Comscore Tracker

5 Barang yang Jadi Incaran Anak Kost Tiap Belanja Bulanan

Anak kost ayo merapat!

Jakarta, IDN Times - Menjadi anak kost memang gak semudah dan sebebas seperti kedengarannya. Karena di momen ini kita benar-benar mulai belajar untuk mulai hidup mandiri dan gak bergantung dengan orangtua. Salah satu momen yang “anak kost banget” ya saat harus belanja untuk kebutuhan sehari-hari.

Buat masalah membeli kebutuhan sehari-hari ada yang melakukannya secara mingguan tetapi ada juga yang bulanan nih. Tapi, baik secara bulanan atau mingguan, pastikan kamu sudah memasukkan beberapa kebutuhan ini di daftar belanja kamu ya! Simak deh daftar yang sudah dibuat IDN Times berikut ini.

1. Toiletries biasanya jadi item yang paling cepat habis nih

5 Barang yang Jadi Incaran Anak Kost Tiap Belanja BulananShutterstock.com/Dragon Images

Kebutuhan produk-produk toiletries salah satu yang penting buat anak kost nih. Karena sudah benar-benar hidup mandiri, mereka wajib mengira-ngira kebutuhan ini biar bisa lebih hemat. 

Baiknya memang produk toiletries seperti pasta gigi, deodorant, dan sikat gigi dibeli bulanan supaya anak kost gak bolak-balik ke swalayan atau warung. Anak kost bisa kok mengatur itu semua meski tak hidup bersama orang tua lagi.

2. Bahan masak dari penyedap hingga bumbu siap saji biar masak lebih simpel

5 Barang yang Jadi Incaran Anak Kost Tiap Belanja BulananShutterstock.com/anek.soowannaphoom

Biar bisa lebih hemat, biasanya anak kos suka masak sendiri atau bareng-bareng teman sekost. Tapi kadang masakan tertentu butuh banyak jenis bumbu dan bahan yang tentunya membingungkan. 

Gak perlu pusing, anak kost biasanya mencari bahan masak dan bumbu siap saji buat menyiasatinya. Lagi mau makan apa pun jadi lebih praktis, karena bahan sudah tersedia lengkap dalam satu kemasan. Jangan lupa sambil ditemani kecap dan sambal favoritmu juga ya!

3. Minuman jus buah dan teh jadi penyelamat biar kamu gak jajan terus

5 Barang yang Jadi Incaran Anak Kost Tiap Belanja BulananShutterstock.com/Dean Brobot

Lagi lebih sering kerja atau belajar di rumah kost seperti saat ini, bukan halangan anak kost buat tetap happy. Godaan jajan atau pesan makanan buat mereka memang bisa bikin mood oke terus. Tapi tentu, kalau begitu terus-terusan bisa bikin kantong jebol lho. 

Buat menyiasatinya, anak kost bisa cari minuman jus buah atau teh seduh buat lebih berhemat. Pastikan juga ya, minuman yang dibeli mengandung manfaat yang baik untuk tubuhmu. 

4. Beauty dan personal care product, anak kost juga harus tetap bisa self-care lho!

5 Barang yang Jadi Incaran Anak Kost Tiap Belanja BulananShutterstock.com/BUNDITINAY

Anak kost bisa kok tetap merawat diri meski harus berhemat. Soalnya, beauty dan personal care product juga wajib nih masuk di list kebutuhan mereka. 

Untuk beauty product, anak kost bisa mengutamakan yang benar-benar dibutuhkan, misalnya sabun, pembersih muka, pasta gigi, sampo, hingga perawatan wajah lainnya. Buat millennials, perawatan wajah dengan menggunakan beauty product yang tepat juga merupakan self-reward untuk memberikan apresiasi diri. 

Makin bikin happy kalau beauty product yang dibutuhkan dapat dengan mudah didapatkan, seperti produk-produk kecantikan dari Unilever seperti Citra, POND’S, Dove ataupun Vaseline. Hayo, siapa di antara kamu yang menggunakan produk-produk ini?

5. Mau lebih hemat? Yuk, beli produk cuci baju

5 Barang yang Jadi Incaran Anak Kost Tiap Belanja BulananShutterstock.com/Dragon Images

Penghematan buat anak kost juga bisa dimulai dengan mencuci baju sendiri ataupun mengurangi jasa laundry. Memang kadang waktu dan kesibukan tidak dapat terbendung dan membuat cucian terbengkalai. Tapi kamu bisa kok menyiasati itu dengan mengalokasikan waktu khusus untuk mencuci. 

Nah, itu tadi barang-barang bulanan wajib buat si anak kost. Intinya dengan barang-barang tadi, anak kost bisa hemat dengan beli produk di warung sekitar kosan kamu loh. Karena di masa pandemik yang berkepanjangan ini kalau kamu beli produk-produk warung sekitar kamu, selain bisa memenuhi kebutuhan kamu, kamu juga jadi bisa bantu sesama juga.

Seperti halnya Unilever Indonesia tahun lalu mereka juga meluncurkan kampanye #UnileveruntukIndonesia yang mendorong kebangkitan 147.000 UMKM, khususnya para pedagang warung, agar dapat tetap sehat selamat dan tetap berjualan di tengah pandemi COVID-19.

Yuk jadi konsumen bijak dengan selalu pilih produk yang punya dampak positif buat masyarakat dan lingkungan sekitarmu! (CSC)

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya