Comscore Tracker

5 Manfaat Belajar Budaya, Semakin Terbuka dengan Perbedaan yang Ada

Karena budaya melibatkan perasaan dan pikiran

Belajar tentang budaya dari beberapa daerah, memiliki manfaat baik bagi kehidupan. Berbagai macam cara dan sudut pandang yang berbeda, membuatmu semakin terbuka dengan perbedaan yang ada. Memahami segala hal yang ada dalam kehidupan ini, akan membuatmu semakin berdaya dan berkembang.

Inilah alasannya mengapa mempelajari budaya dari orang lain, bermanfaat untuk kamu lakukan, karena memberikanmu pandangan baru untuk menjalani kehidupan. Belajar tentang budaya di suatu daerah, khususnya lokal, itu bukan menandakan bahwa kamu gak maju terhadap perkembangan zaman.

Namun, tentu saja lebih luas dari itu, proses belajar tentang apa pun, pasti selalu ada hal yang memberikanmu ilmu, yang bisa membuat kepribadianmu tetap maju. Berikut lima manfaat dari mempelajari berbagai budaya yang ada di beberapa daerah.

1. Memperluas wawasan yang kamu miliki 

5 Manfaat Belajar Budaya, Semakin Terbuka dengan Perbedaan yang Adailustrasi orang berwawasan luas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Manfaat dari belajar budaya yang ada di beberapa daerah, akan membuat wawasanmu menjadi semakin luas. Dalam sebuah budaya, selalu ada pola hidup yang berkembang dan dijalankan oleh masyarakatnya. Setiap budaya juga pasti memiliki cara yang berbeda dalam menjalankan suatu kegiatan.

Dari satu budaya saja, ilmu pengetahuan dan wawasanmu sudah semakin bertambah. Mulai dari cara masyarakatnya bertahan hidup, menjalani aktivitas kesehariannya, hingga pola pikir dalam menyikapi suatu hal. Wawasan yang semakin luas, akan membuatmu semakin berkualitas.

2. Membuatmu semakin mudah dalam hal beradaptasi 

5 Manfaat Belajar Budaya, Semakin Terbuka dengan Perbedaan yang Adailustrasi orang muda yang memiliki kemampuan beradaptasi (pexels.com/MART PRODUCTION)

Belajar budaya yang berbeda dari setiap daerah, tentunya kamu juga akan belajar memahami kebiasaan yang sering dilakukan oleh masyarakat di suatu daerah. Dengan belajar memahaminya, ketika suatu saat kamu berada di daerah tersebut, maka kamu gak akan kesulitan untuk beradaptasi.

Budaya memang tak terpisahkan dari adat dan kebiasaan, maka sudah pasti jika belajar tentang budayanya, kamu pun juga akan belajar tentang aturan yang berlaku dan berbagai kebiasaan yang dilakukan masyarakatnya. Belajar adat dan kebiasaan inilah yang nantinya memudahkanmu dalam proses penyesuaian diri dalam sebuah interaksi.

Baca Juga: Berlibur Sambil Belajar Budaya Jawa di Museum Ullen Sentalu

3. Sebagai sarana belajar tentang bahasa 

5 Manfaat Belajar Budaya, Semakin Terbuka dengan Perbedaan yang Adailustrasi percakapan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Budaya selalu berkaitan dengan bahasa. Mempelajari suatu budaya tertentu, tak pernah lepas dari bahasa daerah tersebut. Manfaat berikutnya dari belajar budaya yang berbeda, juga bisa menjadi sarana untukmu mempelajari bahasanya. Bahasa merupakan hal yang selalu ada dalam kehidupan manusia.

Ini tentunya akan memudahkanmu saat berkomunikasi dengan masyarakat di daerah tersebut. Untuk bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang memiliki budaya berbeda, jika kamu menguasai bahasanya, maka komunikasi yang terjadi akan lancar dan mampu mengurangi kesalahpahaman.

4. Membentukmu menjadi sosok yang selalu menghargai 

5 Manfaat Belajar Budaya, Semakin Terbuka dengan Perbedaan yang Adailustrasi sikap saling menghargai (pexels.com/Keira Burton)

Setiap daerah memiliki budayanya masing-masing, dari hal ini sudah jelas bahwa perbedaan adalah hal yang sangat terlihat. Jika dikaitkan dengan manfaat bagi kepribadian, dengan mempelajari berbagai budaya yang berbeda, itu dapat membentuk kepribadianmu menjadi sosok yang mampu bersikap menghargai.

Kamu akan menjadi pribadi yang lebih terbuka dengan perbedaan, serta mampu menerimanya dengan sudut pandang yang positif. Belajar banyak budaya, dapat membuatmu mengerti dan memahami bahwa hal yang berbeda, itu adalah sesuatu yang indah. Keindahan merupakan hal yang sudah seharusnya dihargai.

5. Mengajarkanmu tentang apa arti hidup yang sebenarnya 

5 Manfaat Belajar Budaya, Semakin Terbuka dengan Perbedaan yang Adailustrasi menjalani hidup (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mempelajari berbagai budaya, tak hanya menambah ilmu dan wawasan saja, melainkan lebih luas dari itu semua. Budaya adalah suatu hal yang melibatkan perasaan dan pikiran. Nah, dari kedua hal inilah kamu akan semakin mengerti dan memahami arti hidup yang sebenarnya.

Budaya yang berbeda dapat mengajarkanmu tentang nilai-nilai yang ada. Kamu akan semakin terbuka dan mampu mendapatkan nilai positifnya, yang bisa diterapkan untuk menjalani kehidupan. Belajar budaya dari beberapa daerah, juga bisa mengajarkanmu tentang kesederhanaan hidup. Kesederhanaan sangat berguna untuk menghadapi perkembangan zaman yang begitu pesat dan menyediakan cara-cara instan. Ketika kamu sederhana, kamu akan bahagia dengan tetap mampu mengikuti perubahan secara bijaksana.

Belajar budaya, khususnya lokal itu bukan berarti kamu kuno. Setiap ilmu selalu memberikan manfaat untuk diri sendiri dan kehidupan yang kamu jalani. Asalkan ilmu yang kamu pelajari itu positif, maka teruslah semangat belajar, termasuk salah satunya mempelajari budaya dari berbagai daerah.

Selain bermanfaat untukmu, dengan belajar budaya hingga kamu berhasil menguasainya, itu menunjukkan bahwa kamu ikut berperan melestarikan warisan nenek moyang. Hal ini adalah sesuatu yang gak bisa dibayarkan oleh apa pun. Dalam proses belajar budaya, pastinya kamu akan bertemu dengan orang-orang yang berbeda, maka selain menambah ilmu dan wawasan, kamu juga bisa menambah teman. Sangat menyenangkan, bukan?

Baca Juga: 5 Fakta tentang Wayang Kulit, Warisan Budaya Indonesia

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya