Comscore Tracker

5 Tips Jitu agar Gak Putus Asa saat Semua yang Kamu Miliki Hilang

Tumbuhkan motivasi hingga kamu gak lagi mengenal rasa lelah

Ada banyak hal dalam hidup ini yang dapat membuatmu selalu semangat dan termotivasi untuk terus berjuang menggapai mimpi. Nah, agar impianmu bisa terwujud, dibutuhkan berbagai upaya yang harus diperjuangkan. Kamu pun tak kenal lelah dalam melakukannya hingga suatu saat berhasil mendapatkan apa yang kamu impikan selama ini.

Namun, manusia gak akan pernah lepas dari yang namanya ujian hidup. Ada saja hal-hal yang membuat semua yang telah kamu dapatkan dan miliki tersebut menghilang dari genggamanmu. Kondisi yang seperti ini membuatmu bersedih hingga putus asa.

Namun, demi kebaikan masa depanmu, segeralah bangkit dari keputusasaan ini. Jangan khawatir, meski terdengar berat di awal, setelah kamu mulai melangkah melakukan tips-tips berikut, bangkit dari situasi yang menyakitkan ini pasti bisa kamu lakukan. Yuk, simak baik-baik.

1. Gak perlu menyesali diri dan keadaan 

5 Tips Jitu agar Gak Putus Asa saat Semua yang Kamu Miliki Hilangilustrasi orang menyesal (pexels.com/Inzmam Khan)

Kehilangan semua yang telah kamu perjuangkan selama ini memang membuatmu merasa sakit dan sering kali kamu menjadi menyesali diri dan keadaan yang terjadi. Penyesalan terhadap hal-hal tersebut bukanlah cara yang tepat untuk belajar menerima dan mengikhlaskan semua yang hilang dari hidupmu. Justru apabila kamu menyesalinya, kamu malah akan semakin merasa sakit dan pastinya juga gak akan terjadi perubahan positif.

Yakinlah saja bahwa segala hal yang ditakdirkan untukmu akan selalu menjadi milikmu. Sementara itu, yang bukan untukmu, ikhlaskan saja. Meski merasa sedih dan kecewa, tetaplah semangat dan jangan putus asa untuk berjuang lagi. Siapa tahu ada sesuatu yang jauh lebih baik dari sebelumnya menantimu di depan.

2. Jadikan rasa kehilangan sebagai pembelajaran

5 Tips Jitu agar Gak Putus Asa saat Semua yang Kamu Miliki Hilangilustrasi merenung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kehilangan itu merupakan bagian dari jalan kehidupan setiap manusia. Itu pasti akan dirasakan oleh siapa saja. Rasa sedih dan kecewa dari sebuah momen kehilangan itu memanglah wajar terjadi. Akan tetapi, itu bukan berarti membuatmu patah hati dan putus asa dalam sebuah perjalanan kehidupan.

Nah, agar gak semakin terpuruk dan putus asa karena kehilangan banyak hal yang kamu miliki, kamu harus tetap menumbuhkan motivasi dalam diri. Dengan begitu, semangatmu gak akan pudar meski telah kehilangan banyak hal. Semua yang hilang, jika kamu terus berjuang, pasti akan tergantikan oleh hal-hal baru lainnya. Jadi, jangan pernah merasa putus asa dan pupus harapan, ya.

Daripada kamu terus menerus merasa pilu, lebih baik jadikan saja rasa kehilanganmu yang menyakitkan itu sebagai sebuah pembelajaran. Belajarlah tentang bagaimana menerima rasa kecewa menjadi rasa ikhlas dan memahami kenyataan dengan bijaksana.

Baca Juga: 5 Hal yang Kerap Membuat Cowok Kehilangan Fokus dalam Bekerja

3. Tanamkan sikap optimis dalam diri 

5 Tips Jitu agar Gak Putus Asa saat Semua yang Kamu Miliki Hilangilustrasi bersikap optimis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu cara efektif mengatasi keputusasaan ketika semua yang telah kamu miliki hilang adalah dengan cara menanamkan sikap optimis dalam diri setiap hari. Bersikap optimis akan menumbuhkan semangat baru saat kondisimu sedang rapuh. Kehilangan harapan, kehilangan peluang dan kesempatan, kehilangan pekerjaan, dan sebagainya bukan berarti kamu menjadi orang yang pesimis dalam menjalani kehidupan.

Namun, apa pun yang terjadi, tetaplah berusaha selalu optimis terhadap sebuah momen kehilangan. Meski ada hal yang hilang, percayalah bahwa akan ada sesuatu yang baru akan datang. Kuncinya adalah bersedia menerima dengan lapang dada dan mau terus berjuang. Dengan memiliki sikap optimis, segala jenis kehilangan di masa depan bukanlah menjadi masalah dan beban. Bahkan, hal tersebut malah bisa saja menjadi pendorong semangatmu untuk terus berjuang.

4. Tetaplah bersyukur karena itu dapat menghilangkan rasa kecewa akibat kehilangan 

5 Tips Jitu agar Gak Putus Asa saat Semua yang Kamu Miliki Hilangilustrasi orang bersyukur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kehilangan akan terasa semakin menyakitkan apabila kamu gak pandai dalam bersyukur. Cobalah belajar mengambil sisi positif dari segala hal yang kamu rasakan dan alami. Meski terdengar menyakitkan karena kehilangan segalanya yang kamu miliki, tetaplah ambil hal baiknya untuk kamu syukuri, ya.

Dengan bersyukur, kamu akan tetap merasa bahagia sepanjang waktu meskipun dalam kondisi kehilangan banyak hal. Selain akan merasa bahagia, dengan pandai bersyukur, kamu akan terbiasa dengan berbagai macam situasi dan kondisi, baik itu senang maupun duka. Bersyukur akan membuatmu tetap semangat dalam menjalani kehidupan.

5. Jangan menyerah berjuang meraih kembali apa yang telah hilang 

5 Tips Jitu agar Gak Putus Asa saat Semua yang Kamu Miliki Hilangilustrasi orang bekerja (pexels.com/fauxels)

Kehilangan hal-hal yang sudah kamu miliki bukan berarti kamu gak boleh berjuang kembali untuk mendapatkannya lagi. Selagi masih ada kesempatan, berusahalah lagi untuk menggapai hal-hal yang telah hilang tersebut. Tetaplah semangat untuk mendapatkannya kembali setelah kamu menyadari bahwa hal tersebut benar-benar sudah hilang dari genggaman.

Jangan merasa terpuruk dan putus asa karena dari momen kehilangan tersebut terkadang dapat memunculkan semangat baru dan membuatmu semakin tertantang untuk mendapatkannya lagi. Cobalah kembali meraih hal-hal yang telah hilang dengan cara yang positif. Pastinya kamu juga harus tekun, ya. Dengan begitu, rasa sakit, kecewa, dan putus asa bisa segera tergantikan dengan semangat baru.

 

Itulah kelima tips yang bisa kamu lakukan agar gak putus asa saat kehilangan semua hal yang kamu miliki. Kehilangan memang menjadi salah satu momen yang menyakitkan dan sering kali membuat seseorang menjadi putus asa. Namun, apabila kamu mengikhlaskan dan mengatasinya dengan baik, rasa sakit itu gak akan membuatmu patah semangat, justru hal tersebut bisa menumbuhkan motivasi dalam diri hingga kamu gak lagi mengenal rasa lelah sampai berhasil mendapatkannya kembali.

Baca Juga: 5 Cara Tetap Semangat meski Harapan Belum Terwujud

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya