Comscore Tracker

5 Cara Jadikan Hal Baru sebagai Sebuah Tantangan yang Seru

Biar kegiatanmu gak hanya itu-itu saja 

Demi kebaikan perkembangan dirimu, lakukanlah banyak kegiatan baru. Hal tersebut akan memberikanmu banyak kesempatan untuk mendapatkan berbagai pengalaman dan wawasan baru, lho. Berikut ada lima cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadikan hal baru sebagai sebuah tantangan seru. Yuk, simak baik-baik, ya.

1. Atasi terlebih dulu rasa takutmu 

5 Cara Jadikan Hal Baru sebagai Sebuah Tantangan yang Seruilustrasi melawan rasa takut berbicara di depan umum (pexels.com/Kampus Production)

Beberapa orang sering mengalami rasa takut ketika dia akan mencoba hal-hal baru. Inilah faktor penghambat terbesar dalam diri seseorang yang menjadi penghalang untuk kamu mencoba sesuatu yang baru. Oleh karena itu, belajarlah terlebih dulu untuk mengatasi rasa takutmu terhadap hal-hal baru tersebut.

Secara perlahan, cobalah untuk memberanikan dirimu. Gak perlu dipaksakan untuk langsung melakukan hal-hal baru sekaligus. Pelan-pelan saja, namun berusahalah agar rasa takutmu berubah menjadi lebih berani lagi. Jika kamu sudah mulai melakukannya, maka yakinlah bahwa untuk mengatasi rasa takutmu itu ternyata mudah dilakukan. Dengan begitu, ketakutan dalam diri bukanlah lagi menjadi penghalang untukmu berkreasi dengan hal-hal baru.

2. Kenali dirimu sendiri secara lebih dalam lagi 

5 Cara Jadikan Hal Baru sebagai Sebuah Tantangan yang Seruilustrasi orang bercermin (pexels.com/KoolShooters)

Mengenali diri sendiri secara lebih dalam lagi, mampu membuat segala hal yang baru menjadi sebuah tantangan seru, lho. Bukan tanpa alasan, karena jika kamu gak mengenal dirimu sendiri, bagaimana caranya mengelola hal-hal baru tersebut agar menjadi sebuah kegiatan yang seru bagi dirimu?

Jika kamu mampu mengenali dirimu sendiri secara lebih dalam lagi, tentu kamu akan lebih memahami tentang hal-hal apa saja yang kamu suka dan gak suka. Nah, jadi segala hal baru tersebut bisa kamu coba lakukan sambil berkolaborasi dengan hal-hal yang kamu suka. Dengan begitu, sangat memungkinkan hal baru tersebut akan menjadi tantangan seru yang sangat menyenangkan untuk kamu coba.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Takut Mencoba Hal yang Baru, Beranilah!

3. Munculkan kreativitas dari dalam diri 

5 Cara Jadikan Hal Baru sebagai Sebuah Tantangan yang Seruilustrasi orang berpikir kreatif (pexels.com/Gustavo Fring)

Kreativitas merupakan kemampuan yang perlu kamu miliki, terlepas dari apa pun jenis pekerjaan yang kamu tekuni. Dengan kreativitas yang tanpa batas, kamu akan mampu menemukan solusi-solusi jitu yang bisa digunakan mengatasi segala jenis tantangan dan hambatan dalam berbagai hal, termasuk sesuatu yang baru tersebut.

Kreativitas dapat menjadikan hal-hal baru sebagai tantangan seru yang patut untuk dicoba. Ciri orang yang kreatif adalah mereka yang selalu bersedia melakukan inovasi dan eksplorasi dirinya sendiri dengan berbagai hal baru. Hal tersebutlah yang akan menjadikan berbagai macam tantangan sebagai sesuatu yang seru untuk dilakukan. Oleh karena itu, latih dan munculkan terus kreativitas dari dalam dirimu, ya.

4. Berkenalanlah dengan orang-orang baru 

5 Cara Jadikan Hal Baru sebagai Sebuah Tantangan yang Seruilustrasi orang berkenalan (pexels.com/fauxels)

Tahukah kamu, bahwa berkenalan dengan orang-orang baru juga dapat membantumu dalam menjadikan berbagai tantangan sebagai sesuatu yang seru, lho? Ya, karena saat kamu berkenalan dan bertemu dengan orang baru, bisa jadi orang tersebut sudah memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman terhadap hal yang masih baru bagimu.

Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih terarah, karena mengetahui bagaimana cara dan strategi yang tepat untuk melakukan hal baru tersebut. Seseorang yang mengetahui cara-cara dan strategi dalam melakukan suatu hal, dirinya pasti akan lebih semangat dalam mengerjakannya, karena dapat menjadikan hal barunya sebagai sebuah tantangan yang seru.

5. Jadikan hal baru tersebut sebagai bentuk menghargai diri 

5 Cara Jadikan Hal Baru sebagai Sebuah Tantangan yang Seruilustrasi menghargai diri sendiri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menghargai diri sendiri itu ada banyak jenisnya, salah satunya adalah dengan menggali segala potensi yang ada dalam diri. Nah, mencoba hal baru juga merupakan salah satu cara yang bisa menggali lebih dalam lagi segala potensi yang ada dalam dirimu. Jadi, agar kamu semakin tertantang dan merasakan senang saat melakukan hal baru, maka jadikan saja hal tersebut sebagai bentuk penghargaan terhadap dirimu sendiri.

Sadarilah bahwa dengan mencoba hal-hal baru, maka kamu akan semakin memahami bahwa sebenarnya ada banyak banget potensi yang kamu miliki dan bisa dikembangkan lagi dengan cara berani mencoba banyak hal baru. Dengan menjadikan hal baru sebagai bentuk menghargai diri ini, juga akan membantumu lebih memahami dan menerima diri sendiri secara apa adanya. Inilah yang akan memunculkan rasa bahagia saat kamu melakukan hal baru. Sangat seru untuk dilakukan, bukan?

Melakukan banyak kegiatan yang gak hanya itu-itu saja, mampu membuat hidupmu semakin berwarna. Selain itu, kamu juga akan tumbuh menjadi orang yang memiliki kreativitas tanpa batas. Kreativitas akan membuatmu mampu bertahan dalam setiap perubahan zaman. Jadi, saat ada kesempatan mencoba hal baru, maka gak perlu dihindari. Namun, jadikan saja sebagai tantangan seru untuk menemani aktivitas keseharianmu.

Baca Juga: 5 Tips agar Tidak Canggung saat Bertemu Orang Baru, Perhatikan!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya