Comscore Tracker

5 Jenis Sansevieria 'Lidah Mertua' yang Bisa Mempermanis Sudut Rumah

Nomor lima sudah punya belum?

Kamu barangkali pernah mendengar tanaman Snake Plant. Meski namanya terkesan seram, namun ia punya warna memikat dengan kombinasi hijau dan garis kuning. Di Indonesia, Snake Plant dikenal sebagai Lidah Mertua dan populer di mata kolektor tanaman. 

Memiliki fungsi sebagai penyaring udara, Lidah Mertua terdiri dari varietas yang beragam lho! Berikut jenis-jenis Lidah Mertua yang bisa jadi pilihan untuk menghias sudut rumahmu. 

1. Sansevieria 'Black Gold'

5 Jenis Sansevieria 'Lidah Mertua' yang Bisa Mempermanis Sudut Rumahhammerandvine.com

Black Gold adalah jenis Lidah Mertua yang paling banyak ditemui. Varietas jenis ini memiliki daun hijau dengan bentuk menyerupai pisau. Memiliki toleransi yang tinggi pada tempat dengan sedikit air, Black Gold tumbuh subur dengan cahaya tidak langsung. 

Selain dijadikan tanaman hias, Sansevieria jenis ini mampu menyerap debu dan kotoran dalam ruangan lho! Sayangnya, tanaman ini berbahaya untuk hewan peliharaan atau anak-anak karena mengandung racun. 

2. Sansevieria 'Futura Robusta'

5 Jenis Sansevieria 'Lidah Mertua' yang Bisa Mempermanis Sudut Rumahloweysgreenhouse.com

Tipe Lidah Mertua ini berwarna hijau muda dengan kombinasi warna abu-abu pada daun. Coraknya yang tampak dengan pola garis, menjadi ciri khas tersendiri bagi Sansevieria Futura Robusta. 

Tanaman ini mampu tumbuh hingga 60 cm. Ukurannya yang mini, membuat Futura Robusta cocok ditempatkan dalam ruangan dengan karakteristik rumah mungil. 

3. Sansevieria 'Golden Hahnii'

5 Jenis Sansevieria 'Lidah Mertua' yang Bisa Mempermanis Sudut Rumahcollagewithnature.com

Lidah Mertua Golden Hahnii memiliki daun berwarna kuning emas cerah dengan kombinasi hijau sebagai pusat. Sansevieria jenis ini juga kerap disebut sarang burung dengan daun yang membentuk melingkar horizontal. 

Golden Hahnii dapat tumbuh hingga 30 cm. Secara umum, ia tahan dengan kondisi sedikit air. Namun, jangan lupa untuk menyiram ketika daunnya terlihat mengering. 

Baca Juga: Daun Kecil hingga Lebar, 6 Jenis Monstera Ini Cocok Dekorasi Ruangan

4. Sansevieria 'Laurentii'

5 Jenis Sansevieria 'Lidah Mertua' yang Bisa Mempermanis Sudut Rumahcrocus.co.uk

Salah satu varian Lidah Mertua yang cukup tinggi adalah jenis Sansevieria Trifasciata Laurentii. Jenis ini terlihat elegan dengan warna daun kuning kombinasi hijau. Dengan tambahan warna abu-abu, membuat pola garisnya tampak sempurna. 

Laurentii mampu tumbuh hingga 2-4 kaki atau sekitar 60-120 cm. Sama seperti Lidah Mertua lain, Laurentii membutuhkan sedikit air dan cocok untuk dataran iklim tropis. Dengan kecantikannya, Laurentii kerap ditempatkan di sudut rumah sebagai penghias.

5. Sansevieria 'Cylindrica'

5 Jenis Sansevieria 'Lidah Mertua' yang Bisa Mempermanis Sudut Rumahmpowerfulplants.com

Hadir dengan warna daun hijau kombinasi abu, Cylindrica merupakan jenis Sansevieria yang bisa tumbuh hingga 2 m dengan tebal 2,5 cm. Cylindrica yang juga disebut sebagai African Spear ini memiliki nama latin Dracaena angolensis

Salah satu alasan yang membuat Cylindrica memikat adalah daunnya yang tumbuh natural sesuai dengan arah angin. Lidah Mertua jenis ini cocok ditempatkan sebagai tanaman indoor maupuan outdoor. 

Itu tadi adalah beberapa jenis Lidah Mertua yang bisa jadi pilihan untuk menghias hunianmu. Gimana? Sudah siap-siap pergi ke toko tanaman atau membuka e-commerce untuk membelinya?

Baca Juga: Jadi Primadona, 5 Rekomendasi Calathea dengan Motif Daun yang Eksotis

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya