Comscore Tracker

5 Tips Jalani Hidup Tenang, Berani Terima Hal yang Tak Bisa Diubah

Ketenangan datang dari keberanian dalam menerima kenyataan

Menjalani hidup dengan tenang, hampir menjadi impian banyak orang. Ketika, hati dan pikiran tenang, apa pun situasi dan kondisi yang dihadapi, tak mampu menggoyahkan diri. Ketenangan sebenarnya datang dari dirimu sendiri, dan yang menciptakannya pun itu adalah kamu.

Namun, seiring berjalannya waktu, ada saja hal-hal yang kerap membuat diri menjadi sulit merasa tenang dalam menjalani hari. Sebab, ada dorongan keinginan hati yang terkadang tak sejalan dengan harapan dan kenyataan. Untuk itu, agar kamu bisa kembali menjalani kehidupan dengan tenang, simaklah beberapa tips berikut ini.

1. Selalu jujur dan apa adanya 

5 Tips Jalani Hidup Tenang, Berani Terima Hal yang Tak Bisa Diubahilustrasi jujur kepada diri sendiri (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Tips pertama agar kamu bisa tenang dalam berkehidupan yaitu, selalu berperilaku jujur dan apa adanya. Kejujuran adalah salah satu hal yang bisa mendamaikan hati dan pikiranmu. Sebab, saat kamu mampu jujur dan apa adanya dalam menjalani hidup. Maka, dalam keseharian kamu gak perlu berpura-pura, sebab kepura-puraan hanya akan membuatmu lelah dalam berkehidupan.

Inilah sebabnya, perilaku jujur, entah dalam bersikap maupun berkata bisa membuatmu lebih berenergi sepanjang harinya. Sebab, gak ada upaya dari dalam diri untuk menyembunyikan sesuatu. Semakin kamu berusaha menutupi sesuatu, semakin gak tenang dalam menjalani hidup ini. Maka, jika kamu ingin tenang, junjung tinggi perilaku baik ini dan bersikaplah apa adanya sesuai apa yang kamu rasakan.

2. Berharap secara realistis 

5 Tips Jalani Hidup Tenang, Berani Terima Hal yang Tak Bisa Diubahilustrasi orang berharap (pexels.com/Vanessa Garcia)

Harapan bisa meningkatkan semangat di dalam diri. Namun, kamu juga perlu berhati-hati saat mengharapkan sesuatu. Berharaplah secara realistis, jika kamu ingin menjalani hidup dengan tenang. Sebab, berharap berlebihan itu hanya akan membuatmu gak tenang dalam berkehidupan.

Maka, harapkan sesuatu yang sekiranya bisa kamu wujudkan. Bukan berarti membatasi impian, berharap yang realistis adalah memiliki harapan dengan upaya dan kemampuan yang seimbang dalam proses mencapainya. Sehingga, ada rasa tenang dalam menjalani hidup, serta peningkatan rasa optimis pun akan mengiringi setiap langkahmu.

Baca Juga: 5 Tips untuk Melatih JOMO, Hidup Dijamin Lebih Tenang! 

3. Milikilah keberanian menerima sesuatu yang tak bisa kamu ubah 

5 Tips Jalani Hidup Tenang, Berani Terima Hal yang Tak Bisa Diubahilustrasi memiliki keberanian menerima hal yang tak bisa diubah (pexels.com/Ismael Sanchez)

Berani menerima sesuatu yang sejatinya tak bisa kamu ubah, merupakan tips berikutnya untuk mendapatkan ketenangan hati dan pikiran dalam menjalani kehidupan. Dalam hidup ini, ada hal-hal yang bisa kamu ubah, tapi ada juga hal yang sulit, bahkan gak bisa kamu ubah.

Namun, ada saja beberapa orang yang tetap berupaya memaksakan diri untuk mengubah sesuatu yang tak bisa mereka ubah. Hasilnya, tentu saja dia menjadi gak tenang dalam berkehidupan. Sesuatu yang gak bisa kamu ubah, salah satunya adalah masa lalu.

Masa lalu sudah gak mungkin lagi kamu ubah. Maka, jika hal tersebut menjadi salah satu yang membuatmu gak tenang di masa sekarang. Jangan pernah berpikir untuk mengubahnya, sebab sekeras apa pun usahamu, masa lalumu akan tetap seperti itu. Lebih baik, beranikan diri untuk menerima dan menjadikannya sebagai pembelajaran hidup di masa kini dan yang akan datang nanti.

4. Terima kenyataan yang saat ini kamu alami 

5 Tips Jalani Hidup Tenang, Berani Terima Hal yang Tak Bisa Diubahilustrasi menerima kenyataan hidup (pexels.com/Lamar Belina)

Belajarlah menerima kenyataan yang saat ini sedang kamu alami, supaya bisa tenang dalam menjalani hidup ini. Entah itu, kenyataan yang menyenangkan hati maupun yang membuatmu merasa sedih. Terima saja sebagai bagian dari proses perjalanan hidupmu dan sikapi dengan baik, serta bijaksana.

Dengan kemampuan menerima kenyataan hidup, maka kamu akan mendapatkan ketenangan di dalam diri saat sedang menjalani hari demi hari. Ketika, dirimu tenang, maka untuk melangkah ke depan pun akan lebih terarah. Sebab, saat hati dan pikiran tenang, kamu bisa berpikir tentang apa saja yang harus dan tidak harus dilakukan. Saat semua dalam posisi yang tepat, selain bisa merasa tenang, kamu pun akan semakin sehat, baik secara fisik dan mental.

5. Akui kesalahan, jika memang kamu melakukannya 

5 Tips Jalani Hidup Tenang, Berani Terima Hal yang Tak Bisa Diubahilustrasi orang mengakui kesalahannya (pexels.com/Jack Sparrow)

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak. Berbuat salah bisa menjadikanmu gelisah, sehingga kurang tenang saat sedang menjalani kehidupan. Untuk itu, ketika kamu berbuat salah, beranilah mengakuinya, serta berupaya memperbaiki setelahnya.

Gak perlu menyembunyikan kesalahanmu, sadari dan akuilah. Sebab, dengan mengakuinya, kamu akan mudah untuk memperbaiki diri dan menemukan solusi terbaiknya. Jika, kesalahan yang kamu lakukan berdampak negatif ke orang lain, minta maaflah, supaya tak ada kesalahpahaman dan gak ada hati yang terluka. Setelah itu, kamu bisa meminta saran tentang bagaimana seharusnya memperbaiki kesalahanmu yang telah membuat orang lain menjadi terkena imbasnya.

Menjalani hidup dengan rasa tenang, bisa mendatangkan kebahagiaan untukmu. Meskipun, bahagia juga gak harus menjadi patokan. Namun, kamu pun gak akan memaksakan diri lagi untuk mengontrol sesuatu yang memang itu di luar kendalimu.

Temukanlah ketenangan diri dalam menjalani hidup ini. Dengan begitu, apa pun situasi yang sedang dihadapi, gak akan mampu membuatmu terjatuh ke dalam keterpurukan yang berujung depresi.

Baca Juga: 5 Cara Menjalani Hidup Ala Taoisme, Bikin Pikiran Lebih Tenang

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya