Comscore Tracker

5 Solusi Untukmu yang Tertutup karena Kurang Percaya Diri

Biarkan pesonamu hidup menghiasi hari

Sifat tertutup membuatmu sulit untuk bergaul dengan siapa pun. Sering merasa tak nyaman berada di tengah keramaian, hingga gak percaya diri untuk membangun interaksi. Namun, menjadi pribadi yang tertutup, apakah itu buruk?

Tak sepenuhnya seperti itu, semua orang bebas dalam menentukan pilihannya, mau menjadi terbuka atau tertutup itu pilihan masing-masing. Akan tetapi, ada baiknya untuk mulai belajar terbuka untuk menjalin relasi sosial dengan banyak orang, agar kehidupanmu lebih berwarna dan terasa menyenangkan.

Bagi kamu yang saat ini menutup diri, akibat faktor kurangnya percaya diri. Tak perlu khawatir, selalu ada solusi untuk mengatasinya. Ingin mencoba bergaul dengan orang lain tanpa rasa minder? Yuk, terapkan beberapa solusi berikut ini dalam keseharianmu.

1. Cobalah kenali dan asah lagi kemampuan yang kamu miliki 

5 Solusi Untukmu yang Tertutup karena Kurang Percaya Diriilustrasi memanfaatkan waktu luang untuk mengasah keterampilan (pexels.com/Artem Podrez)

Setiap manusia dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk mengatasi sifat tertutup karena kurangnya rasa percaya diri, salah satu solusi yang bisa kamu lakukan yaitu, dengan mengenali dan mengasah lagi kemampuan yang ada dalam diri.

Itulah yang menjadi kelebihanmu, yang tentunya gak semua orang juga bisa memilikinya. Mencari sesuatu yang lebih di dalam diri, itu bukanlah termasuk hal yang membuatmu menjadi sombong nantinya. Namun, sadarilah sejak dini bahwa kelebihan atau kemampuanmu adalah aset berharga yang bisa digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri, terlebih untuk menjalin sebuah interaksi.

2. Tataplah orang lain dengan senyuman indahmu 

5 Solusi Untukmu yang Tertutup karena Kurang Percaya Diriilustrasi tersenyum (pexels.com/Brett Sayles)

Senyuman merupakan hal yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Bagi kamu yang malu dan selalu tertutup, cobalah mulai beranikan diri untuk keluar dari zona nyamanmu. Bertemu dan berkenalanlah dengan orang lain di luar sana, tataplah mata mereka dan berikan senyuman yang paling indah.

Tersenyum kepada orang lain dapat menularkan perasaan bahagia, maka jangan takut untuk melakukannya. Sebarkan kegembiraan dan energi positif kepada orang-orang yang ada di sekitarmu. Seiring berjalannya waktu, sifat tertutup dan enggan bersosialisasimu akan berkurang, sehingga nantinya kamu akan mudah untuk berinteraksi dengan rasa percaya diri.

3. Jangan pernah merasa bahwa di hidup ini kamu benar-benar sendiri 

5 Solusi Untukmu yang Tertutup karena Kurang Percaya Diriilustrasi merasa sendiri dalam hidup ini (pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi)

Mengatasi sifat tertutup akibat kurangnya kepercayaan diri, ada baiknya kamu mulai dari perasaanmu sendiri. Jangan pernah merasa bahwa kamu hidup sendirian di dunia ini. Percayalah, masih ada banyak orang yang benar-benar peduli padamu dan ingin berteman denganmu, maka tak perlu kamu merasa dirimu selalu sendiri karena tak ada yang menemani.

Meningkatkan kepercayaan diri untuk kembali berinteraksi, memang selalu ada proses yang harus dilalui. Nikmati saja setiap prosesnya, jangan selalu merasa terintimidasi oleh lingkungan sosial. Jika kamu ingin lebih percaya diri dan bisa sedikit demi sedikit terbuka, maka jangan pernah merasa sendiri di hidup ini.

Baca Juga: 5 Alasan yang Membuatmu Sering Merasa Tidak Percaya Diri, Mengalami?

4. Tak perlu semua perkataan orang kamu hiraukan 

5 Solusi Untukmu yang Tertutup karena Kurang Percaya Diriilustrasi orang sedang memikirkan komentar orang lain (pexels.com/Anete Lusina)

Solusi berikutnya yang cukup ampuh dan efektif, bagi kamu yang selalu tertutup karena merasa kurang percaya diri yaitu, tak perlu semua perkataan orang kamu hiraukan. Komentar dari orang lain kepadamu, memang terkadang bisa menjadi hambatan dalam proses meningkatkan kepercayaan diri.

Maka dari itu, abaikanlah berbagai komentar yang menjatuhkan. Pandai dan bijaksanalah dalam mendengarkan dan menyaring komentar yang orang lain berikan. Percaya dirilah, jangan pernah merasa ragu akan berbagai hal tentang dirimu, mulai dari kemampuan yang kamu miliki hingga penampilan, serta perilakumu. Selagi semua hal itu positif dan gak merugikan orang lain, tetaplah percaya diri menjadi dirimu sendiri.

5. Coba untuk lebih berani dan rileks

5 Solusi Untukmu yang Tertutup karena Kurang Percaya Diriilustrasi mengobrol santai pada awal perkenalan (pexels.com/Monstera)

Solusi ampuh berikutnya, untukmu yang selalu tertutup karena kurang percaya diri yaitu, dengan memberanikan diri dan relaks saja saat berinteraksi. Jadilah sosok pemberani, agar kepercayaan dalam diri bisa naik dan membuatmu gak menutup diri dari dunia yang sangat sayang, jika gak kamu nikmati segala isinya.

Tenangkan diri dan rileks saja, karena dunia luar itu gak seseram yang kamu bayangkan. Belajarlah mengendalikan emosi, ketika mulai merasa tak nyaman berada di tengah banyak orang. Semua memang butuh proses, maka agar lebih terbiasa, saatnya memberanikan diri dengan tetap menjaga hati dan pikiran senantiasa positif, supaya kamu bisa lebih santai dalam proses membuka diri.

Menjadi pribadi yang terbuka maupun tertutup itu pilihan, tapi alangkah lebih baiknya, jika kamu juga menyeimbangkan semua aspek kehidupan. Mengingat manusia adalah makhluk sosial yang pastinya akan saling membutuhkan, tak ada salahnya untuk lebih terbuka dan menjalin interaksi bersama.

Satu hal lagi yang perlu kamu ingat, tetaplah menjadi diri sendiri. Tak perlu menjadi orang lain untuk bisa diterima dan disukai banyak orang. Intinya selalu bersikap positif dan percaya diri saja, maka pasti akan ada saja orang yang menerima kehadiranmu dengan senang hati. Jangan malu untuk menunjukkan pesonamu.

Baca Juga: 5 Tips Tingkatkan Level Rasa Percaya Diri, Hargai Keunikanmu!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya