Comscore Tracker

5 Tips Antisipasi Adanya Kemungkinan Buruk, Jaga-jaga Saja Dulu

Meski risiko tetap ada, setidaknya sudah punya strateginya

Sedang memperjuangkan sesuatu untuk kehidupan mendatang? Segala tindakan pasti punya dampaknya masing-masing, entah itu baik atau buruk. Namun, tak perlu khawatir akan apa yang belum terjadi. Tetap tenang dan fokus jalankan perencanaan. Meski terkait risiko pasti ada, setidaknya kamu sudah punya strategi menghadapinya.

Maka, daripada nantinya kewalahan, lebih baik persiapkan diri mengantisipasi kemungkinan terburuk. Ini dia bentuk perlindungan diri dari segala efek negatif yang menghampiri. Berikut beberapa tips jitunya.

1. Tetap tenang dan jangan berpikir negatif 

5 Tips Antisipasi Adanya Kemungkinan Buruk, Jaga-jaga Saja Duluilustrasi berpikir positif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kondisi pikiran dan emosional menjadi hal yang perlu distabilkan dalam upaya mengantisipasi kemungkinan buruk datang, di saat kamu sedang berjuang. Ketika diri merasa tenang dan tak terlalu memikirkan segala sesuatunya secara negatif, maka apa pun kenyataannya nanti, kamu tak mudah terpengaruhi dampak buruknya.

Tak bisa dipungkiri, saat berhadapan dengan situasi yang buruk, sisi emosi menjadi sedikit terganggu hingga pikiran pun kerap dikuasai hal negatif. Namun, jika kamu sudah menguatkan diri agar bisa tenang dan menjaga pola pikir tetap positif, maka semua akan bisa dikendalikan dengan baik.

2. Pastikan diri berada dalam lingkungan sosial yang sehat 

5 Tips Antisipasi Adanya Kemungkinan Buruk, Jaga-jaga Saja Duluilustrasi lingkungan pertemanan positif (pexels.com/fauxels)

Lingkungan berperan penting terhadap kondisi diri. Oleh karena itu, antisipasilah berbagai kemungkinan yang bisa saja buruk nantinya dengan tetap berada dalam lingkungan sosial yang sehat dan positif. Sebab, ketika diri mulai tak kuat menghadapi risikonya, paling tidak kamu punya orang-orang yang bersedia mendukungmu.

Risiko tetap bisa dialami. Tapi setidaknya ketika berada di tengah orang-orang baik, maka risiko buruknya tak terlalu besar hingga merusak kesehatan fisik dan mental. Apalagi bagi seseorang yang sedang kebimbangan saat mengalami kedukaan, orang sekitar berperan penting karena bisa memberikan motivasi dan saran yang terbaik untukmu di saat itu.

Baca Juga: 5 Life Skill yang Penting Dikembangkan, Antisipasi Perubahan

3. Menanamkan kebaikan pada diri 

5 Tips Antisipasi Adanya Kemungkinan Buruk, Jaga-jaga Saja Duluilustrasi berafirmasi positif setiap hari (pexels.com/Michael Burrows)

Tanamkan hal-hal baik kepada diri sendiri sejak dini. Sebab ini merupakan tips agar kamu kuat menghadapi keadaan yang sedang memburuk. Kamu tak pernah tahu kapan kemungkinan buruk itu datang.

Jika sejak sekarang sudah menanamkan berbagai kebaikan kepada diri, maka saat hal buruk yang tak diharapkan terjadi, kamu tetap bisa berdiri kuat di kaki sendiri.

Belajarlah banyak hal sebagai bekalnya, perluas lagi ilmu dan wawasanmu sehingga saat sesuatu yang buruk tiba-tiba muncul, kamu punya pengetahuan tentang bagaimana mengatasinya agar tak semakin memperburuk keadaan.

4. Memiliki kesadaran bahwa kemungkinan buruk pun bisa datang 

5 Tips Antisipasi Adanya Kemungkinan Buruk, Jaga-jaga Saja Duluilustrasi memiliki kesadaran penuh terhadap situasi yang dilalui (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Antisipasilah diri dengan memiliki kesadaran bahwa kemungkinan terburuk itu memang bisa saja datang, bahkan tak terduga waktunya. Lalu, sadarilah juga bahwa ini bisa menimpa siapa saja, tak hanya padamu seorang. Dengan begitu, ketika hal buruk benar-benar terjadi, kamu tak akan terkejut lagi.

Hal yang sebaiknya dilakukan adalah menghadapinya dengan pengelolaan yang baik, bukan malah sibuk mencari cara menghindarinya.

5. Jangan berekspektasi tinggi 

5 Tips Antisipasi Adanya Kemungkinan Buruk, Jaga-jaga Saja Duluilustrasi berekspektasi (pexels.com/Moose Photos)

Berekspektasi itu adalah hak pribadi dan setiap orang boleh melakukannya. Namun, ingatlah kembali bahwa semua ada kemungkinan terbaik dan terburuknya. Maka, lebih bijaksana jika tak terlalu tinggi dalam berekspektasi. Kontrol ekspektasimu sebagai cara untuk mengantisipasi jika kemungkinan buruklah yang terjadi.

Apabila ekspektasi dibiarkan semakin tinggi, maka bisa mengakibatkan kerugian. Kamu bisa mengalami kekecewaan hingga sulit menerima kenyataan. Antisipasi segala hal buruk yang bisa saja terjadi dengan memiliki ekspektasi yang sewajarnya saja. Sehingga apa pun realitasnya nanti, kamu bisa menguasai diri.

Nikmati segala hal yang sedang kamu alami, selalu berikan yang terbaik, dan terapkan beberapa tips antisipasi di atas sebagai upaya menjaga diri. Tidak usah terlalu memusingkannya. Jika sudah punya perlindungan untuk diri, maka seburuk apa pun kenyataannya, kamu akan tetap dalam kondisi baik-baik saja.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk ke Diri Sendiri yang Sering Tidak Disadari

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya