Comscore Tracker

Mulai Belajar Menulis? Free Writing Solusi yang Cocok Buat Kamu

Free writing bukan hanya menulis biasa

Apakah sampeyan memiliki kesulitan menulis? Apakah sampeyan memilih topik atau ide untuk mengembangkan, tapi sekarang sampeyan menemukan diri sampeyan terjebak? Cobalah Free Writing! Latihan ini digunakan oleh penulis untuk mengumpulkan pikiran dan ide-ide mereka sebelum mereka mulai dokumen, dengan hasil yang tak berujung, non-diselingi, dan bebas-mengalir ayat yang akan sangat membantu dalam proses penulisan awal.

Free Writing adalah teknik menulis di mana seseorang menulis terus menerus untuk jangka waktu tanpa memperhatikan ejaan, tata bahasa, atau topik. Dorothea Brande adalah pendukung awal menulis bebas. Dalam bukunya Menjadi Penulis (1934), dia menyarankan pembaca untuk duduk dan menulis selama 30 menit setiap pagi, secepat mereka bisa. Penulis menulis tanpa memperhatikan ejaan, tata bahasa, dll, dan tidak membuat koreksi. Jika penulis mencapai titik di mana mereka tidak bisa memikirkan apa pun untuk menulis, mereka menulis bahwa mereka tidak bisa memikirkan apa pun, sampai mereka menemukan baris lain pemikiran. Penulis bebas piatu off topic, membiarkan pikiran memimpin di mana mereka dapat. Menulis bebas sering dilakukan setiap hari sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari penulis. Juga, siswa di banyak kursus menulis ditugaskan untuk melakukan latihan menulis sehari-hari seperti.

Berikut adalah aturan penting untuk Free Writing :

  • Beri diri kamu batas waktu. Menulis untuk satu atau sepuluh atau dua puluh menit, dan kemudian berhenti.
  • Jauhkan tanganmu bergerak sampai waktunya habis. Jangan berhenti sejenak untuk menatap ke ruang angkasa atau membaca apa yang telah ditulis. Menulis dengan cepat tapi tidak terburu-buru.
  • Tidak memperhatikan tata bahasa, ejaan, tanda baca, kerapian, atau gaya. Tidak ada orang lain perlu membaca apa yang kamu memproduksi di sini. Kebenaran dan kualitas dari apa yang kamu tulis tidak penting; tindakan menulis tidak.
  • Jika jamu mendapatkan off topic atau kehabisan ide, terus menulis pula. Jika perlu, menulis omong kosong atau apa pun yang datang ke kepala kamu, atau hanya menuliskan: apa saja untuk menjaga tangan bergerak.
  • Jika kamu merasa bosan atau tidak nyaman saat kamu sedang menulis, tanyakan pada diri sendiri apa yang mengganggumu dan menulis tentang itu.
  • Ketika waktunya habis, melihat lebih apa yang telah ditulis, dan menandai ayat-ayat yang mengandung ide atau frase yang mungkin layak menjaga atau mengelaborasi pada di sesi bebas menulis berikutnya.

Saya akan memberi Tutorial tentang cara memulai Free Writing. Simak dengan baik broo..

  1. Mengatur timer atau menggunakan jam di layar komputermu. Beri diri sampeyan 5 sampai 10 menit untuk menulis terus menerus. Hal ini agar sampeyan pergi dan menulis dengan cepat.
  2. Pilih topik untuk menulis bebas kamu. Fokuslah pada satu topik terlebih dahulu karena pikiran sampeyan akan lebih fokus.
  3. Mulai timer. Dengan ada patokan timer maka kita akan lebih terpacu dalam menulis. Jadi terbiasalah dalam menulis dengan timer.
  4. Tuliskan apa pun yang datang ke pikiran. Setiap ada ide yang lewat dalam pikiran kita, baiknya langsung ditulis tanpa perlu dipikir pikir lagi. Sebab itu merupakan ide yang benar benar murni secara langsung dari pikirian kira.
  5. Terus menulis sampai waktu yang ditentukan telah habis. Jangan sampai berhenti menulis apabila waktu belom habis.
  6. Mulailah draft kasar. Waktunya berlatih dan mencoba FreeWriting.

CATATAN yg perlu diperhatikan dalam menulis FreeWriting :

  • Jangan memperhatikan tata bahasa atau kesalahan ketik.
  • Jika ada kalimat yang tidak lengkap atau kata-kata salah eja, jangan khawatir. Teruslah fokus menulis secara terus menerus.
  • Jika sampeyan mengalami jalan buntu atau pikiran kosong, terus menulis kata yang sama atau frase berulang-ulang sampai sesuatu yang lain muncul dalam pikiran sampeyan .
  • Ketika waktunya telah habis, biarkan dan jangan dikoreksi. tulisan tersebut dapat dijadikan sebagai tolak ukur di kemudian hari agar dapat lebih baik lagi dalam belajar menulis FreeWriting.

Cobalah untuk menulis apa pun sesuatu! ~SETIAP HARI~

Jadi kesimpulannya yaitu jika bener-bener hobi menulis namun hanya asal-asalan, tidak perlu khawatir. Dengan belajar menggunakan FreeWriting akan dapat membantu mengembangkan potensi untuk lebih kreatif dalam dunia menulis. Jangan takut untuk mencoba hal yang baru. Apalagi jangan pernah takut untuk mengungkapkan isi pikiran ke dalam bentuk tulisan. Karena kita telah berlatih menulis mulai dari kecil, jadi sudah waktunya kita mengembangkan pikiran kita untuk diubah menjadi tulisan tuilsan yang kreatif, bermakna, bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

GOOD LUCK

Fahrizal Akbari Photo Writer Fahrizal Akbari

Tidak ada rintangan yang tidak dapat diatasi. ~I CAN~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya