Comscore Tracker

5 Tips Menguatkan Mental saat Hampir Putus Asa

Mental kuat mampu membuatmu tetap tegar

Hampir setiap orang pernah merasa ingin menyerah. Namun, putus asa bukanlah kata hati yang harus kamu ikuti. Bangkitlah kembali untuk memperjuangkan cita-cita impian.

Memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, dengan cara menguatkan kembali mental yang sempat rapuh, hingga hampir putus asa dapat menjadi sarana untukmu mendapatkan ketegaran. Berikut lima tipsnya.

1. Tetap berusaha mengendalikan emosi diri

5 Tips Menguatkan Mental saat Hampir Putus Asailustrasi orang yang mampu mengontrol emosi dalam bereaksi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Emosi manusia memang wajar jika terkadang naik dan turun. Apabila sekarang kamu sedang mengalami keterpurukan, maka kendalikan emosi diri, supaya rasa ingin menyerah tidak sampai kamu lakukan.

Cobalah tenangkan hati dan pikiran, meski kenyataannya memang sedang tidak karuan. Ketenangan mampu membuat emosi lebih terkontrol. Saat emosimu stabil, maka segala keputusan yang akan diambil bisa lebih bijaksana.

2. Menjaga pikiran selalu positif

5 Tips Menguatkan Mental saat Hampir Putus Asailustrasi berpikir positif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berpikir positiflah terhadap situasi yang sedang kamu hadapi. Meski, tidak menyenangkan karena menjadikanmu hampir berputus asa. Namun, dengan berpikir positif, maka keadaan akan tetap baik-baik saja.

Jika merasa kesulitan, cobalah mulai memikirkan hal-hal yang membahagiakan di tengah kedukaan. Semua peristiwa tetap ada pelajaran baiknya yang dapat memberikanmu kemudahan di masa depan.

Baca Juga: 5 Alasan Gak Boleh Putus Asa meskipun Kerja Kerasmu Diremehkan

3. Hindari menyalahkan diri atas apa yang terjadi

5 Tips Menguatkan Mental saat Hampir Putus Asailustrasi menyalahkan diri sendiri (pexels.com/Daniel Reche)

Kegagalan hanyalah sementara, justru biasanya setelah gagal kamu akan menemukan kesempatan dan peluang yang lebih besar lagi. Maka, jangan terburu berputus asa hingga menyalahkan diri sendiri.

Berjuanglah kembali, karena bukan kamu tak mampu, ini hanya tentang pengaturan strategi dan waktu saja. Terima kegagalan dan belajar lagi, maka keberhasilan akan menjadi kenyataan.

4. Apresiasi diri yang telah berjuang

5 Tips Menguatkan Mental saat Hampir Putus Asailustrasi mengapresiasi diri sendiri (pexels.com/Andres Ayrton)

Meskipun, kesuksesan belum didapatkan, itu bukan menjadi akhir perjalanan. Kesempatan meraih sukses masih terbuka, kuatkan mentalmu dengan cara tetap mengapresiasi diri yang telah berjuang.

Energi positif pasti akan meningkat, sehingga putus asa tidak akan jadi kamu alami. Berterima kasihlah kepada diri dan berikan yang terbaik, lakukan hal-hal yang kamu sukai. Hargai dirimu yang sudah berusaha selama ini.

5. Tingkatkan rasa syukur

5 Tips Menguatkan Mental saat Hampir Putus Asailustrasi orang bersyukur (pexels.com/cottonbro)

Ketika kamu hampir putus asa, cobalah syukuri apa pun yang kamu miliki. Salah satunya yaitu, tentang diri yang masih bersedia menerima cobaan dengan penuh kesabaran.

Hal ini juga bisa menjadi sesuatu yang layak untuk disyukuri. Semakin pandai kamu menemukan hal-hal tersebut, akan semakin kuat mentalmu, meski kondisinya sedikit terpuruk.

Kesehatan mental sebaiknya tak diabaikan, apalagi ketika kondisi diri sedang mengalami keputusasaan. Praktikkan beberapa tips di atas, mental yang kuat menjadikanmu semakin hebat.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diredam Saat Putus Asa, Kamu Masih Punya Harapan!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya