kehadiranmu.

Gak memaksakan diri untuk bisa diterima oleh orang lain adalah salah satu cara untuk menghargai diri sendiri. Kamu akan bahagia dan gak lagi merasa rendah.

4. Tingkatkan kualitasmu 

5 Cara Ajaib Menaklukkan Rasa Rendah Diri, Bukan Mau Sombong! ilustrasi berkarya (pexels.com/Canva Studio)

Meningkatkan kualitas dengan cara mengembangkan lagi potensi-potensi yang kamu miliki dan akan membuat rasa percaya diri menjadi naik. Banyaklah belajar, tetap semangat dalam berkarya dan hal-hal positif lainnya.

Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Fokus kamu sekarang adalah kembangkan kelebihan yang ada dalam diri.

5. Seringlah membantu orang lain 

5 Cara Ajaib Menaklukkan Rasa Rendah Diri, Bukan Mau Sombong! ilustrasi membantu orang lain (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Biasakan dirimu untuk selalu ringan tangan kepada siapa saja. Jadilah sosok yang berjiwa sosial. Namun, tanpa pamrih, ya. Lakukanlah dengan tujuan untuk meringankan beban orang lain yang sedang mengalami kesulitan.

Orang-orang di sekitarmu, pasti akan merasakan ketulusanmu. Hal ini akan membuat dirimu menjadi lebih bermanfaat. Perasaan ini akan membuatmu gak rendah diri lagi.

Nah, setelah membaca kelima cara di atas, apakah kamu sudah mulai merasa lebih percaya diri? Gak bisa instan memang. Namun, kalau kamu rutin menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Cara ini bisa membantumu menaklukkan rasa rendah diri.

Yakinlah, kamu juga mempunyai potensi-potensi menarik dalam diri. Kamu pantas untuk mendapatkan yang terbaik. Menghargai orang lain juga sama pentingnya dengan menghargai diri sendiri, lho.

Baca Juga: 5 Hal Ini Membuat Seseorang Merasa Rendah Diri dan Tak Layak Dicintai

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Hallo,, Senang bisa menceriakan hari-hari Anda. IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya