Comscore Tracker

5 Tips Bangun Benteng Perlindungan Diri agar Gak Mudah Terdistraksi

Gak lagi sulit berkonsentrasi asal punya perlindungan diri

Melakukan kegiatan apa saja, baik saat sedang bekerja, belajar, berbicara, dan sebagainya, selalu membutuhkan fokus dan konsentrasi tinggi.

Akan tetapi, hal yang wajar juga jika kamu pernah mengalami kesulitan berkonsentrasi karena mengalami berbagai macam distraksi. Inilah mengapa kamu perlu membangun sebuah benteng perlindungan diri agar gak lagi mudah terdistraksi. Dengan begitu, kamu akan mudah untuk selalu berkonsentrasi, baik saat bekerja, belajar dan aktivitas yang lainnya.

Bagi kamu yang merasa penasaran bagaimana cara membangun benteng perlindungan dirinya, yuk simak beberapa tips berikut ini.

1. Jangan pernah lupa dengan apa yang menjadi tujuan utama 

5 Tips Bangun Benteng Perlindungan Diri agar Gak Mudah Terdistraksiilustrasi orang sedang mengingat suatu hal (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Membangun benteng perlindungan diri agar kamu gak sering mengalami distraksi yang mengacaukan konsentrasi yaitu jangan pernah lupa dengan apa yang menjadi tujuan utamamu. Ingatlah apa yang ingin kamu capai di masa depan nanti.

Mengingat tujuan hidup dapat menjadi sesuatu yang akan terus melindungimu ketika ingin berjalan ke arah yang bukan tujuanmu.

Tak pernah melupakan tujuan utama yang benar-benar ingin kamu capai akan membuatmu mampu mengontrol diri dari segala macam distraksi yang hadir setiap hari.

Tips ini adalah hal yang penting. Maka jangan anggap sepele tentang tujuan hidup karena dapat membantumu menahan diri saat mulai terganggu oleh hal-hal yang gak perlu.

2. Berikan batasan pada pekerjaan 

5 Tips Bangun Benteng Perlindungan Diri agar Gak Mudah Terdistraksiilustrasi membuat daftar pekerjaan (pexels.com/Anna Shvets)

Manusia pasti akan kelelahan jika dia terus bekerja tanpa beristirahat setiap harinya.

Kelelahan secara fisik dan mental juga merupakan jenis dari distraksi dalam diri manusia. Maka agar kamu gak sampai mengalaminya, persiapkan perlindungan untuk diri dengan memberikan batasan pada pekerjaan yang harus kamu selesaikan.

Kamu memang harus bertanggung jawab menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu. Namun kamu juga harus peka ketika badan dan pikiran sudah mulai merasa lelah.

Agar distraksi seperti ini gak membuatmu menyerah, cobalah batasi jenis-jenis pekerjaan yang paling mendesak terlebih dulu untuk kamu selesaikan. Tentukan maksimal tiga pekerjaan utama yang harus kamu kerjakan dalam waktu satu hari.

Baca Juga: 5 Tips Konsentrasi Saat Membaca, Gak Gampang Terdistraksi

3. Tetap menjadwalkan jam istirahat 

5 Tips Bangun Benteng Perlindungan Diri agar Gak Mudah Terdistraksiilustrasi orang sedang menikmati jam istirahat saat bekerja (pexels.com/Gustavo Fring)

Jam istirahat memiliki banyak sekali manfaat seperti mengurangi tekanan stres dan lelah, meningkatkan kinerja, menghilangkan rasa jenuh dan bosan, menyegarkan kembali pikiran, dan masih banyak lagi.

Nah, karena memiliki banyak manfaat baik untukmu, maka jam istirahat menjadi salah satu tips ampuh bagi kamu yang sedang berusaha membangun benteng perlindungan diri.

Tentu saja dengan ini kamu akan bisa selalu fokus dan berkonsentrasi tinggi. Maka, ketika kamu sudah mulai lelah bekerja atau aktivitas lainnya, beristirahatlah sesuai dengan jam yang sudah kamu jadwalkan.

Janganlah memaksakan diri untuk bekerja tanpa henti karena itu hanya akan sia-sia dan memicumu menjadi semakin merasa lelah. Jika sudah sangat lelah, maka distraksi kecil saja bisa terasa sangat mengganggu.

4. Memiliki pola hidup yang sehat 

5 Tips Bangun Benteng Perlindungan Diri agar Gak Mudah Terdistraksiilustrasi tidur nyenyak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Membangun perlindungan diri berikutnya yaitu milikilah pola hidup yang sehat. Menjaga kesehatan merupakan perlindungan bagi dirimu di masa kini dan yang akan datang nanti. Gak hanya itu saja, ternyata faktor kesehatan yang terjaga, juga bisa menjadi benteng yang akan melindungimu dari berbagai macam distraksi.

Rutinlah berolahraga, makanlah secara teratur, dan konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi setiap hari. Cukupilah waktu tidurmu sekitar 7-8 jam per malam.

Ketika kamu menjalani pola hidup sehat, maka kamu gak akan merasa stres secara berlebihan dan tentu saja dalam melakukan berbagai kegiatan pun, kamu akan mampu berkonsentrasi serta bisa mengatasi segala jenis distraksi.

5. Luangkan waktu untuk menjalani hobi 

5 Tips Bangun Benteng Perlindungan Diri agar Gak Mudah Terdistraksiilustrasi melakukan hobi (pexels.com/Michael Burrows)

Kegiatan menjalankan hobi, pasti akan membuatmu senang dan gembira.

Ternyata, hobi juga menjadi salah satu tips dalam membangun benteng perlindungan diri agar gak mudah terdistraksi, lho. Stres dan tekanan yang selama ini kamu rasakan itu dapat membuatmu selalu terdistraksi saat bekerja atau aktivitas lainnya. Agar bisa tetap fokus dalam berbagai kegiatan, tetaplah meluangkan waktu untuk melakukan hobi yang selama ini kamu jalankan.

Melakukan hobi dapat menjadi kegiatan yang menyegarkan pikiran. Dengan begitu, kamu gak akan lagi merasa stres yang kerap menjadi pemicu munculnya distraksi. Melalui hobi, kamu bisa bersemangat dan menjaga pikiran, serta hati agar senantiasa senang. Ketika perasaan senang, maka berkonsentrasi pun bisa dilakukan.

Gak mudah dan butuh waktu yang juga gak singkat untuk bisa membangun benteng perlindungan diri yang kokoh. Namun, jika kamu ingin bisa melindungi diri dari segala distraksi, niat dan konsistenlah dalam menerapkan kelima tips di atas.

Teruslah berusaha setiap harinya supaya kamu gak lagi sulit untuk berkonsentrasi pada apa yang sedang kamu kerjakan sekarang ini.

Baca Juga: 5 Hal Baik yang Didapat jika Mau Fokus Terhadap Satu Tujuan Kesuksesan

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya