Comscore Tracker

5 Pesan yang Perlu Diingat Mulai dari Sekarang, Tanamkan dan Terapkan

Apa pun yang orang lain komentari, bukanlah menjadi urusanmu

Hidup itu sederhana, tapi luar biasa dalam menghadirkan kebahagiaan pada setiap orang yang menjalaninya. Tak perlu banyak gaya dan tuntutan untuk bisa menikmati setiap perjalanan proses kehidupan. Tantangan dan rintangan memang ada, tapi itu bukanlah penghalang datangnya kebahagiaan.

Ingatlah selalu beberapa pesan penting tentang bagaimana seharusnya seseorang menjalani hidupnya. Untuk bisa membahagiakan diri di sepanjang waktumu, tanamkan di dalam hati dan pikiran, lalu terapkanlah dalam keseharian maka kamu akan terus merasakan kebahagiaan dan mampu selalu bersyukur dengan apa pun situasi dan kondisi yang terjadi. Yuk, baca dan pahami pesan-pesan berikut ini.

1. Terima dengan ikhlas segala kenyataan yang ada 

5 Pesan yang Perlu Diingat Mulai dari Sekarang, Tanamkan dan Terapkanilustrasi orang yang ikhlas menerima kenyataan dalam kehidupan (pexels.com/Yan Krukov)

Kenyataan adalah fakta yang terjadi dengan sebenar-benarnya. Memang terkadang tak manis dan gak sesuai dengan harapan. Namun, apa pun yang terjadi, cobalah untuk bisa menerimanya dengan penuh keikhlasan. Dengan begitu, kebahagiaan akan tetap mengiringimu setiap harinya, meski sedang dalam keadaan yang kurang menyenangkan sekalipun.

Mengikhlaskan sesuatu memang gak mudah, tapi berusahalah untuk mencobanya. Sebab, rasa ikhlas benar-benar mampu membawa kebahagiaan dan kedamaian hadir ke dalam dirimu. Pahit atau manis kenyataan yang sedang dialami, cobalah untuk ikhlas menerimanya supaya beban gak akan memberatkan dirimu dalam menjalani hari.

2. Apa pun yang orang lain komentari tentangmu, bukanlah beban untukmu menjalani hari 

5 Pesan yang Perlu Diingat Mulai dari Sekarang, Tanamkan dan Terapkanilustrasi orang bergosip (pexels.com/Keira Burton)

Apa pun komentar yang orang lain lontarkan tentangmu, itu bukanlah beban untukmu menjalani hari. Sekali lagi, itu bukanlah menjadi urusanmu. Jangan mudah membawa perasaan dalam menyikapi perkataan orang, apalagi jika itu tentang hal-hal burukmu. Terkadang, kamu juga perlu belajar bersikap cuek terhadap sesuatu yang kurang perlu.

Salah satunya yaitu komentar orang lain yang negatif tentangmu. Selagi kamu terus berada di jalur yang benar dan terus berupaya memperbaiki kesalahan, maka abaikan saja perkataan orang yang berusaha menjatuhkan mentalmu. Tetaplah bangga dan bahagia untuk menjadi diri sendiri, ya.

Baca Juga: 5 Inspirasi Melakoni Hidup yang Nyaman Lahir dan Batin

3. Kamulah yang memegang kendali jalannya hidupmu sendiri 

5 Pesan yang Perlu Diingat Mulai dari Sekarang, Tanamkan dan Terapkanilustrasi orang yang percaya diri (pexels.com/Minervastudio)

Gak ada satu orang pun yang berhak mengatur jalan hidupmu. Segala tanggung jawab akan kebahagiaan hidup seseorang, itu ada di tangannya sendiri. Percaya diri dan yakinlah. Belajar juga untuk mengontrol emosi agar pikiran dan hatimu bisa kamu kendalikan. Dengan begitu semua aspek di dalam diri, baik dari dalam maupun luar akan saling bersinergi.

Hilangkan rasa rendah diri. Mulai bangkitlah untuk menatap masa depan dengan keyakinan kuat bahwa kendali kebahagiaan diri itu akan selalu ada di tanganmu sendiri. Mendengarkan orang lain itu memang disarankan. Tapi ketika kamu harus mengambil keputusan, semua tetap ada di tanganmu. Maka, perlu kebijaksanaan dan ketelitian dalam hal ini.

Ketika kamu berhasil memegang kendali atas hidupmu sendiri, maka gak akan ada satu orang pun yang bisa menggoyahkanmu.

4. Jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain 

5 Pesan yang Perlu Diingat Mulai dari Sekarang, Tanamkan dan Terapkanilustrasi membandingkan diri dengan orang lain (pexels.com/Ron Lach)

Kegiatan membanding-bandingkan diri dengan orang lain, itu hanya membuang waktu produktif dan pastinya akan sangat berpotensi mengurangi kebahagiaan di kehidupanmu. Sadarilah, bahwa setiap manusia itu dilahirkan berbeda, lengkap dengan keunikannya masing-masing. Maka, tak ada gunanya kamu membandingkan diri dengan orang lain, terlebih lagi jika kamu melakukannya dengan sudut pandang yang negatif.

Hentikan kebiasaan membandingkan diri. Aebab itu akan membuatmu semakin stres sendiri. Setiap manusia pasti punya cerita yang berbeda. Jadi, tak perlu kamu membanding-bandingkannya. Syukuri saja apa yang kamu punya, kembangkan lagi, dan bersiap-siaplah untuk bahagia.

5. Jangan terlalu keras kepada diri sendiri 

5 Pesan yang Perlu Diingat Mulai dari Sekarang, Tanamkan dan Terapkanilustrasi orang bercermin (pexels.com/Ivan Oboleninov)

Sayangilah dirimu, berhentilah bersikap keras kepada diri. Tak perlu menghabiskan banyak waktu hanya untuk mencari jawaban dari suatu hal. Bukan sebuah masalah besar apabila sekarang ada sesuatu yang belum kamu tahu jawaban dan penjelasannya. Sebab, hidup memang begitu, selalu ada misteri yang semakin membuat kehidupan terasa seru untuk dijalani.

Pahami bahwa gak ada satu orang pun yang benar-benar sempurna. Maka dari itu jika saat ini ada sesuatu yang penuh tanda tanya untukmu dan kamu juga sudah berusaha memikirkannya agar mengetahui jawabannya, cobalah lebih santai dulu. Biarkan dirimu beristirahat dan menikmati waktu.

Sejatinya, dalam kehidupan memang ada hal-hal yang gak ada jawabannya. Jadi, janganlah kamu membuat stres dirimu sendiri dengan memaksakan diri untuk harus tahu jawaban dari semua pertanyaan dan rasa penasaran.

Kebahagiaan hidup itu sederhana, bukan didasarkan pada harta yang melimpah, bukan pula jabatan yang tinggi, atau hal-hal materi lainnya. Namun, ingatlah selalu lima pesan di atas saja maka setiap harinya kamu akan merasa sayang jika gak menikmati setiap momen di dalam kehidupan. Sebab, akan selalu saja ada kebahagiaan yang bisa diciptakan sendiri dari segala hal yang kamu alami.

Ingat pesan tadi mulai dari sekarang, dan rasakanlah bahwa pasti ada perubahan positif yang hadir seiring dengan berjalannya waktu.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Suasana Hati Tetap Stabil, Inspirasi Hidup Damai

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya