Comscore Tracker

5 Tips Temukan Kelebihan agar Tak Menyesal Ambil Keputusan 

Jangan hanya fokus di kelemahanmu saja 

Kebanyakan orang lebih fokus pada kelemahan diri daripada kelebihannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya orang yang masih bingung ketika ditanya tentang apa saja yang menjadi kelebihannya. Tapi, kalau ditanya tentang kekurangan dirinya, mereka akan dengan lancar menjawabnya dan bahkan banyak yang bisa mereka ketahui.

Apabila kamu terlalu fokus pada kekurangan, hal tersebut menyebabkan kamu menjadi mengabaikan tentang kelebihan diri sendiri, dan bahkan bisa jadi kamu gak tahu apa saja kelebihan yang kamu miliki. Inilah yang menjadi alasan mengapa selama ini kamu selalu salah setiap mengambil keputusan. Apakah kamu sedang mengalami kondisi seperti ini? Jika iya, teruskan membaca sampai akhir, ya. Ada lima tips untuk perlu diketahui ketika kamu masih bingung tentang kelebihanmu.

1. Lakukan refleksi terhadap diri 

5 Tips Temukan Kelebihan agar Tak Menyesal Ambil Keputusan ilustrasi merefleksi diri (pexels.com/Gustavo Fring)

Melakukan refleksi diri adalah tahap awal yang harus kamu lakukan untuk menemukan kelebihanmu. Dengan refleksi diri kamu akan mampu mengenal lebih dalam tentang siapa dirimu yang sebenarnya. Ketika kamu mengenali dirimu sendiri, maka kamu akan lebih mudah untuk bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri.

Coba kamu ingat lagi tentang pengalaman di masa lalu dan perhatikan tentang aktivitas sehari-harimu saat ini. Pasti kamu memiliki kebiasaan yang sering dilakukan. Nah, cobalah refleksikan kebiasaanmu itu dan perhatikan bagaimana respons orang lain terhadapmu. Cari tahulah tentang hal-hal apa saja yang membuat orang suka padamu, hal-hal apa saja yang membuat kamu percaya diri dan hal-hal apa saja yang membuat orang lain menegurmu atau gak disukai orang lain.

Lakukan refleksi diri setiap hari, agar kamu bisa mengetahui berbagai macam perubahan yang terjadi dalam dirimu. Sekecil apa pun itu, akan sangat bermanfaat dan membantumu dalam menemukan kelebihanmu. Perubahan baik yang besar selalu dimulai dari yang kecil-kecil dulu. Jadi, kamu jangan malas untuk merefleksikan diri, ya.

2. Milikilah banyak pengalaman 

5 Tips Temukan Kelebihan agar Tak Menyesal Ambil Keputusan ilustrasi mencoba hal baru (pexels.com/cottonbro)

Manfaatkan waktumu untuk mencari pengalaman yang banyak. Semakin banyak pengalaman yang kamu miliki, maka akan semakin cepat pula kamu menemukan kelebihan dalam diri. Kelebihan akan kamu temukan ketika kamu mau bergerak dan berusaha mendapatkannya.

Untuk mendapatkan pengalaman baru, kamu juga bisa memulainya dengan bekerja kepada orang lain. Hal ini akan membantu kamu untuk mengevaluasi kinerjamu selama ini. Orang tersebut akan memberi tahu di mana letaknya kamu bisa mengerjakan sesuatu dengan baik dan kurang baik.

Beranikan diri untuk keluar dari zona nyaman, teruslah melakukan hal-hal baru, supaya pengalamanmu akan bertambah. Semakin banyak hal kamu coba, kamu akan semakin jeli dalam menemukan apa saja yang benar-benar menjadi kelebihan dalam diri. Teruslah bergerak dan mencoba berbagai bidang, sampai kamu bisa yakin bahwa hal tersebut merupakan kelebihan diri.

Baca Juga: 5 Risiko Terlalu Memamerkan Kelebihan Diri, Mudah Dimanfaatkan!

3. Mintalah masukan dari orang lain 

5 Tips Temukan Kelebihan agar Tak Menyesal Ambil Keputusan ilustrasi orang berdiskusi (pexels.com/Thirdman)

Terkadang orang lain lebih mampu melihat kelebihan dirimu, maka cobalah bertanya dan meminta masukan tentang dirimu ke orang lain yang ada di sekitarmu. Namun, apabila masukan dari mereka agak sedikit menyakitkan, maka kamu jangan terburu-buru sakit hati, ya. Cari tahu tentang bagaimana cara mengatasi kekurangan yang ada pada diri dan meningkatkan kelebihan diri.

Rutinlah meminta masukan kepada orang lain tentang kelebihanmu, agar kamu dapat mengikuti perkembangan yang terjadi dalam diri setiap harinya. Yakinlah bahwa kelebihanmu akan terus berkembang, sedikit demi sedikit nanti lama-lama bisa menjadi bukit.

4. Percayalah bahwa kelebihan itu bukan hanya karena bakat semata 

5 Tips Temukan Kelebihan agar Tak Menyesal Ambil Keputusan ilustrasi menikmati proses belajar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyak orang yang mengira bahwa kelebihan diri itu adalah bakat dari lahir. Padahal sebenarnya kelebihan itu bisa kamu pelajari juga, lho. Bahkan saat kamu gak memiliki bakat terhadap sesuatu hal sekalipun. Asalkan mau belajar, pasti itu juga bisa menjadi sebuah kelebihan diri.

Sesungguhnya kelebihan diri itu adalah saat kamu bisa melakukan sesuatu dengan baik, menikmati setiap prosesnya dan ketika berhasil melakukannya kamu merasa puas. Kelebihan itu juga banyak jenisnya, seperti jiwa kepemimpinan, kreativitas, berpikir kritis, bisa berkolaborasi dan sebagainya. Jika kamu percaya dan memiliki keyakinan bahwa kelebihan ini bukanlah karena bakat yang dibawa sejak lahir, maka kamu akan berani untuk terus belajar serta mengembangkan hal tersebut.

5. Jangan pernah takut gagal 

5 Tips Temukan Kelebihan agar Tak Menyesal Ambil Keputusan ilustrasi orang bersemangat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika kamu sudah mau belajar dan berani memulai melakukan sesuatu, maka bersemangatlah dan kuatkan tekadmu untuk terus mencobanya. Dalam proses mencoba hal baru, pasti ada momen jatuh dan bangunnya. Saat kamu sedang jatuh dan mengalami kegagalan. Gak apa-apa, setidaknya kamu sudah berani mencoba dan berjuang.

Kelebihan diri bisa kamu miliki dengan cara terus melatihnya. Apabila kamu merasa tertarik dan senang saat melakukan sebuah proyek pekerjaan baru, maka jangan pernah takut untuk memulainya kembali. Berhasil atau gagal itu urusan nanti, yang terpenting lakukanlah saja dulu. Seseorang yang mau melakukan prosesnya dengan baik, meski sering jatuh, cobalah untuk bangkit dan berusaha lagi sampai kamu menjadi ahli dalam bidang tersebut.

Kamu bisa dengan mudah untuk menemukan kelebihan diri, sehingga ketika kamu akan mengambil keputusan-keputusan yang penting. Kamu gak akan salah dalam menentukannya. Kelebihan diri bisa kamu temukan apabila kamu mau berpikiran terbuka, mengakui jika ada kesalahan, memperbaikinya dan menghargai hal-hal yang telah kamu lakukan.

Baca Juga: Refleksikan 5 Hal Ini Sebelum Mengambil Keputusan, Gak Ada Rasa Sesal!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya