Comscore Tracker

Wajib Tahu! Hindari 5 Hal Ini Saat Berbicara dengan Orang Baru

Agar orang lain nyaman saat berbicara dengan kamu

Saat di lingkungan baru, seringkali kita akan bertemu dengan orang-orang baru dan terkadang saat berada di tempat baru kita harus berbicara dengan orang-orang baru agar dapat cepat beradaptasi dengan lingkungan baru.

Nah, perlu diingat kalau ada beberapa hal yang perlu kamu hindari saat berbicara dengan orang baru. Misalnya saja kamu harus menghindari pertanyaan yang bersifat personal. Bukan tidak mungkin jika kamu terus melakukan hal ini, lawan bicara kamu akan risih dan enggan berbicara lagi dengan kamu.

Selain itu, masih banyak lagi hal yang harus kamu hindari saat berbicara dengan orang baru. Untuk itu, yuk kita simak pembahasannya!

1. Bertanya tetang hal yang bersifat personal

Wajib Tahu! Hindari 5 Hal Ini Saat Berbicara dengan Orang Baruwww.pexels.com/fauxels

Menanyakan hal yang bersifat personal lebih baik dihindari saat berbicara dengan orang lain, terutama saat kamu berbicara dengan orang baru. Menanyakan hal yang bersifat personal seperti status, keadaan rumah tangga atau penghasilan akan membuat orang lain tidak nyaman berbicara dengan kamu.

Jika terus kamu lakukan, bukan tidak mungkin lawan bicara kamu malah enggan untuk berbicara dengan kamu. Dengan menghindari hal ini, lawan bicara kamu akan nyaman untuk berbicara dengan kamu.

2. Menyela pembicaraan

Wajib Tahu! Hindari 5 Hal Ini Saat Berbicara dengan Orang Barupexels.com/Christina Morillo

Perlu diingat kalau berkomunikasi merupakan dua orang yang saling berbicara. Menyela pembicaraan akan membuat percakapan menjadi tidak menyenangkan bagi lawan bicara kamu.

Berikan waktu bagi lawan bicara kamu untuk berbicara dan tanggapi apa yang dikatakannya, dengan begitu lawan bicara kamu akan merasa nyaman saat berbicara dengan kamu.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Lawan Bicara Tertarik denganmu Saat Berdiskusi

3. Membicarakan hal yang bersifat negatif

Wajib Tahu! Hindari 5 Hal Ini Saat Berbicara dengan Orang Barupexels.com/Tirachard Kumtanom

Pastikan kamu tidak membahas topik yang bersifat negatif misalnya seperti membicarakan keburukan orang lain. Usahakan kamu memilih topik yang bersifat positif seperti membicarakan tentang hobi atau tempat-tempat yang cocok untuk hangout.

Dengan begitu, lawan bicara kamu akan nyaman dan tidak risih saat berbicara dengan kamu.

4. Tidak mendengarkan saat berbicara

Wajib Tahu! Hindari 5 Hal Ini Saat Berbicara dengan Orang Barupexels.com/Fauxels

Saat lawan bicara kamu sedang berbicara, dengarkan apa yang dikatakan dan tanggapi pembicaraannya. Jika kamu tidak mendengarkan saat lawan bicaramu berbicara, bukan tidak mungkin kalau pembicaraan akan menjadi tidak nyambung.

5. Melakukan aktivitas lain saat sedang berbicara

Wajib Tahu! Hindari 5 Hal Ini Saat Berbicara dengan Orang Barupexels.com/Buro Millennial

Hal sederhana ini seringkali dilakukan saat berbicara dengan orang lain. Pastikan kamu tetap fokus saat berbicara, hindari untuk berbicara sambil melakukan aktivitas lain seperti bermain gadget. Hal ini lebih baik dihindari karena kamu akan menjadi tidak fokus saat berbicara.

Dengarkan dan tanggapi pembicaraannya sambil menatap matanya agar lawan bicara kamu tahu kalau kamu sedang fokus berbicara dengannya. Jangan lupa untuk tersenyum saat berbicara dengannya agar lawan bicara kamu merasa nyaman berbicara dengan kamu.

Itulah 5 hal yang harus kamu hindari saat berbicara dengan orang baru, semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Tips Sederhana Membuat Orang Baru Nyaman Saat Bersamamu

F R Photo Community Writer F R

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You